Vanili: Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Tentang Vanili

vanili
Vanili

Vanili (Vanilla planifola) merupakan tanaman berjenis anggrek yang memiliki bentuk polong dengan warna cokelat tua yang panjang dan kurus [1].

Vanili merupakan buah yang berasal dari Meksiko, ditemukan oleh suku Aztec pada abad ke-15 ketika mereka menaklukan Totonac [2].

Vanili dapat tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis seperti Meksiko, Tahiti, Uganda, dan Indonesia [1].

Vanili memiliki masalah dengan harga yang mahal. Vanili merupakan bumbu yang paling mahal kedua di dunia karena produksinya yang rumit [2].

Vanili tumbuh sebagai tanaman yang dapat bertumbuh hingga 300 kaki panjangnya dengan bunga kuning kehijauan pucat berdiameter empat inci [2].

Vanili merupakan bumbu olahan yang dinikmati di seluruh dunia, biasanya digunakan untuk membuat es krim, minuman, saus, dan makanan penutup lainnya [1].

Fakta Menarik Vanili

Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang vanili yang mungkin belum kita tahu [3, 4, 5] :

  • Lebih dari 3/4 seluruh vanili dunia ditanam di Madagaskar dan Reunion.
  • Vanili merupakan bumbu paling mahal kedua setelah saffron.
  • Di Amerika Serikat produk dengan label “ekstrak vanilla” terjamin bahwa menggunakan bahan baku vanili asli dan dijamin oleh hukum.
  • Konsumen tertinggi vanili di dunia adalah Amerika Serikat, diikuti negara Prancis.
  • Vanili dapat digunakan untuk obat-obatan, menyembunyikan bau ban karet, cat, dan juga produk-produk pembersih.
  • Sekitar 2000-2500 ton biji vanili diproduksi di seluruh dunia setiap tahunnya.
  • Vanili dapat digunakan untuk mengusir serangga berkaki delapan, seperti laba-laba.
  • Di Eropa, vanili pernah digunakan dalam produksi obat-obatan tertentu seperti stimulan saraf dan sebagai afrodisiak.
  • Dalam beberapa kebudayaan, vanili digunakan sebagai ramuan obat suci dan dapat digunakan untuk mengobati histeria, rematik, dan demam.
  • Vanili juga dapat digunakan untuk meningkatkan energi otot dan merangsang kecenderungan seksual.

Kandungan Gizi Vanili

Ekstrak vanili mengandung beberapa vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh manusia, diantaranya adalah B2, B3, B6, kalium, dan magnesium.

Tabel di bawah ini akan menunjukkan kandungan gizi dalam ekstrak vanili dalam 100g :

IDNmedis.com Info Gizi (Per 100 Gram)
Ekstrak vanili
Kalori:288Kalori Dari Lemak:0.5
  %Kebutuhan Harian
Total Lemak0.1      g 0.09 %
Lemak Jenuh0        g 0.05 %
Lemak Trans0        0    %
Kolesterol0        mg 0   %
Sodium9        mg 0.37 %
Total Karbohidrat12.7     g 4.22 %
Serat0        g 0    %
Gula12.7     g  
Protein0.1      g 0.12 %
Vitamin A0 %Vitamin c0 %
Kalsium1.1 %Zat besi0.67 %
© IDNmedis.com

Src : Ekstrak vanili

*Kebutuhan harian berdasarkan diet 2,000 kalori. Kebutuhan anda bisa lebih besar/kecil.

Top 10 Gizi
Penyajian 100gr%Kebutuhan Harian
Kalori288     14 %
Mangan0.2      mg11 %
Riboflavin0.1      mg6 %
Kalium148      mg4 %
Total Karbohidrat12.7     g4 %
Tembaga0.1      mg4 %
Magnesium12       mg3 %
Niasin0.4      mg2 %
Vitamin B60        mg1 %
Kalsium11       mg1 %
© IDNmedis.com

Src : Ekstrak vanili

Kelebihan dari kandungan gizi ekstrak vanili :

  • Ekstrak vanili berpotensi sebagai sumber energi bagi tubuh karena vitamin B6 dan karbohidrat yang terkandung didalamnya.
  • Ekstrak vanili mengandung vitamin B2 yang baik untuk menjaga kesehatan mata.
  • Ekstrak vanili kaya akan mangan yang baik untuk kesehatan tulang dan juga mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

Manfaat Vanili

Vanili menjadi favorit orang-orang untuk diolah sebagai pelengkap minuman atau sebagai makanan penutup. Namun ternyata, ekstrak vanili memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia.

Berikut adalah beberapa manfaat vanili untuk kesehatan manusia :

Pada wajah manusia memiliki lubang kecil yang biasa disebut dengan pori-pori. Pori-pori ini dapat tersumbat oleh minyak, bakteri, sel kulit mati, bahkan kotoran [6].

Saat pori-pori tersumbat, jerawat akan timbul dan dapat berkembang. Jika Anda berulang kali berjerawat, kulit Anda bisa jadi sangat sensitif terhadap kotoran [6].

Vanili diketahui memiliki sifat anti-bakteri yang bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan kulit wajah dan dapat membantu mengurangi timbulnya jerawat pada wajah manusia [7].

  • Memiliki Sifat Anti-Penuaan

Ketika manusia bertambah usia, proses perkembangan internal tubuh kita aka melambat dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk diisi ulang [8].

Sehingga hal tersebut akan menimbulkan ruang untuk tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan kelelahan. Perubahan ini akan mengejutkan jika terjadi lebih awal [8].

Vanili kaya akan anti-oksidan sehingga dapat mencegah dan mengembalikan kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas [9].

Sehingga dapat membantu untuk memperlambat tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, keriput, dan bintik-bintik pada wajah manusia [9].

  • Mengatasi Luka Bakar

Luka bakar merupakan cedera yang sering dialami oleh kebanyakan orang. Cedera ini ditandai dengan kerusakan kulit yang parah dan menyebabkan sel-sel kulit akan mati [10].

Kebanyakan orang dapat pulih dari luka bakar tanpa harus mendapatkan perawatan serius, namun itu kembali lagi pada penyebab dan tingkat cedera yang dialami [10].

Vanili diketahui telah digunakan sejak dahulu untuk menjadi obat penyembuh luka bakar dan luka-luka lainnya. Perawatan tropikal yang mengandung ekstrak vanili dapat membantu penyembuhan [11].

  • Meningkatkan Kesehatan Kulit

Seperti yang kita tahu, vanili mengandung vitamin B6 yang cukup tinggi. Vitamin ini bersama asam pantotenat sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan pada kulit [25].

Vanili mengadung anti-oksidan yang dapat membantu melindungki kulit dari polusi lingkungan dan racun yang dapat meningkatkan pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh [25].

Anda hanya perlu mengiris beberapa biji vanili yang dicampur dengan gula merah dan minyak esensial ke dalam jus lemon. Kemudian, oleskan bahan tersebut ke wajah dan pijat selama beberapa menit [25].

Kecemasan merupakan respon alami yang dimiliki manusia saat mengalami stres. Gugup adalah salah satu bentuk kecemasan pada manusia [12].

Jika mengalami kecemasan lebih dari 6 bulan, maka itu merupakan salah satu gejala gangguan kecemasan [12].

Depresi juga merupakan gangguan mood yang sering terjadi pada manusia. Hal ini tentunya dapat mengganggu waktu dan produktivitas manusia, fatalnya akan meningkatkan risiko terkena beberapa penyakit kronis [13].

Ekstrak vanili memiliki dampak positif pada orang-orang yang menderita kecemasan dan depresi. Aroma dari vanili dapat mengurangi kecemasan pada beberapa orang [14].

  • Meredakan Mual

Mual merupakan kondisi dimana orang merasakan ketidaknyamanan dalam perut dan rasa ingin muntah [15].

Mual dapat diakibatkan oleh beberapa hal yaitu sensitif terhadap gerakan, makanan, obat-obatan, atau efek kondisi medis tertentu [15].

Vanili memiliki salah satu manfaat yang dapat membantu mengurangi rasa mual pada perut, yaitu dengan meminum beberapa tetes ekstrak vanila yang dicampurkan dengan air [16].

Aroma dari vanili juga dapat mengurangi rasa ingin muntah dan dapat dijadikan sebagai obat alternatif untuk mengatasi mual pada perut [16].

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Vanili mengandung beberapa komponen yang terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat yang merupakan salah satu penyebab utama penyakit jantung.

Terdapat penelitian terhadap subyek yang sudah diberikan dosis ekstrak vanili yang terkontrol. Dalam waktu 45 hari, terjadi penurunan kadar kolesterol yang mencolok dari subyek ini [23].

  • Mengatasi Gangguan Menstruasi

Tidak sedikit wanita yang memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur, terkadang terasa nyer, sindrom pramenstruasi dan masalah menstruasi lainnya [25].

Segala masalah tersebut dapat diatasi dengan melakukan diet sehat dengan menggunakan makanan dengan campuran vanili [25].

Kandungan magnesium dalam vanili yang cukup tinggi berdampak terhadap kontrol produksi hormon yang dapat berpengaruh baik untuk perubahan suasana hati dan depresi [25].

Vanili juga mengandung kalsium yang dapat mengurangi rasa sakit dan gangguan lainnya selama periode menstruasi [25].

  • Memiliki Sifat Anti-Bakteri

Vanili memili sifat anti-bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan manusia, dapat membantu mencegah terkena infeksi. Lebih tepatnya, minyak atsiri vanili yang dapat menghambat pertumbuhan sel bakteri tertentu [17].

Penelitian menunjukkan bahwa vanillin, ethyl vanillin, dan asam vanillic memiliki aktivitas anti-bakter yang menghambat spesies Cronobacter yang dapat berbahaya bagi orang-orang yang memiliki imunitas yang lemah [18].

  • Memiliki Sifat Anti-Oksidan

Vanili merupakan salah satu tumbuhan yang dapat menyerap radikal bebas dengan kuat. Radikal bebas secara alami bisa ada dalam tubuh manusia dan akan semakin bertumbuh ketika terpapar komponen tertentu [19].

Tubuh memiliki radikal bebas yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan dapat meningkatkan risiko perkembangan kanker yang tinggi [20].

Vanili yang kaya akan antioksidan dan antitumor, memiliki potensi yang tinggi dalam pengobatan alternatif untuk penderita kanker [21].

Diketahui bahwa seluruh produk yang mengandung vanili dapat berguna dalam menghambat radikal bebas yang bertanggung jawab untuk perkembangan tumor [21].

  • Memiliki Sifat Anti-Inflamasi

Serupa dengan efek anti-oksidan yang dimiliki vanili. Vanili juga memiliki kandungan anti-inflamasi. Efek ini dapat terjadi dengan zat antioksidan karena terdapat perbaikan tingkat sel yang terjadi [22].

Vanili dapat diolah menjadi minyak non-tradisional yang jika digunakan untuk memijat jauh ke dalam otot dan sendi yang meradang dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit [22].

  • Memiliki Sifat Anti-Kanker

Vanili dikenal memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi dan juga memiliki kandungan zat-zat lain yang berpotensi untuk menurunkan risiko penyakit kanker.

Vanili diketahui dapat bekerja baik dalam tubuh dan menunjukkan kemampuan anti-kanker. Di dalam ekstrak tumbuhan ini, terdapat zat yang tidak disukai kanker [23].

Dengan mengkonsumsi ekstrak ini secara teratur, maka akan membuat sel kanker tersebut lama-lama akan menghilang dari tubuh manusia [23].

Efek Samping Vanili

Banyak manfaat yang dapat diperoleh jika mengkonsumsi vanili secara rutin. Jika Anda mengkonsumsinya secara berlebih, dapat sebaliknya, akan memberikan dampak berbahaya bagi Anda.

Berikut adalah beberapa efek samping ketika mengkonsumsi vanili secara berlebihan [24] :

  • Diketahui bahwa vanili baik bagi kesehatan kulit, namun penggunaannya secara berlebih dapat membuat kulit Anda menjadi iritasi dan mengalami pembengkakan.
  • Mengkonsumsi vanili secara berlebihan juga dapat memberikan efek sakit kepala dan kesulitan untuk tidur.
  • Penderita sindrom Gilbert disarankan untuk tidak mengkonsumsi vanili, karenad dapat membuat sindrom akan semakin parah.

Tips Menyimpan Vanili

Berikut beberapa cara yang baik dan benar untuk menyimpan vanili [25] :

  • Simpan vanili di wadah yang kedap dari udara di tempat yang sejuk dan gelap.
  • Pastikan vanili berada di tempat yang dingin, namun jangan simpan vanili di lemari es atau dibekukan, karena dapat menyebabkan tekstur vanili menjadi keras dan kehilangan rasa.
  • Jika vanili sudah mengering, Anda dapat menambahkan vanili ke cairan hangat untuk menimbulkan rasanya kembali.
  • Tambahkan ke dalam cokelat panas atau teh panas untuk kembali merasakan kelezatan vanili.

Tips Konsumsi Vanili

Berikut beberapa tips untuk mengkonsumsi vanili [25] :

  • Digunakan di berbagai industri dunia untuk diolah sebagai makanan produk susu, makanan, permen, dan lain-lain.
  • Digunakan sebagai pelengkap rasa dari makanan atau minuman.
  • Digunakan sebagai pelengkap rasa es krim dan minuman ringan lainnya.
  • Komponen penting dalam kola dan juga digunakan dalam soda krim, root beer, beberapa minuman buah, teh dan kopi.
  • Digunakan sebagai bumbu dapur untuk keperluan rumah tangga.
  • Diolah sebagai puding mentega, roti, dan makanan penutup lainnya.
  • Dapat diolah menjadi gula, dengan menyimpan vanili yang sudah ditusuk ke dalam wadah kedap udara.
  • Dapat diolah menjadi sirup obat dan sebagai penambah rasa dalam tembakau.
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment