Cara Mengatasi Alis Berkedut

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Kedutan pada alis atau dalam istilah medis disebut dengan blefarospasme merupakan gerakan yang berulang pada kelopak mata bagian atas secara tiba-tiba dan tanpa disengaja. Dalam beberapa kasus, kedutan pada alis kanan atau kiri ini sering kali terjadi hanya dalam beberapa detik dan akan menghilang dengan sendirinya. [4,5]

Setiap orang pasti pernah merasakan kedutan pada tubuh. Kedutan ini seringkali terjadi di beberapa area tubuh seperti mata, bibir, hingga alis. Alis yang berkedut merupakan suatu kondisi yang sangat sering terjadi dan bukan hal yang perlu dikhawatirkan. Namun apabila yang dirasakan berlebihan, patut diwaspadai sebagai pertanda adanya masalah kesehatan.

Kedutan pada alis kiri atau kanan dapat dipicu oleh adanya beragam kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan sehari-hari. Beberapa hal yang dapat menyebabkan kedutan pada area alis kanan atau kiri tersebut diantaranya adalah [1] :

  • Mata kering
  • Kelelahan, stres dan kurang tidur
  • Konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan
  • Merokok
  • Adanya cedera pada wajah atau kepala
  • Terdapat gangguan syaraf pada otak
  • Gangguan pada mata yang dapat disebabkan oleh adanya uveitis, radang kelopak mata, dan lainnya
  • Mata lelah
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Bell’s palsy
  • Distonia
  • Tubuh kekurangan magnesium
  • Kejang hemifasial

Cara Mengatasi Alis Berkedut

Kedutan pada alis kanan atau kiri dapat terjadi ketika kulit yang berada disekitar area alis bergerak dan mengalami kejang tanpa disengaja. Kondisi ini dapat terjadi karena jaringan otot yang berada di sekitar kelopak mata mengalami penegangan sehingga terjadi kedutan pada alis. Hal ini memang tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan namun dapat menyebabkan ketidaknyamanan bagi yang mengalaminya [1].

Selain menggunakan obat, terdapat banyak cara alami dan sederhana yang dapat dijadikan solusi untuk meredakan ketegangan pada area alis yang mengalami kedutan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menangani kedutan pada alis kanan atau kiri, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Pijatan Mata

Guna meredakan ketegangan pada area mata, gunakan jari yang telah dibersihkan terlebih dahulu untuk memijat lembut area kelopak mata, otot diatas alis, bawah mata, dan pelipis. Hal ini dapat membantu peningkatan sirkulasi darah ke mata serta dapat melemaskan otot-otot sekitar area mata.

Pijatan ini juga bisa mengakibatkan perangsangan pada kelenjar air mata sehingga dapat mencegah terjadinya mata yang kering. Selain itu dapat juga menggunakan beberapa tetes minyak zaitun, gel lidah buaya ataupun krim mata untuk mendapatkan sensasi pijatan yang lebih halus dan relaks [2].

  • Berjemur

Berjemur merupakan salah satu cara yang baik untuk memulai hari. Dengan berjemur, dapat membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah penyakit. Hal ini dikarenakan sinar matahari pagi membantu retina melepaskan dopamin.

Lakukan aktivitas ini di pagi hari, dan dapat dilakukan di depan jendela atau tempat yang menerima banyak sinar matahari. Tutup mata dan biarkan sinar matahari memberikan kehangatan di area sekitar kelopak mata [2].

  • Kompres Menggunakan Air Hangat

Kompres menggunakan air hangat adalah cara yang tepat untuk mengendurkan ketegangan pada otot sekitar mata dan dapat meredakan mata kering yang sering kali disebabkan aktivitas menatap layar komputer ataupun buku.

Untuk langkah ini, dapat dilakukan hanya dengan menyelupkan kain lembut dan bersih ke dalam air hangat dan lakukan hal ini di tempat yang nyaman untuk berbaring.

Lakukan ini dengan menutup mata dan letakkan kain hangat yang telah diperas tersebut ke area sekitar atas kelopak mata. Bersantailah sambil menarik napas dalam-dalam selama 1 menit. Ulangi proses ini setidaknya sebanyak tiga kali [2].

  • Air Dingin

Air dingin merupakan pilihan yang efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membuat mata yang tegang menjadi lebih rileks. Metode ini mirip dengan metode kompres hangat kecuali mencelupkan kain bersih tersebut ke dalam air dingin [2].

Jika ketegangan mata dapat menyebabkan bengkak di sekitar area mata, bungkus beberapa es batu dengan kain bersih dan letakkan di kelopak mata selama kurang lebih 2 menit. Dengan melakukan kompres menggunakan air dingin akan membantu mengurangi bengkak di sekitar area kelopak mata [2,5].

  • Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menjadi solusi yang tepat hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya ke area sekitar kelopak mata dan alis yang tegang kemudian diamkan kurang lebih sekitar 10 menit [2].

Penyembuhan secara alami ini memberikan sensasi penenang dari lidah buaya yang kemudian akan membantu peningkatan sirkulasi darah di sekitar area mata. Selain itu, lidah buaya ini juga dapat digunakan sebagai lotion untuk memijat area kelopak mata [2,5].

  • Botox

Dalam kasus yang seringkali terjadi, kedutan pada alis yang tidak kunjung sembuh dapat memungkinkan harus menerapkan perawatan yang disarankan. Botox salah satunya yang memiliki manfaat sebagai pelemah otot kelopak mata agar tidak mengalami ketegangan secara terus menerus.

Kedutan pada area sekitar alis kanan atau kiri yang lama dapat diobati dengan menyuntikkan botox untuk dapat menghentikan kontraksi otot yang tidak disengaja pada area yang menyebabkan kedutan. Efek dari suntik botox ini, dapat dirasakan manfaatnya hingga kurang lebih selama 4 bulan [2,5].

Kapan Harus ke Dokter?

Kedutan pada alis ini dapat terjadi ketika otot mengalami kejang atau spasme. Jika mengalami hal tersebut tak perlu khawatir, karena pada umumnya hal ini tidak berbahaya dan akan menghilang dengan sendirinya [1].

Jika kedutan yang dirasakan lebih dari 1 minggu hingga mengakibatkan kelopak mata menjadi merah bahkan bengkak, hal itu patut diwaspadai dan harus segera melakukan pemeriksaan ke dokter spesialis saraf atau mata untuk konsultasi dan penanganan yang lebih lanjut.

Selain kondisi yang telah dijelaskan sebelumnya, ada hal lain yang wajib diperhatikan adalah sebagai berikut :

  • Kedutan terjadi pada bagian lain di area wajah atau tubuh
  • Kelopak mata benar-benar menutup pada saat terjadinya kedutan
  • Kelopak mata atau otot wajah yang lainnya terkulai

Berdasarkan kondisi diatas, hal ini patut diwaspadai sebagai tanda dari adanya gangguan pada sistem saraf atau penyakit kronis lainnya seperti Bell’s Palsy, Distonia, hingga Sindrom Tourette [1,3].

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment