Berenuk : Kandungan – Manfaat, dan Efek Samping

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Berenuk atau crescentia cujete merupakan sebuah tanaman yang berasal dari daerah Amerika, Khususnya kawasan Amerika tengah dan Amerika selatan [2].

Buah ini tumbuh dengan baik di daerah dengan iklim tropis. Di beberapa negara eropa tumbuhan berenuk ini juga dikenal dengan nama calabash tree [3].

Di beberapa daerah tumbuhan berenuk ini dikenal karena memiliki berbagai macam khasiat. Beberapa khasiat dari tumbuhan berenuk ini seperti obat diare [6], obat batuk [7], obat asma [8], dan juga obat bronkitis [7].

Sekilas Tentang Berenuk

Di Indonesia buah berenuk ini sering disamakan dengan buah maja. Meskipun bisa dibilang mirip, namun sebenarnya kedua buah ini adalah jenis yang berbeda.

Di Indonesia sendiri buah berenuk ini banyak ditanam di daerah Sumatra, Jawa, Sulawesi, dan Maluku. Di setiap daerah ini juga nama buah berenuk bisa berbeda – beda.

Masyarakat Maluku mengenal dengan nama buah no. Di Sulawesi tumbuhan berenuk ini dikenal dengan nama bila balanda, semetara di Sumatera lebih dikenal dengan nama tabu kayu [2].

Karakteristik Berenuk

Dengan banyak nya manfaat yang dimiliki oleh tanaman ini tentu menjadikan tanaman ini banyak dicari. Tumbuhan ini cukup mudah dikenali karena memang bentuk nya yang khas [1]. Beberapa karakteristik dari tumbuhan berenuk ini antara lain adalah :

  • Pohon berenuk ini bisa tumbuh mencapai tinggi hampir 10 meter [1].
  • Batang pohon berenuk ini berwarna putih kehitaman dan memiliki alur [1].
  • Pohon berenuk ini memiliki tangkai yang ukuran nya pendek [1].
  • Tanaman berenuk ini memiliki daun yang majemuk dengan bentuk yang menyerupai sirip [1].
  • Setiap helai daun nya memiliki bentuk lonjong dengan ujungnya yang meruncing. Panjang tiap helai daun tumbuhan berenuk ini berkisar antara 10 sampai 15 cm [1].
  • Pohon berenuk ini juga memiliki bunga yang bersifat tunggal [1].
  • Buah dari pohon berenuk sendiri berbentuk bulat seperti telur dan berwarna hijau. Buah nya memiliki rasa yang pahit. Sementara biji dari buah nya berbentuk kotak dan memiliki warna coklat [1].

Kandungan Berenuk

Buah berwarna hijau ini terkenal memiliki banyak manfaat. Hal ini karena buah berenuk memiliki banyak kandungan yang sangat bermanfaat [4]. beberapa kandungan yang ada di buah berenuk diantaranya adalah :

  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Natrium
  • Karbohidrat
  • Tiamin
  • Riboflavin
  • Niasin
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Saponin
  • Flavonoid

Manfaat Berenuk

Dengan banyaknya kandungan yang ada pada buah berenuk ini membuat buah berenuk memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Beberapa manfaat dari buah berenuk diantaranya adalah :

  • Sumber anti oksidan

Salah satu manfaat dari buah berenuk ini adalah sebagai sumber anti oksidan [5]. Kandungan vitamin C yang ada pada buah berenuk mampu menjadikan nya sebagai sumber anti oksidan alami.

Anti oksidan ini akan berperan sebagai pelindung tubuh dari berbagai radikal bebas. Dengan terpenuhinya anti oksidan ini maka tubuh bisa terhindar dari efek negatif yang akan terjadi akibat dari radikal bebas tersebut.

  • Sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh

Dengan manfaat nya sebagai anti oksidan maka manfaat lain dari buah berenuk ini adalah bisa digunakan sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh [5].

Buah berenuk ini bisa menjadi penangkal bagi tubuh dari berbagai penyakit. Sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh menjadi tidak mudah terkena penyakit

  • Sebagai pelancar sistem pencernaan

Manfaat lain nya dari mengkonsumsi buah berenuk ini adalah untuk menjaga sistem pencernaan. Buah berenuk ini mengandung banyak serat yang akan sangat baik untuk menjaga sistem dan saluran pencernaan [6].

  • Sebagai obat diare

Untuk anda yang bermasalah dengan penyakit diare maka mengkonsumsi buah berenuk bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengobati nya. Buah berenuk ini memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan tubuh diare [6].

Buah berenuk bisa menghilangkan kuman dan bakteri yang bisa menyebabkan diare. Selain sebagai obat diare, buah berenuk ini juga mampu digunakan sebagai obat pencegah dari diare [6].

Buah berenuk ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat alternatif untuk masalah hipertensi. Bagi mereka yang mengalami masalah hipertensi ini, maka mengkonsumsi buah berenuk bisa anda coba. Buah berenuk ini mengandung kandungan senyawa yang akan membuat tekanan darah di dalam tubuh tetap normal [9].

  • Sebagai obat pereda asma

Buah berenuk ini juga bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk meredakan penyakit asma [8]. Buah berenuk ini memiliki senyawa yang mampu menyehatkan tubuh dari berbagai penyakit pernafasan salah satunya adalah asma.

  • Sebagai obat untuk penyakit bronkitis

Selain sebagai obat penyakit asma, masalah pernafasan lain yang bisa diatasi oleh buah berenuk ini adalah sebagai obat untuk penyakit bronkitis [7]. Penyakit yang disebabkan oleh infeksi pada saluran utama pernafasan ini bisa disembuhkan dengan menggunakan buah berenuk sebagai salah satu alternatif nya.

  • Meredakan batuk

Untuk anda yang sering bermasalah dengan batuk maka anda bisa mengkonsumsi buah berenuk ini. Kegunaan lain dari buah berenuk ini juga bisa meredakan masalah batuk ini yang sering dialami [7].

  • Obat untuk mengatasi flu

Untuk anda yang mudah terkena flu [7] terutama pada saat cuaca dingin maka buah berenuk ini bisa menjadi salah satu solusi untuk meredakan masalah flu ini. Buah berenuk ini bisa menjadi pencegah dan obat untuk mengatasi masalah flu yang biasa anda menyerang anda.

  • Melancarkan saluran kemih

Manfaat lain dari buah berenuk ini bisa menyehatkan saluran kemih. Biasanya saluran kemih ini akan bermasalah karena adanya kuman dan bakteri [10]. Buah berenuk ini mampu untuk menghilangkan kuman dan bakteri ini yang menjadi penyebab tersumbat nya saluran kemih.

  • Baik bagi kulit

Buah berenuk juga memiliki manfaat yang baik bagi kulit. Buah berenuk ini bisa menjadi obat untuk meredakan gatal – gatal. Selain sebagai obat gatal, buah berenuk juga bisa dijadikan sebagai obat untuk mengeringkan dan menghilangkan luka. Buah berenuk juga mampu untuk menghilangkan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit kulit [11].

  • Baik bagi tulang dan gigi.

Kandungan kalsium yang ada pada buah berenuk ini sangat cocok untuk memperkuat tulang dan gigi. Buah berenuk ini terutama digunakan oleh orang dewasa untuk mencegah dari pengeroposan tulang dini [11].

  • Sebagai penurun panas akibat demam

Salah satu fungsi dari buah berenuk ini adalah sebagai anti bakteri. Itulah mengapa buah ini cukup baik digunakan ketika kita sedang demam. Suhu badan menjadi tinggi ketika demam biasanya merupakan efek dari tubuh yang sedang melawan bakteri. Di sini lah fungsi buah berenuk sebagai anti bakteri akan dimaksimalkan [8].

  • Baik bagi lambung

Manfaat lainnya dari berenuk ini adalah sangat baik untuk kesehatan lambung. Berenuk memang memiliki fungsi yang sangat baik bagi organ dan sistem pencernaan. Itulah mengapa buah berenuk ini bisa menjadi salah satu alternatif untuk mereka yang memiliki masalah dengan lambung.

Selain baik bagi kesehatan lambung, buah berenuk ini juga sangat baik bagi mereka yang menderita penyakit maag. Buah berenuk merupakan salah satu obat alternatif yang baik dan bisa digunakan untuk mereka yang mengalami masalah dengan penyakit maag [2].

Efek Samping Berenuk

Selain memiliki banyak manfaat, hal lain yang juga harus diperhatikan dari buah berenuk ini adalah efek samping nya. Banyak nya manfaat ini akan kita dapatkan hanya jika kita menggunakan nya sesuai dengan aturan.

Penggunaan yang tidak sesuai aturan dan berlebihan justru akan menimbulkan efek samping yang tidak kalah berbahaya. Beberapa efek samping dari buah berenuk ini diantaranya adalah :

  • Memiliki rasa pahit

Hal pertama yang harus diperhatikan dari buah ini adalah rasanya yang pahit. Itulah mengapa biasa nya buah berenuk ini harus diolah terlebih dahulu untuk mendapatkan manfaatnya [3].

  • Membuat lemas

Berfungsi sebagai pelancar pencernaan jika digunakan dengan benar, namun jika digunakan dengan berlebihan buah ini akan terus mengeluarkan makanan yang sudah kita makan.

Penggunaan yang berlebihan justru akan membuat kita menjadi terus terusan buang air. efek nya tubuh akan menjadi lemas karena kehilangan nutrisi yang dibutuhkan dari makanan [7].

  • Bisa merusak ginjal

Mengkonsumsi buah berenuk secara berlebihan juga bisa menyebabkan kerusakan pada ginjal. Kandungan magnesium pada buah berenuk ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak justru akan menimbulkan penumpukan magnesium. Jika sudah terjadi penumpukan maka biasa nya ginjal sudah tidak bisa mengeluarkan kelebihan itu keluar tubuh [12].

Cara penggunaan Berenuk

Ada dua hal yang bisa dimanfaatkan dari berenuk ini. yang pertama tentu saja buahnya. Yang kedua adalah daun nya. Daun dari pohon berenuk ini juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan manfaat yang sama. Beberapa cara mengkonsumsi berenuk ini diantaranya adalah

  • Buah nya ditumbuk

Ini merupakan cara yang biasa digunakan untuk mengobati diare. Cara nya adalah dengan menumbuk buah berenuk sampai halus lalu campur dengan air. lalu minum hasil campuran tersebut [6].

  • Daun berenuk dikeringkan

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan cara mengeringkan daun dari pohon berenuk ini. keringkan daun lalu campur dengan air panas. jika rasanya dianggap terlalu pahit maka bisa dicampur dengan madu. Minum dalam kondisi hangat campuran tersebut. Ini merupakan cara yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit asma [8].

  • Dibuat menjadi jus

Cara nya adalah dengan mengambil 1 buah berenuk dan beberapa lembar daun nya. Cuci bersih keduanya lalu blender. Bisa tambahkan madu jika menganggap rasanya pahit. Ini merupakan cara untuk mengobati berbagai penyakit dalam seperti lambung dan lever.

Selain dicampur buah, kita juga bisa membuat jus hanya dengan daun nya saja. Ini merupakan obat alternatif untuk masalah darah tinggi [9].

  • Langsung dimakan buah nya

Cara ini bisa dibilang jarang digunakan meski pun merupakan cara yang paling mudah. Cara ini adalah dengan langsung memakan buah berenuk tersebut. Cara ini jarang digunakan karena rasa berenuk yang cukup pahit.

Untuk menutupi rasa pahit itu sebenarnya kita bisa mencampur dengan madu atau pun dimakan bersama susu [1].

Cara Penyimpanan Berenuk

Untuk masalah penyimpanan sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa cara untuk tetap menjaga kualitas buah ini tetap bagus.Cara penyimpanan berenuk ini adalah :

  • Dirawat dengan pohon nya

Kita bisa mencoba untuk menanam dan merawat pohon berenuk ini. Di daerah tropis seperti indonesia, pohon berenuk bisa tumbuh dengan mudah [2].

  • Buah nya simpan di tempat dingin

untuk buahnya kita bisa menyimpan nya di dalam kulkas. Buah berenuk ini harus kita jaga tetap segar supaya manfaat dan nutrisi nya tetap terjaga [2].

  • Simpan di tempat kering

Untuk daun dari buah berenuk sendiri bisa kita simpan di tempat yang kering dan tidak lembap. Tempat yang basah akan membuat daun menjadi layu [2].

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment