Ammi Visnaga: Manfaat – Efek Samping dan Tips Penggunaan

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Sekilas Tentang Ammi Visnaga

Ammi visnaga merupakan tumbuhan berbunga yang masuk ke dalam sebuah kelompok famili Apiaceae dam masuk dalam genus Ammi. Tumbuhan tersebut terkadang dianggap dengan tumbuhan gulma.

Tumbuhan tersebut pada bagian bunganya sering dijadikan sebagai hiasan bunga pengantin karena sangat indah, menarik dan unik. Tumbuhan ammi visnaga lebih dikenal dengan banyak nama yang umum seperti tusuk gigi, bisnaga, khella.

Ammi visnaga tumbuhan yang berasal dari Eropa, Asia, dan Afrika Utara, akan tetapi dapat ditemukan di seluruh dunia. Ammi visnaga ternyata kerabat dekatnya dengan ammi majus, akan tetapi tentu mempunyai perbedaan dari kedua jenis tersebut [1,2].

Karakteristik Tentang Ammi Visnaga

Ammi visnaga mempunyai karakteristik yang membedakannya dari Ammi majus dimana kedua jenis tersebut sudah banyak dikenal di dunia barat. Karakteristik tersebut yang menjadikan perbedaan yaitu ada pada bagian bunganya.

Ammi Visnaga

Perbungaannya merupakan umbel majemuk yang hampir sama atau mirip dengan spesies Apiaceae yang lainnya. Warna dari bunganya yaitu putih tulang pada bagian mahkota tentunya.

Tinggi dari tumbuhan tersebut sekitar 80 cm dan tidak memiliki batang akan tetapi mempunya tangkai bunga yang panjang. Daunnya berukuran kurang lebih 20 cm dan berbentuk lonjong hingga segitiga tetapi apabila dibelah akan menjadi banyak segmen kecil berbentuk linier hingga tombak [1,2].

Perbedaan Dari Ammi Visnaga dan Ammi Majus

Perbedaan dari dua jenis tersebut yaitu ammi majus dan ammi visnaga terletak pada bunganya. Du ajenis tersebut mempunyai warna bunga yang sama yaitu putih, akan tetapi bentuknya berbeda.

Bunga dari ammi visnaga bentuknya lebih majemuk dan bergerombol serta saling erat, sedangkan untuk ammi majus bentuk bunga tidak terlalu majemuk dan tumbuh secara satu persatu serta letaknya sedikit agak berdekatan akan tetapi sedikit juga berjarak.

Kandungan Gizi Pada Ammi Visnaga

Berikut ini kandungan gizi yang terdapat pada ammi visnaga:

NamaJumlahUnit
Thymol6.0%
Linalool12.1%
Isobutyl14.0%
Asam Dimetilbutanoic30.1%
Croweacin12.2%
Myrcene0.1%
Thujene1.5%
Asam Bornyl7.3%
Citronellyl0.3%

Menurut data pada tabel kandungan gizi diatas menunjukkan bahwa ammi visnaga memiliki kandungan gizi linalool yang cukup tinggi. Linalool diketahui dapat berguna sebagai obat anti septip dan juga anti inflamasi pada luka.

Kandungan Senyawa Pada Ammi Visnaga

Ammi visnaga sebagai obat herbal yang cukup populer di dunia barat tentunya hal itu dikarenakan tumbuhan tersebut mempunyai beberapa kandungan senyawa. Kandungan senyawa tersebut diantaranya seperti xanthotoxin, methoxsalen dan beberapa yang lainnya.

Beberapa senyawa tersebut masing-masing mempunyai peranan yang penting bagi kesehatan tubuh. Salah satunya contohnya seperti senyawa methoxsalen yang mempunyai peranan sebagai sumber utama untuk menyembuhkan penyakit seperti vitiligo [2,3,4].

Kandungan yang beragam pada tumbuhan tersebut dapat meringankan berbagai penyakit yang menyerang imunitas pada tubuh

Manfaat Kesehatan Pada Ammi Visnaga

Manfaat yang diberikan oleh obat herbal dari tumbuhan ammi visnaga tentunya pasti ada dikarenakan terdapat kandungan senyawa yang berbagai macam. Sehingga bisa diketahui manfaat kesehatan pada ammi visnaga tersebut.

Berikut beberapa manfaat kesehatan dari tumbuhan ammi visnaga tersebut :

  • Mengobati Psorias

Penyakit psorias tentu mungkin pernah dialami oleh beberapa orang yang biasanya terjadi pada tubuh. Penyakit tersebut biasanya hampir sama dengan gatal-gatal, kulit terasa kering dan mempunyai rasa sakit seperti nyeri.

Kandungan seperti vitamin D pada tumbuhan ammi visnaga tersebut dapat meringankan penyakit psorias tersebut. Tumbuhan tersebut mempunyai vitamin D yang mencukupi, sehingga bisa lebih meringankan gejala seperti gatal-gatal, kulit kering dan rasa sakit [4,6].

  • Mengobati Peradangan

Salah satu manfaat dari ammi visnaga tersebut yaitu digunakan sebagai obat herbal anti inflamasi yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan terdapat senyawa seperti alkaloid, fosfor dan asam cimicifugic yang mana ketiga senyawa ini memiliki peranan yang berbeda-beda dalam mencegah dan mengatasi peradangan pada tubuh.

Senyawa seperti fosfor tersebut salah satu yang sangat berperan dalam meringankan terjadinya peradangan karena dapat merelaksasikan otot-otot dan juga saraf yang mengalami peradangan sehingga lebih cepat untuk sembuh [5,4].

Sifat anti inflamasi pada tumbuhan tersebut dapat menyembuhkan sakit peradangan yang terjadi pada tubuh

Kandungan yang lainnya yaitu serat etrdapat juga di dalam tumbuhan tersebut karena juga mempunyai peran yang sangat penting. Senyawa seperti serat ternyata merupakan senyawa yang dapat melancarkan buang air besar sekaligus menyembuhkan sembelit pada seseorang.

Kandungan serat tersebut dapat larut dalam tubuh dan bisa membuat hasil feses yang ingin dikeluarkan menjadi lebih lunak. Selain itu, serat juga dapat berguna dalam memberikan makanan bagi bakteri baik di dalam organ pencernaan [2,3,4].

Sembelit pada organ pencernaan dapat diobati dengan meminum obat herbal dari tumbuhan ammi visnaga tersebut 

Adanya penumpukkan dari udara-udara luar yang dihirup secara berlebihan. Hal ini akan menyebabkan sakit pada paru-paru yang dinamakan dengan asma.

Vitamin D yang terdapat di dalam tumbuhan ammi visnaga tersebut yang baik untuk mengurangi resiko terjadinya asma. Vitamin D tersebut dapat meringankan lebih terjadinya asma tersebut apabila dikonsumsi dengan baik dan tepat [1,4,6].

Vitamin D yang ada di dalam tumbuhan tersebut dapat meringankan sakit asma pada seseorang
  • Pemulihan Vitiligo

Penyakit vitiligo merupaka sakit yang ada di kulit dan biasanya menyebabkan terbentuknya bercak-bercak putih pada kulit yang dapat terjadi pada segala usia, tapi umumnya sebelum pengidap berusia 20 tahun. Penyakit vitiligo tersebut terbagi ke dalam dua kategori, yaitu vitiligo menyeluruh yang menyerang kedua sisi tubuh dan vitiligo yang hanya terjadi pada bagian-bagian tertentu atau salah satu sisi tubuh saja.

Ammi visnaga selain itu juga dapat mengatasi sakit tersebut karena mengandung nutrisi seperti pada ammi majus tersebut. Beberapa kandungan senyawa tersebut mempunyai peran sebagai meningkatkan regenerasi terhadap kulit dan memperbaiki kerusakan pembuluh darah dalam tubuh dan mengandung berbagai nutrisi serta zat-zat yang membantu tubuh untuk melawan zat-zat berbahaya [2,8].

Vitiligo merupakan sakit kulit yang dapat diatasi dengan mengkonsumsi tumbuhan ammi visnaga secara tepat dam teratur 

Efek Samping Pada Ammi Visnaga

Selain itu ammi visnaga ternyata mempunyai efek samping yang cukup membahayakan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebih. Maka dari itu perlu berhati-hati dan memperhatikan dosis yang dibutuhkan.

Berikut efek samping dari tumbuhan ammi visnaga tersebut untuk kesehatan tubuh :

  • Tidak Disarankan Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil dan menyusui biasanya lbih tidak disarankan untuk lebih mmengkonsumsi obat herbal yang belum disarankan oleh dokter. Hal tersebut agar menghindari obat herbal tersebut dikarenakan belum diketahui secara pasti seluruh senyawa yang ada di dalamnya yang kemungkinan dapat membahayakan bagi janin.

Sehingga kandungan dari ammi visnaga sendiri tidak dapat dicerna dan dapat menimbulkan luka pada bagian organ pencernaan pada tubuh. Selain itu ammi visnaga apabila tidak digunakan dengan proses yang baik maka akan membuat tenggorokan tersedak [3,7].

  • Mual

Dikonsumsi secara berlebihan ammi visnaga atau tidak sesuai dengan dosisnya akan menyebabkan hal seperti mual-mual. Hal tersebut karena ammi visnaga mengandung senyawa seperti alkaloid.

Obat herbal biasanya baik untuk kesehatan apabila dikonsumsi secara tepat dan tidak juga berlebihan. Kandungan senyawa yang ada di dalamnya apabila dikonsumsi dengan tepat, maka akan berinteraksi dengan baik oleh tubuh akan tetapi jika berlebihan dan tidak teratur maka tubuh akan menolaknya dan bisa mengakibatkan rasa sakit pada kepala ataupun mual [3,7].

Ammi visnaga dapat menimbulkan efek samping yang dapat membahyakan tubuh apabila dikonsumsi terlalu banyak.

Tips Penggunaan Dari Ammi Visnaga

Penggunaan dari ammi visnaga untuk obat herbal tentunya harus dilakukan untuk menghindari penggunaan yang tidak benar. Maka dari itu perlu diketahui beberapa tips penggunaan yang tepat untuk ammi visnaga tersebut.

Berikut tips penggunaan untuk ammi visnaga :

  • Teh Biji Ammi Visnaga

Cara membuat teh dari tumbuhan tersebut sangat muda sekali dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Cara yang dilakukan siapkan beberapa biji ammi visnaga sebanyak 10-15 gram saja yanh sudah dikeringkan terlebih dahulu agar lebih menyerap dan masukkan ke dalam gelas.

Siapkan air panas yang sudah mendidih dan tuangkan ke dalam gelas tersebut secukupnya saja. Lalu tunggu hingga semuanya tercampur dengan merata. Tiriskan dan saringlah air teh tersebut agar terpisahkan dengan ampas bijinya.

Selanjutnya boleh ditambahkan dengan air panas lagi atau tidak sesuai dengan selera. Lalu boleh juga ditambahkan rasa pemanis agar lebih enak atau juga tidak. Teh biji ammis visnaga sudah siap untuk diminum dan lebih baik dalam keadaan hangat [7].

  • Menumbuk Daun Ammi Visnaga

Menumbuk daun dari tumbuhan tersebut dapat memberikan efek yang baik dan menghilangkan bakteri. Cara yang dilakukan cukup mudah sekali, siapkan beberapa helai daun ammi visnaga tersebut secukupnya. Cuci bersih menggunakan air yang mengalir.

Siapkan alat penumbuk yang juga sudah dibersihkan. Lalu masukkan daun tersebut ke dalam penumbuk terus tumbuk hingga sampai daun berubah. Ambillah hasil tumbukkan tersebut dan bisa oleskan langsung ke bagian kulit yang mengalami sakit [7].

Cara mengkonsumsi yang tepat dan benar untuk ammi visnaga tentu dapat diakukan supaya kandungan yang ada dapat berefek baik untuk tubuh

Tips Penyimpanan Dari Ammi Visnaga

Obat herbal yang alami terutama dari tumbuhan ammi visnaga tentunya bisa dilakukan dengan baik dan benar. Sehingga perlu diketahui beberapa tips penyimpanan yang baik dan tepat.

  • Simpan Dalam Kondisi Segar

Penyimapana dengan kondisi segar sangat diperlukan sekali karena dapat menjaga kondisi dari tumbuhan tersebut. Cara yang dilakukan cukup mudah sekali, siapkan seperti bagian daunnya atau bisa bagian bijinya.

Apabila dalam kondisi segar, cara yang dilakukan cukup siapkan wadah penyimapanannya seperti plastik ziplock atau toples juga boleh. Selanjutnya masukkan bagian tumbuhan tersebut dan tutup dengan rapat.

Lalu letakkan di dalam lemari es agar suhu yang sedikit lembab dapat mempertahankan kondisi tumbuhan ammi visnaga tersebut. Masukkan ke dalam rak bagian sayuran agar tidak tercampur bahan yang lainnya [7].

  • Simpan Dalam Kondisi Bubuk

Kondisi bubuk sangat baik untuk dilakukan pada bagian tumbuhan seperti biji ammi visnaga tersebut. Siapkan biji-biji tersebu secukupnya saja, lalu cuci bersih menggunakan air yang mengalir.

Tiriskan sejenak dan taruh di wadah yang lebar seperti tempeh. Letakkan secara menyeluruh dan merata pada tempat tersebut dan supaya biji itu bisa lebih menyeluruh terkena sinar matahari.

Keringkan sekitar 2-3 hari saja, lalu giling hasil keringan tersebut sampai dengan halus. Masukkan ke dalam toples yang sudah dibersihkan, lalu tutup dengan rapat dan simpan dalam suhu ruangan [7].

Kondisi penyimpanan secara  bubuk dan segar untuk ammi visnaga bisa dilakukan apabila dalam jangak waktu lama 
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment