Cascara Sagrada: Manfaat – Efek Samping dan Tips Penggunaan

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Sekilas Tentang Cascara Sagrada

Cascara sagrada merupakan tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Rhamnus purshiana. Tumbuhan ini juga dikenal dengan beberapa sebutan, seperti bearberry, Frangula purshiana, dan tongkat chitticum.

Tumbuhan cascara sagrada termasuk ke famili Rhamnaceae yang di dalamnya terdapat sekitar 55 genera dan 950 spesies. Tumbuhan yang berasal dari Amerika Utara ini umumnya tumbuh di bawah hutan maple.

Namun, tumbuhan ini juga sering dijumpai di sepanjang tepi sungai di hutan lembah dan di hutan pegunungan yang lembab. [3]

Karakteristik Pada Cascara Sagrada

Cascara sagrada

Tumbuhan cascara sagrada tentunya memiliki karakteristik yang membedakannya dengan jenis tumbuhan lainnya. Tumbuhan asli Amerika ini merupakan pohon kecil atau semak berdaun lebar yang dengan tinggi mencapai 4,5–10 meter.

Batang pada cascara sagrada memiliki diameter 20–50 cm dengan kulit kayunya berwarna kecoklatan hingga abu-abu keperakan dengan bercak terang. Sedangkan pada bagian dalam kulit kayunya bertekstur halus dan berwarna kekuningan yang akan berubah menjadi coklat tua seiring bertambahnya usia pada tumbuhan tersebut.

Daunnya berbentuk sederhana, lonjong, dan tersusun secara bergantian. Sedangkan bunga pada cascara sagrada berwarna kuning kehijauan dan membentuk cangkir. 

Bunganya mekar dari awal hingga pertengahan musim semi dan menghilang pada awal musim panas. Buah pada cascara sagrada berwarna merah cerah pada awalnya dan berwarna ungu tua atau hitam ketika matang. [2,3]

Kandungan Gizi Pada Cascara Sagrada

Berikut ini kandungan gizi yang terdapat pada cascara sagrada:

NamaJumlahUnit
Asam Caffeic0.002mg
Fenolik1133mg
Flavonoid9.56mg
Asam Chlorogenic15.7mg
Kuesertin4.5mg
Asam Gailic1.0mg

Menurut data pada tabel kandungan gizi diatas menunjukkan bahwa cascara sagrada memiliki kandungan senyawa fenolik yang cukup besar di dalamnya. Fenolik merupakan salah satu kandungan senyawa yang banyak terdapat di berbagai tumbuhan yang mana memiliki kegunaan sebagai antioksidan pada tubuh [1].

Kandungan Senyawa Pada Cascara Sagrada

Semua obat herbal pasti memiliki kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya. Sama halnya dengan tumbuhan cascara sagrada ini juga mengandung senyawa-senyawa penting, meliputi flavonoid, fenolik, aflatoxins, glycosides, dan lain sebagainya.

Senyawa-senyawa inilah yang membuat tumbuhan cascara sagrada memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, senyawa fenoliknya yang tinggi mengakibatkan tumbuhan ini menjadi sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. [1,2]

Tumbuhan cascara sagrada mengandung senyawa-senyawa penting yang dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. 

Manfaat Kesehatan Pada Cascara Sagrada

Terlepas dari kandungan senyawanya yang beragam, tumbuhan cascara sagrada tentunya memiliki manfaat yang beragam pula. Hal ini terbukti dengan perannya untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit dalam pengobatan tradisional.

Berikut di bawah ini beberapa manfaat bagi kesehatan pada tumbuhan cascara sagrada:

Dalam penggunaannya, tumbuhan cascara sagrada telah banyak digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional. Salah satu penggunaannya yang terkenal ialah sebagai obat pencahar.

Hal tersebut dikarenakan di dalamnya terkandung senyawa berupa antrakuinon. Dimana senyawa itulah yang menyebabkan cascara sagrada memiliki efek pencahar.

Dalam dunia medis, obat ini digunakan untuk membersihkan usus besar sebelum pemeriksaan rontgen, rektoskopi, maupun membersihkan enema. [5,6]

Pada tumbuhan cascara sagrada mengandung senyawa antrakuinon yang membuat tumbuhan ini memiliki efek sebagai obat pencahar. 
  • Mengatasi Sembelit

Masih erat kaitannya dengan manfaat sebelumnya, cascara sagrada dapat digunakan untuk mengatasi sembelit atau yang juga dikenal dengan sebutan konstipasi. Hampir semua orang pernah mengalami kondisi yang satu ini.

Namun, mayoritas orang lebih memilih mengatasinya dengan obat pencahar alami. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cascara sagrada memiliki efek sebagai pencahar.

Oleh karena itu, tumbuhan ini dapat dijadikan salah satu alternatif untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Obat tersebut juga dinilai mampu merangsang gerak peristaltik atau otot pergerakan pada usus.

Senyawa aktif di dalam cascara sagrada dapat menghasilkan bahan lunak atau membentuk tinja dalam waktu sekitar enam sampai delapan jam. Tak hanya itu, obat pencahar alami tersebut memiliki toksisitas yang rendah dan tidak memepengaruhi usus kecil, tetapi menghasilkan gerak peristaltik yang kuat di usus besar.

Alhasil, obat ini mampu memberikan efektivitas yang tinggi dengans sedikit toksisitas. [5,6]

cascara sagrada dapat dimanfaatkan untuk mengatasi sembelit karena efeknya sebagai obat pencahar. 
  • Sebagai Suplemen Diet

Manfaat lainnya dari tumbuhan cascara sagrada yaitu dapat dijadikan sebagai suplemen diet. Karena belum ada penelitian lebih lanjut dan keamanan dari obat ini belum terjamin, tumbuhan ini lebih banyak dicari untuk digunakan sebagai suplemen diet.

Hal tersebut dikarenakan kandungan di dalamnya yang mampu menurunkan berat badan dan memperlancar buang air besar. Namun, penggunaan obat ini juga harus disertai dengan resep dokter.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan dosis yang akurat. Dosis pada penggunaan cascara sagrada tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain.

Selain itu, hal tersebut juga dilakukan untuk mencegah terjadinya efek samping yang parah. [3,4]

  • Meningkatkan Kesehatan Hati

Selain memiliki beberapa manfaat yang telah dijelaskan sebelumnya, manfaat selanjutnya dari tumbuhan cascara sagrada ialah untuk meningkatkan kesehatan pada hati. Organ ini merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam tubuh.

Fungsi dari hati tersebut yaitu berfungsi untuk menghancurkan racun di dalam darah hingga membantu proses pencernaan. Pada tumbuhan cascara sagrada, ditemukan adanya senyawa penting berupa emodin.

Dimana senyawa tersebut dipercaya mampu memberikan perlindungan pada hati. Meskipun belum ada penelitian lebih lanjut untuk memperkuat manfaat yang satu ini, namun tumbuhan cascara sagrada dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan hati dalam jangka waktu yang pendek sesuai dengan dosis yang dianjurkan.[3]

  • Menyehatkan Rambut

Manfaat yang terakhir dari tumbuhan cascara sagrada yaitu dapat menyehatkan rambut. Tentunya, kebanyakan orang menginginkan rambutnya sehat dan terlihat bagus.

Bahkan, tak jarang sebagian orang mengalami beberapa masalah rambut, seperti rambut rontok dan berketombe. Untuk itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kesehatan rambut dengan memilih produk sampo, kondisioner, dan minyak rambut yang tepat.

Cascara sagrada merupakan salah satu tumbuhan yang dapat dijadikan alternatif untuk menjaga kesehatan pada rambut. Hal ini dikarenakan tumbuhan tersebut mampu mengatasi kerontokan rambut dan dapat membuat rambut berkilau. [3]

Efek Samping Pada Cascara Sagrada

Selain memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh, bukan berarti tumbuhan cascara sagrada tidak memiliki efek samping dari penggunaannya. Efek samping tersebut dari timbul dari beberapa faktor, misalnya kondisi tubuh hingga tingkat keparahan penderita.

Untuk itu, simaklah beberapa efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan cascara sagrada:

  • Coli Melanosis

Tumbuhan cascara sagrada terjamin keamanannya ketika dikonsumsi dalam jangka waktu yang pendek. Untuk penggunaan jangka waktu panjang, dikhawatirkan ramuan dari cascara sagrada menimbulkan masalah lainnya.

Hal ini dikarenakan adanya senyawa berupa antrakuinon di dalamnya yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Hal tersebut dikhawatirkan akan menimbulkan coli melanosis atau perubahan warna pada lapisan usus besar.

Oleh karena itu, penggunaan obat ini hanya dianjurkan dalam jangka waktu pendek agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. [2,4]

Selain dapat menimbulkan coli melanosis, tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Rhamnus purshiana ini memiliki efek samping lain, yaitu dehidrasi yang parah. Efek samping ini dapat terlihat setelah mengonsumsi obat cascara sagrada dalam jangka waktu yang lama, yaitu sekitar 2 minggu.

Selain itu, penggunaannya dalam jangka waktu panjang dapat memicu sejumlah efek samping lain, seperti mual, pusing, kejang, detak jantung tak beraturan hingga detak jantung tak beraturan. Apabila tidak segera ditangani, dikhawatirkan serangkaian efek samping ini dapat mengakibatkan efek samping yang lebih serius. [4]

Penggunaan cascara sagrada yang berlebihan dapat menimbulkan efek samping yang serius. 

Tips Penggunaan Pada Cascara Sagrada

Dalam pemanfaatannya, tentunya tumbuhan cascara sagrada juga memiliki cara penggunaan yang tepat. Dengan cara tersebut, senyawa di dalam cascara sagrada dapat bekerja dengan baik sehingga dapat digunakan dalam mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Berikut ini beberapa cara penggunaan pada tumbuhan cascara sagrada:

  • Kapsul atau Pil

Tumbuhan cascara sagrada dapat ditemui dalam bentuk kapsul atau pil. Bahkan, obat ini telah tersedia dipasaran dan juga mudah didapatkan.

Namun, hal yang perlu diperhatikan yaitu kandungan cascara sagrada yang terdapat di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebaiknya, lakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsi obat yang satu ini. Dengan hal tersebut, dosisnya lebih akurat dan tidak menimbulkankan efek samping yang parah. [2,4]

  • Sebagai Teh Herbal

Selain tersedia dalam bentuk kapsul atau pil, tumbuhan cascara sagrada juga dapat dijadikan sebagai teh herbal. Cara membuat teh herbal ini cukup mudah.

Pertama-tama, tuangkan 2 cangkir air dan tunggu hingga mendidih. Kemudian, ambil sekitar satu sendok satu ramuan tersebut dan masukkan ke dalam air mendidih dengan api kecil selama 10 menit.

Proses tersebut dilakukan untuk menghilangkan bahan kimia nabati dari kulit kayu cascara sagrada agar aman ketika dikonsumsi. Setelah itu, saring dan teh herbal dari cascara sagrada siap diminum. [3,4]

Cascara sagrada harus dikonsumsi dengan cara yang tepat agar dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. 

Tips Penyimpanan Pada Cascara Sagrada

Selain perlu mengetahui cara penggunaannya yang tepat, cara penyimpanan pada tumbuhan cascara sagrada juga perlu diperhatikan. Untuk itu, berikut di bawah ini cara penyimpanan pada tumbuhan cascara sagrada:

  • Dalam Bentuk Kering

Tumbuhan cascara sagrada merupakan salah satu tumbuhan yang dapat simpan dalam bentuk kering. Bentuk ini dapat berupa irisan kulit kayu yang dikeringkan ataupun bubuknya.

Kulit kayu kering cascara sagrada sendiri telah banyak tersedia di pasaran. Sedangkan untuk cara pengolahannya dilakukan dengan 3 tahap, yaitu proses pemanenan, pengupasan dan pengeringan.

Proses yang pertama ialah proses pemanenan yang biasanya dilakukan selama musim kemarau berlangsung. Pilihlah pohon yang berusia 1 -3 tahun untuk menghasilkan kulit kayu yang berkualitas tinggi.

Setelah itu, proses kedua yaitu proses pengupasan pada kulit kayu. Pada proses ini, kulit kayu diiris secara vertikal dan dikupas secara horizontal membentuk lembaran.

Setelah itu, bersihkan lumut pda kulit luarnya dengan sikat kaku. Jangan mencuci kulit kayu tersebut dengan air karena dikhawatirkan akan menghilangkan khasiatnya.

Proses terakhir, yaitu proses pengeringan dilakukan dengan cara meletakkan kulit kayu tersebut di tempat yang sejuk dan kering atau juga bisa ditempatkan di area teduh. Proses ini juga dapat dikeringkan di dalam oven dengan suhu yang rendah hingga beratnya berkurang hingga 50 persen.

Setelah itu, kulit kayu pun siap untuk dijual. Apabila mengingingkan kulit kayu dalam bentuk bubuk, gilinglah kulit kayu kering hingga tersturnya menjadi bubuk. [3]

Sebaiknya, simpan tumbuhan cascara sagrada dalam bentuk kering agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment