Kayu Manis Tiongkok: Manfaat – Efek Samping dan Tips Penggunaan

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Sekilas Tentang Kayu Manis Tiongkok

Cinnamomum cassia, atau yang sering disebut dengan kayu manis Tiongkok merupakan tumbuhan pohon tumbuhan hijau abadi. Tumbuhan kayu manis tiongkok berasal dari selatan Negara China, dan kemudian menyebar di sana dan tempat lainnya di selatan dan timur Asia seperti India, Indonesia, Laos, Malaysia, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Tumbuhan tersebut merupakan salah satu dari beberapa spesies Cinnamomum yang biasanya digunakan karena kulit kayu mereka yang beraroma, yang digunakan sebagai rempah-rempah. Di Amerika Serikat, kayu manis Tiongkok merupakan jenis kayu manis paling umum yang digunakan.

Kuncup-nya juga digunakan sebagai rempah-rempah, khususnya di India, dan sempat digunakan oleh bangsa Romawi kuno. Tumbuhan tersebut berasal dari kelompok keluarga Lauraceae dan sangat terkenal di berbagai seluruh dunia [1,2].

Karakteristik Tentang Kayu Manis Tiongkok

Kayu manis tiongkok mempunyai karakteristik yang dapat dibedakan dari jenis kayu manis yang lainnya. Sehingga setiap jenis kayu manis tentunya mempunyai karakteristik pembeda dari yang lainnya.

Kayu manis tiongkok tubuh tegak memanjang dengan memiliki ukuran sekitar 10-15 meter dan biasanya tumbuh didaerah tropis maupun subtropis. Bentuk daunnya seperti oval dan ujungnya sedikit meruncing, mempunyai ukuran sekitar 10 sampai 15 cm.

Kayu Manis Tiongkok

Warna dari daunnya sedikit kemerahan ketika masih muda dan apabila sudah dewasa akan berwarna hijau sedikit gelap. Kayu manis tiongkok tentunya mempunyai bunga yang berwarna kuning dan buahnya adalah buah buni berbiji satu dan berdaging, berbentuk bulat memanjang [1,2].

Kandungan Gizi Pada Kayu Manis Tiongkok

Berikut ini kandungan gizi yang terdapat pada kayu manis tiongkok:

NamaJumlahUnit
Cinnamaldehyde82.85%
Benzaldehyde2.22%
Champene0.59%
Linalool0.94%
Champor0.86%
Sabinene0.72%
Geranyl Acetate0.29%
Eugenol0.13%
Decanal0.13%

Menurut data pada tabel kandungan gizi diatas menunjukkan bahwa kayu manis tiongkok memiliki kandungan linalool di dalamnya yang dapat berfungsi sebagai pereda stres dan sakit kepala [1].

Kandungan Senyawa Kayu Manis Tiongkok

Kandungan yang ada di kayu manis tiongkok tentunya sangat beragam karena memang sudah sering digunakan dalam hal apapun. Kandungan yang ada di dalamnya seperti minyak atsiri, karbohidrat, air dan beberapa kandungan yang lainnya.

Kandungan senyawa yang ada pada kayu manis tiongkok biasanya ada di bagian kulit kayunya dan buahnya. Masing-masing senyawa tersebut mempunyai peranan dalam membantu menjaga kesehatan tubuh, sehingga kayu manis tiongkok tersebut sering dijadikan rempah-rempah dan obat herbal [1,2,3,4].

Kayu manis tiongkok mengandung beberapa senyawa yang baik untuk menjaga kesehatan pada tubuh 

Manfaat Kesehatan Pada Kayu Manis Tiongkok

Manfaat yang didapatkan dari kayu manis tiongkok sangat beragam. Maka dari itu perlu diketahui beberapa manfaat dari tumbuhan tersebut untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaat dari kayu manis tiongkok bagi kesehatan tubuh :

Di saluran pencernaan terkadang sering mengalami sakit seperti diare, yang mana menyebabkan pengeluaran air secara berlebihan dan terus menerus. Hal itu dikarenakan akibat dari perilaku pola makan yang tidak teratur dan mengkonsumsi makanan tidak sehat serta kurang adanya serat.

Sehingga perlu adanya mengkonsumsi kayu manis tiongkok, karena dapat meringankan kondisi diare pada tubuh. Kayu manis tiongkok di dalamnya mengandung senyawa seperti zerumbone yang ternyata baik untuk meringankan sakit diare. Sehingga dapat dikonsumsi dan tidak secara berlebihan [3,4]

Saluran pencernaan penyakit yang sering terjadi yaitu diare dan dapat diatasi dengan mengkonsumsi kayu manis tiongkok  
  • Menambah Nafsu Makan

Meningkatkan nafsu makan harus disertai dengan pola makan yang baik dan tetap terjaga sehingga dapat membuat kondisi tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Nafsu makan yang berkurang dapat diatasi dengan mengkonsumsi kayu manis tiongkok.

Kayu manis tiongkok ternyata dapat memberikan manfaat pada tubuh seperti meningkatkan nafsu makan yang sudah turun. Kandungan senyawa yang baik pada kayu manis tiongkok tersebut cukup baik dan membantu dalam meningkatkan nafsu makan pada seseorang, dikarenakan adanya senyawa seperti lignin yang ada di dalam kayu manis tiongkok tersebut dan mendukung nafsu makan bertambah [2,3,4].

Nafsu makan yang ingin lebih ditingkatkan lebih baik untuk mengkonsumsi kayu manis tiongkok agar makannya lebih tinggi 
  • Melancarkan Peredaran Darah

Memanfaatkan pada bagian kayunya dari kayu manis tiongkok bisa meringankan beberapa penyakit yang terjadi di dalam tubuh. Tumbuhan tersebut mengandung senyawa seperti flavonoid yang mampu melancarkan peredaran darah yang terjadi di dalam tubuh akibat penyumbatan pada saluran tertentu.

Sehingga apabila dikonsumsi secara teratur dapat lebih meringankan lancarnya peredaran darah tersebut. Karena kandungan flavonoid tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh [4,7].

Lancarnya peredaran darah yang baik dapat diatasi dengan mengkonsumsi kayu manis tiongkok secara teratur dan sesuai dosis yang dibutuhkan 
  • Antioksidan

Kayu manis tiongkok dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal yang baik untuk tubuh sebagai antioksidan dan menjaga tubuh dari segala penyakit. Hal ini karena kayu mnais tiongkok mempunyai berbagai macam kandungan senyawa antioksidan yang terdapat di dalamnya sehingga berfungsi dalam mencegah efek radikal bebas.

Senyawa-senyawa yang berperan sebagai antioksidan pada kayu manis tersebut antara lain seperti tanin, flavonoid dan alkaloid. Kedua dari senyawa tersebut mempunyai peranan yang berbeda-beda dalam menangkal suatu efek dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh [4,6,7].

Kayu manis tiongkok dapat dijadikan sebagai antioksidan yang baik untuk menjaga tubuh dari segala penyakit 
  • Melancarkan Haid

Kayu manis tiongkok sering dipercaya sebagai obat herbal bagi menjaga kondisi pada reproduksi kewanitaan. Kondisi tersebut biasanya disaat wanita setelah melakukan persalinan atau mentruasi lebih diharapkan untuk mengkonsumsi bagian dari kayu manis tiongkok tersebut untuk dijadikan obat herbal.

Dalam hal tersebut kayu manis tiongkok ternyata mengandung senyawa yang baik untuk menjaga reproduksi kewanitaan. Senyawa tersebut yaitu tannis yang dapat menciutkan kondisi rahim setelah bersalin dan darah haid lancar [4,5].

Darah haid yang mungkin tidak lancar ternyata bisa lancar apabila mengkonsumsi kayu manis tiongkok secara teratur 

Efek Samping Pada Kayu Manis Tiongkok

Selain mempunyai beberapa manfaat ternyata kayu manis tiongkok memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh. Sehingga perlu diketahui beberapa efek samping dari kayu manis tiongkok.

Berikut beberapa efek samping dari tumbuhan kayu mnais tiongkok tersebut :

Alergi merupakan efek yang paling sering terjadi bagi yang pertama kali mengkonsumsi obat herbal, tak terkecuali mengkonsumsi kayu manis tiongkok tersebut. Obat herbal yang berasal dari kayu manis tiongkok tersebut ternyata dapat menimbulkan beberapa efek samping yang berupa ruam-ruam merah, gatal bahkan sesak nafas apabila dikonsumsi secara oral.

Hal ini dapat terjadi dikarenakan terdapat kandungan senyawa yang dianggap sebagai patogen asing yang berbahaya pada tubuh, sehingga sistem imunitas tubuh menyerang kandungan senyawa tersebut dan menimbulkan beberapa gejala seperti diatas.

Apabila telah terjadi gejala-gejala seperti yang disebutkan diatas setelah mengkonsumsi kayu manis tiongkok akan lebih baik untuk menghentikannya sementara waktu mengkonsumsinya dan konsultasikan hal ini pada dokter [3,8].

  • Kerusakan Hati

Mengkonsumsi obat herbal dari kayu manis tiongkok yang terlalu banyak atau secara berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan pada organ hati. Hal ini dikarenakan terdapat senyawa seperti alkaloid pada tumbuhan kayu manis tiongkok, yang mana apabila kadarnya lebih disesuaikan dan tidak berlebih dapat berguna untuk kesehatan.

Namun apabila kadar alkaloid terlalu banyak di dalam tubuh dapat membuat organ pada hati menjadi rusak, hal tersebut karena kandungan alkaloid walaupun tidak memiliki sifat racun namun kandungannya yang terlalu banyak dapat merusak organ tubuh [3,8].

Mengkonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur pada kayu manis tiongkok dapat menyebabkan efek samping pada tubuh 

Tips Penggunaan Pada Kayu Manis Tiongkok

Sebelum mengkonsumsi dari kayu manis tiongkok tersebut tentunya harus melakukan cara yang tepat agar dapat dikonsumsi dengan baik. Maka dari itu perlu diketahui beberapa tips penggunaan yang bisa dilakukan dengan mudah dan tidak membuang-buang waktu.

Teh Kayu Manis

Pembuatan teh dari kayu tersebut bisa dilakukan dimana saja, karena kayu manis tiongkok mempunyai aroma yang sangat harum. Cara yang dilakukan pertama siapkan beberapa kayu manis tiongkok sebanyak 1,5-6 gram dan masukkan ke dalam gelas.

Siapkan air panas yang sudah mendidih dan tuangkan air tersebut ke dalam gelas. Tunggu hingga airnya berubah warna kecoklatan dan sampai aroma wanginya terasa harum.

Pisahkan ampas kayu manis tiongkok tersebut dari airnya, lalu air teh tersebut boleh ditambahkan dengan rasa pemanis atau tidak sesuai dengan selera saja. Selanjutnya teh herbal kayu manis sudah siap untuk dikonsumsi [1,8].

Campuran Sirup Pisang

Pembuatan sirup pisang ternyata juga hadus dicampur dengan kayu manis tiongkok. Pemilihan kayu manis tersebut harus pada ranting atau batangnya sehingga harus yang baik dan tepat. Cara pembuatannya cukup mudah, siapkan pisangnya terlebih dahulu dan kupas bagian kulitnya.

Siapkan air matang lalu panaskan di atas kompor dan tunggu sampai sedikit mendidih. Selanjutnya apabila sudah sedikit mendidih masukkan pisan tersebut ke dalam air matang tersebut. Tambahkan gula sedikit saja sebagai rasa pemanis, dan masukkan batang kayu manis tiongkok sebanyak 2 biji.

Aduk-aduk dan tunggu sampai mendidih dan aroma dari sirup pisang tersebut wangi. Apabila durasa sudah terasa aromanya, maka tiriskan sejenak. Setelah itu sirup pisang aroma kayu manis tiongkok sudah siap untuk dikonsumsi [1,8].

Cara menggunakan yang baik dan tepat untuk kayu manis dapat dilakukan tiongkok agar bisa dikonsumsi 

Tips Penyimpanan Pada Kayu Manis Tiongkok

Cara menyimpan kayu manis tiongkok tentu bisa dilakukan dengan baik dan benar, agar kondisinya tetap terjaga dan aroma wanginya tetap ada. Sehingga perlu diketahui beberapa tips-tips penyimpanan untuk kayu manis tiongkok.

Simpan Kondisi Kering

Cara yang tepat untuk menyimpan kayu manis tiongkok yaitu dengan keadaan kering agar aroma yang ada tetap awet. Cara yang dilakukan pertama siapkan bagian kayu dari kayu manis tiongkok tersebut yang tidak terlalu tua pilihnya bagian yang utuh dan lurus.

Setelah itu cek untuk teksturnya juga dan pastikan bagian batang kayu manisnya kering agar tidak cepat proses pembusukannya. Selanjutnya siapkan juga plastik ziplock yang kedap udara agar kondisi dari kayu manis tiongkok tidak cepat anyem.

Masukkan ke dalam plastik tersebut dan tutup dengan rapat. Simpan dalam kondisi suhu ruangan supaya kayu manis tiongkok tersebut tidak cepat mengalami kerusakan [8].

Simpan Dalam Kondisi Bubuk

Penyimpanan bubuk kurang baik bagi kayu manis tiongkok daripada batang kayu manisnya sendiri, akan tetapi penyimpanan proses tersebut tidak cukup dalam jangka waktu yang lama. Cara penyimpanan bentuk bubuk juga mudah untuk dilakukan.

Pilihlah batang kayu manis tiongkok yang baik dan segar serta sudah dalam keadaan kering. Lalu jangan pernah mencuci kayu manis dengan air karena dapat menyebabkan kayu manis tersebut tidak dalam kondisi kering serta lentur.

Selanjutnya giling kayu manis tiongkok tersebut secara halus agar menjadi bubuk. Siapkan wadah seperti toples atau plastik ziplock lalu masukkan bubuk kayu manis tersebut ke dalam toples atau plastik ziplock.

Tutup rapat bubuk tersebut agar udara tidak gampang masuk, lalu simpan dalam kondisi suhu ruangan dan tidak perlu menyimpannya pada lemari es [8].

Penyimpanan secara bubuk ataupun segar mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing 

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment