Gaultheria Procumbens: Manfaat – Efek Samping dan Tips Penggunaan

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Tinjauan Medis : dr. Maria Arlene, Sp.Ak
Gaultheria procumbens adalah tumbuhan herbal yang daunnya digunakan untuk menangani berbagai kondisi, seperti sakit kepala, nyeri saraf, artritis, kram menstruasi, masalah pencernaan, asma, peradangan,... demam, dan masalah ginjal. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah tumbuhan ini sungguh-sungguh efektif dalam menangani kondisi tersebut. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika tertarik untuk menambahkan tumbuhan ini sebagai suplemen untuk masalah kesehatan yang Anda miliki. Read more

Sekilas Tentang Gaultheria Procumbens

Gaultheria procumbens merupakan jenis tumbuhan yang berasal dari timur laut Amerika Utara dari Newfoundland barat ke tenggara Manitoba, dan selatan ke Alabama. Tumbuhan tersebut juga disebut dengan teaberry timur, checkerberry, boxberry, atau wintergreen Amerika, adalah spesies Gaultheria yang berasal dari anggota dari Ericaceae.

Gaultheria procumbens tumbuhan yang mempunyai bentuk buah sangat menarik seperti bery, sehingga sering disebut dengan teabery. Bagian buahnya dapat dijadikan sebagai obat herbal karena ada beberapa kandungan yang baik untuk tubuh.

Tumbuhan tersebut memiliki habitat yang disukai adalah hutan gugur pada tanah yang sedikit asam. Tumbuhan Gaultheria procumbens juga sudah dibudidayakan sebagai tanaman hias ataupun tanaman buah-buahan [2,5].

Karakteristik Tentang Gaultheria Procumbens

Tumbuhan Gaultheria procumbens mempunyai ciri khas pada bagian buahnya, yang mana memiliki rasa agak manis hampir seperti varietas yang lainnya. Gaultheria procumbens termasuk tumbuhan dalam bentuk semak hingga memiliki tinggi setinggi 15 hingga 20 cm, dengan dedaunan yang persisten.

Bagian batang bawahnya tumbuhan tersebut cukup sedang dengan menghasilkan semak kecil saat perkembangannya berlangsung. Selain itu juga mempunyai sistem akar tetap di permukaan.

Gaultheria Procumbens

Tumbuhan Gaultheria procumbens memiliki bentuk daun lanset dengan ujungnya yang meruncing seperti pisau. Pada bulan Juli hingga Agustus, tumbuh bunga kecil yang berbentuk lonceng dan berkembang di aksis daun dengan warna putih.

Selanjutnya bunga-bunga tersebut menghasilkan buah bulat yang berubah menjadi merah terang di musim gugur dan berlangsung pada musim dingin [2,5].

Kandungan Gizi Pada Gaultheria Procumbens

Berikut ini kandungan gizi yang terdsapat pada gaultheria procumbens:

NamaJumlahUnit
Limonene0,01%
Cymene0,79%
Sabinene2,3%
Linalool7,9%
Borneol0.2%
Pinene
Asam Bornyl

Gaultheria procumbens memiliki berbagai macam kandungan gizi yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh, salah satunya adalah kandungan linalool di dalamnya. Linalool dapat berfungsi sebagai antiseptik dan anti inflamasi pada luka terbuka [1].

Kandungan Senyawa Pada Gaultheria Procumbens

Tumbuhan Gaultheria procumbens mempunyai kandungan yang terdapat di dalam bagiannya sebagai peran untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan yang ada seperti minyak essensialnya, flavonoid, asam vanili dan beberapa senyawa yang lainnya.

Senyawa-senyawa tersebut mempunyai peranan yang mencukupi untuk membantu tubuh dalam meringankan berbagai penyakit. Salah satunya seperti kandungan minyak essensialnya yang berfungsi untuk lebih meringankan berbagai sakit seperti untuk menenangkan dan linu-linu yang ada di tubuh [1,3,4].

Kandungan yang baik dapat berefek baik juga bagi kesehatan tubuh untuk meringankan berbagai penyakit

Manfaat Gaultheria Procumbens Pada Kesehatan

Sebagai obat herbal tentu tumbuhan Gaultheria procumbens mempunyai berbagai manfaat yang dapat meringankan berbagai penyakit di dalam tubuh. Sehingga harus diketahui apa saja manfaat dari tumbuhan Gaultheria procumbens untuk kesehatan.

Berikut di bawah ini manfaat kesehatan pada tumbuhan Gaultheria procumbens :

Penyakit asma terkadang sering terjadi pada seseorang bagian saluran pencernaan. Akibat yang ditimbulkan biasanya termasuk gejala mengi, batuk-batuk, dan rasa sesak pada dada. Asma merupakan penyakit yang terjadi karena sistem pernapasan pada paru-paru yang tidak lancar.

Tumbuhan Gaultheria Procumbens ternyata obat herbal yang dapat mengendurkan saluran udara, merangsang pernapasan, dan membersihkan lendir dari paru-paru. Tumbuhan tersebut memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk kesehatan tubuh dan mengurangi gejala asma.

Selain juga terdapat kandungan minyak essensialnya yang dapat memberikan rasa kesejukkan pada paru-paru saat dihirup ataupun dikonsumsi secara diminum [1,3].

Bau yang khas dapat dijadikan sebagai obat asma untuk meringankan bagian pernapasan
  • Obat Penenang

Selain itu manfaat yang didapatkan dari tumbuhan Gaultheria Procumbens adalah dapat dijadikan sebagai obat penenang penenang strees dan pereda kecemasan pada seseorang. Tumbuhan itu juga memiliki kandungan minyak yang terdapat bau khasnya, sehingga dapat membuat otak dan perasaaan seseorang menjadi lebih bahagia dan dapat merelaksasi saraf-saraf pada tubuh.

Hal ini tentunya berefek baik pada seseorang untuk menjadi lebih tenang dikarenakan mengandung senyawa lainnya seperti linalool. Senyawa linalool tersebut memiliki peranan hampir mirip seperti ganja namun tidak menimbulkan efek samping dan tidak membuat seseorang menjadi kecanduan.

Selain itu linalool juga dapat memblokir reseptor rangsang utama kimia otak, yaitu glutamat dan membuat saraf tubuh menjadi lebih tenang [1,3,4].

Merilekskan tubuh atau pikiran dapat juga mengonsumsi tumbuhan Gaultheria Procumbens
  • Meringankan Peradangan

Manfaat yang lainnya juga dari tumbuhan itu yaitu dapat melawan peradangan dan dapat meredakan nyeri yang mengurangi ketidaknyamanan. Tumbuhan Gaultheria Procumbens selain itu juga dapat sebagai antibodi dan reaksi autoimun yang dapat menyebabkan nyeri sendi.

Sebagai obat anti peradangan tumbuhan Gaultheria Procumbens mempunyai sifat anti inflamasi yang terletak pada beberapa bagian di tumbuhan tersebut. Kandungan yang ada di dalamnya yaitu adanya senyawa seperti flavonoid, saponin, fosfor dan alkaloid.

Selain itu senyawa-senyawa tersebut mempunyai peranan dapat menyembuhkan peradangan yang terjadi pada tubuh. Salah satu contohnya pada senyawa fosfor yang dapat berperan untuk merelaksasikan bagian otot dan saraf untuk lebih berkontraksi pada bagian tubuh [4,6,7].

Sifat anti inflamasinya dapat dijadikan sebagai obat anti peradangan yang baik 
  • Melancarkan Pencernaan

Manfaat yang lain lagi dari tumbuhan Gaultheria Procumbens ternyata dapat dijadikan sebagai melancarkan pencernaan akibat tersumbat. Pada tumbuhan itu memiliki minyak wintergreen yang dapat lebih untuk melancarkan buang air besar yang sulit sekaligus dapat membersihkan usus dari kotoran yang telah mengendap.

Minyak wintergreen biasanya terletak pada bagian daun dari tumbuhan Gaultheria Procumbens. Minyak tersebut dapat digunakan dalam dosis kecil untuk meningkatkan asam lambung sehingga membantu kinerja pencernaan.

Selain itu minyak ini dianggap sebagai diuretik ringan alami untuk meningkatkan produksi urin, yang membantu membersihkan saluran pencernaan dan mengurangi kembung. Sehingga juga memiliki manfaat anti-mual dan efek menenangkan pada lapisan lambung dan usus karena kemampuannya mengurangi kejang otot [1,4,5].

Pencernaan yang tersumbat dapat diatasi dengan meminum Gaultheria procumbens sebagai obat herbal

Demam yang tinggi biasanya sudah tidak familiar untuk terjadi pada seseorang. Tumbuhan Gaultheria Procumbens termasuk ramuan yang juga ampuh untuk menurunkan sakit demam yang tinggi.

Kandungan yang dapat membantu untuk meredakan demam yaitu adanya minyak essensial atau minyak wintergreen. Minyak tersebut mengandung bahan kimia yang mirip dengan aspirin untuk membantu mengurangi rasa sakit, penyumbatan, pembengkakan dan demam.

Sehingga minyak tersebut akan menjadi antibiotik bagi kuman yang dapat menyebabkan sakit demam pada tubuh [1,4,5].

Demam yang tinggi dapat diturunkan dengan mengonsumsi tumbuhan Gaultheria procumbens secara sesuai aturan 

Efek Samping Pada Gaultheria Procumbens

Tumbuhan Gaultheria procumbens sebagai obat herbal pastinya kurang banyak yang diketahui oleh masyarakat bahwasannya juga mempunyai efek samping. Efek samping yang terjadinya cukup membahayakan kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Di bawah ini efek samping pada tumbuhan Gaultheria procumbens :

Kerja ginjal ternyata dapat mengekresikan bahan-bahan makanan yang dapat masuk ke dalam tubuh terutama untuk obat herbal. Setiap obat herbal yang dikonsumsi harus diekresikan oleh ginjal supaya menghilangkan efek jahat.

Akan tetapi jika obat herbal yang dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai aturan maka akan menyebabkan kerusakan pada organ ginjal. Hal ini apabila seseorang mengalami sakit ginjal terlebih dahulu maka tidak disarankan untuk mengonsumsinya kembali [4].

  • Ibu Hamil

Setipa ibu hamil sangat disarankan untuk lebih berhati-hati dalam mengonsumsi obat herbal tentunya. Hal tersebut dikhawatirkan membahayakan bagi calon bayinya.

Obat herbal tentunya juga mempunyai kandungan senyawa kimia aktif yang yang membahayakan terutama saat usia kanudngan masih sangat muda. Hal ini juga dapat bisa membuat tubuh menolak sel sperma dan mengeluarkannya dari embrio yang dikandung [4].

Efek samping juga bisa terjadi pada saat mengonsumsi obat herbal secara berlebihan 

Tips Penggunaan Pada Gaultheria Procumbens

Mengonsumsi tumbuhan Gaultheria procumbens Juga bisa dilakukan untuk pengobatan herbal. Cara yang dilakukan juga mudah sekali, sehingga perlu adanya tips cara penggunaan yang tepat dan benar.

Berikut di bawah ini tips penggunaan dari tumbuhan Gaultheria procumbens :

  • Dimakan Secara Langsung

Tumbuhan Gaultheria procumbens pada beberapa bagiannya ternyata bisa digunakan dan dimanfaatkan sebagai obat herbal dengan cara dikonsumsi secara langsung. Cara yang dilakukan cukup mudah sekali dengan mempersiapkan beberapa bagian dari tumbuhan tersebut seperti buahnya.

Keadaan buahnya lebih baik dikonsumsi pada saat telah dimasukkan ke dalam frezzer atau sudah membeku. Lalu cuci bersih terlebih dahulu, dan bisa untuk langsung dimakan. Diperbolehkan untuk mengupas kulitnya atau diambil biji terlebih dahulu, lalu makan. Rasa yang terdapat di dalam buah itu memang kurang mengenakan akan tetapi jika sudah dalam keadaan membeku maka rasanya yang didapatkan cukup mengenakan [8].

  • Teh

Selain buahnya yang digunakan, tumbuhan Gaultheria procumbens pada bagian daunnya juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman herbal. Jika ingin dikonsumsi maka harus melakukan beberapa cara agar kandungan yang ada di dalamnya dapat berefek baik bagi tubuh. Pertama tentunya siapakan beberapa bagian helai daun Gaultheria procumbens secukupnya saja, pilihlah yang masih segar dan berwarna hijau.

Cuci bersih menggunakan air yang mengalir bagian permukaan daunnya agar menghilangkan kuman atau bakteri yang menempelnya. Boleh juga menggunakan daun yang sudah dikeringkan terlebih dahulu sesuai dengan bahan yang ada saja. Siapkan air yang sudah dimasukkan ke dalam panci dan panaskan.

Masukkan helaian daun itu ke dalam panci dan air itu, tunggu hingga sampai benar-benar mendidih. Apabila sudah mendidih maka tiriskan sejenaknya dan saringlah air teh tersebut menggunakan saringan secara perlahan-lahan supaya terpisahkan dengan ampasnya yang berukuran kecil. Air teh Gaultheria procumbens maka sudah siap untuk digunakan dan dikonsumsi lebih baik dalam keadaan masih hangat [8].

Cara yang tepat untuk menyimpan tumbuhan Gaultheria procumbens harus dilakukan dengan benar supaya berefek baik bagi tubuh

Tips Penyimpanan Pada Gaultheria Procumbens

Tips simpan apabila ingin dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang juga bisa dilakukan. Sehingga perlu adanya cara-cara simoan yang benar yang tepat khususnya untuk tumbuhan Gaultheria procumbens.

  • Simpan Dalam Kondisi Segar

Tumbuhan Gaultheria procumbens beberapa bagiannya juga bisa disimpan dengan kondisi segar. Cara yang dilakukan juga mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Langkah pertama tentunya siapkan bagian yang ingin disimpan boleh bagian daun atau buahnya. Lalu siapkan juga plastik ziplock yang ingin digunakan dan sudah disterilkan.

Lalu masukkan bagian tumbuhan itu ke dalam plastik dan tutup rapat. Simpan dan masukkan ke dalam lemari es atau frezzer agar mendapatkan kondisi membeku.

Jika ingin digunakan maka ambillah seperlunya dan cuci bersih terlebih dahulu. Agar tetap bersih dan tentunya kandungan di dalamnya dapat berperan baik pada tubuh [8].

  • Simpan Dalam Kondisi Kering

Tumbuhan Gaultheria procumbens beberapa bagian tubuhnya dapat disimpan dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Hal ini juga dapat menjaga kondisi dan struktur dari tumbuhan tersebut.

Cara yang dilakukan juga cukup mudah sekali, dengan menyiapkan beberapa helai daun yang masih segar. Lalu cuci bersih menggunakan air yang mengalir dan tiriskan sejenak.

Letakkan di wadah seperti tempeh lalu keringkan di bawah sinar matahari kurang lebih selama 2-5 hari sampai benar-benar keadaannya kering. Setelah itu hasil keringan dapat disimpan dalam wadah yang tertutup seperti toples.

Simpanlah dalam suhu ruangan yang dijauhkan dari keadaan lembab supaya terhindar dari bakteri atau jamur [8].

Kedua penyimpanan tersebut masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan 
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment