Kacang Adzuki : Manfaat-Efek Samping dan Tips Konsumsi

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Sekilas Tentang Kacang Adzuki

Kacang adzuki merupakan salah satu tanaman yang tergolong dalam suku kacang-kacangan atau fabecaea. Kacang adzuki memiliki nama latin Vigna angularis. Kacang adzuki atau yang dikenal kacang merah kecil merupakan jenis kacang yang berasal dari negara Jepang dan sangat banyak dibudidayakan disana.

Kacang Adzuki
Kacang Adzuki

Tanaman kacang adzuki memiliki bentuk daun menyirip dan bersusun. Panjang daunnya mencapai 4-11 cm dengan lebar 4-8 cm. Kacang adzuki juga memiliki polong sebagai buahnya yang berbentuk memanjang dan halus. Ketika sudah matang polong kacang adzuki akan berwarna abu-abu.

Sedangkan pada bagian bijinya, kacang adzuki memiliki biji polong yang kecil dan berwarna merah hingga hitam keungu-unguan. Kacang adzuki sangat banyak digunakan dinegara jepang sebagai makanan [3]

Karakteristik Kacang Adzuki

Kacang adzuki memiliki beberapa ciri-ciri yang mebedakannya dengan kacang jenis yang lainnya. Salah satu yang paling membedakan kacang adzuki dengan jenis lainnya adalah warna bijinya.

Biji kacang adzuki berwarna merah atau hitam keungu-unguan. Selain itu kacang adzuki memiliki bentuk polong yang lebih panjang daripada jenis yang lainnya.

Kemudian, biji kacang adzuki memiliki bentuk yang lebih kecil daripada jenis kacang yang lainnya [4]

Kandungan Gizi Pada Kacang Adzuki

Berikut ini kandungan nutrisi pada 100 gram kacang adzuki :

IDNmedis.com Info Gizi (Per 100 Gram)
Kacang, adzuki, biji matang, mentah
Kalori:329Kalori Dari Lemak:4.4
  %Kebutuhan Harian
Total Lemak0.5      g 0.82 %
Lemak Jenuh0.2      g 0.96 %
Lemak Trans0        0    %
Kolesterol0        mg 0   %
Sodium5        mg 0.21 %
Total Karbohidrat62.9     g 20.97 %
Serat12.7     g 50.8 %
Gula0         
Protein19.9     g 39.73 %
Vitamin A0.34 %Vitamin c0 %
Kalsium6.6 %Zat besi27.67 %
© IDNmedis.com

Src : Kacang, adzuki, biji matang, mentah

*Kebutuhan harian berdasarkan diet 2,000 kalori. Kebutuhan anda bisa lebih besar/kecil.

Top 10 Gizi
Penyajian 100gr%Kebutuhan Harian
Folat622.1    mcg156 %
Mangan1.7      mg87 %
Tembaga1.1      mg55 %
Serat makanan12.7     g51 %
Protein19.9     g40 %
Fosfor381      mg38 %
Kalium1254     mg36 %
Seng5        mg34 %
Magnesium127      mg32 %
Tiamin0.5      mg30 %
© IDNmedis.com

Src : Kacang, adzuki, biji matang, mentah

Folat pada kacang adzuki merupakan salah satu gizi tertinggi yang terdapat di dalamnya. Folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk perkembangan pada janin di dalamnya.

Selain itu, kacang adzuki juga tinggi akan senyawa fosfor di dalamnya. Fosfor memiliki peranan yang komplek di dalam tubuh, salah satunya adalah pada proses penyimpanan energi.

Senyawa Pada Kacang Adzuki

Kacang adzuki memiliki kandungan kalium yang sangat tinggi di dalamnya, apabila dikonsumsi secara rutin kacang adzuki dengan kandungan kaliumnya dapat menjaga kesehatan organ kardiovaskular dan menyembuhkan hipertensi.

Selain itu, senyawa fosfor yang ada pada kacang adzuki juga sangat tinggi. Senyawa fosfor sendiri memiliki peranan yang sangat penting bagi tubuh, yaitu sebagai pembentukan DNA dan RNA untuk menyimpan informasi genetik [1]

Kacang adzuki juga memiliki kandungan tiamin dan vitamin B yang sangat penting untuk merangsang enzim pada otak agar otak dapat bekerja lebih optimal [3]

Kacang adzuki memiliki berbagai macam kandungan gizi di dalamnya dan memiliki berbabagai macam manfaat bagi tubuh.

Manfaat Kacang Adzuki Untuk Kesehatan

Kandungan gizi yang dimiliki oleh kacang adzuki memberikan berbagai macam manfaat kesehatan bagi kesehatan. Berikut ini beberapa macam manfaat kacang adzuki bagi kesehatan tubuh :

  • Menjaga Kesehatan Organ Kardiovaskular

Kandungan kalium yang tinggi pada kacang adzuki memberikan manfaat yang banyak bagi tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan organ kardiovaskular. Kalium berperan pada proses penyeimbangan cairan yang dilakukan oleh ginjal dengan cara mengimbangi kadar garam pada cairan.

Selain itu kalium dan fosfor juga berperan dalam menstabilkan irama detak jantung dengan cara menjaga kesehatan otot dan saraf yang mengatur jantung [1].

  • Kaya Akan Senyawa Fosfor

Senyawa fosfor sangat dibutuhkan oleh tubuh bahkan peranannya sangat komplek. Senyawa fosfor dapat meredakan nyeri pada otot yang sedang kelelahan.

Selain itu, fosfor juga berperan dalam pembentukan DNA dan RNA di dalam tubuh. DNA dan RNA ini berperan dalam menyimpan informasi genetik yang dibutuhkan oleh tubuh dan hampir seluruh sel yang ada di dalam tubuh memiliki DNA, sehingga senyawa fosfor sangat penting bagi tubuh [4,5]

  • Mencegah Keguguran

Kacang adzuki memiliki kandungan asam folat yang tinggi yang sangat berguna bagi ibu hamil, salah satunya adalah mencegah keguguran pada ibu hamil.

Asam folat berperan dalam membentuk jaringan pada janin dan juga mecegah terjadinya preeklamsia. Preeklamsia merupakan kondisi dimana ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi dan urine mengandung protein [1]

Kondisi preeklamsia ini sangat tidak baik bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya karena dapat mengakibatkan keguguran pada kandungan [6]

  • Mengoptimalkan Kinerja Otak

Kandungan vitamin B6 dan tiamin yang terdapat pada kacang adzuki merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh otak. Vitamin B6 dan tiamin berperan dalam merangsang enzi dalam otak agar otak dapat bekerja secara optimal.

Selan itu, menurut journal Vietnamese American Medical Research Foundation bahwa tiamin mampu mencegah terjadinya penyakit alzhemeir dengan cara meningkatkan fungsi kognitif otak [1]

  • Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Lebih dari setengah kandungan yang terdapat pada kacang adzuki adalah air dan sisanya adalah senyawa-senyawa yang lain. Kandungan air yang terdapat pada kacang adzuki berperan dalam menjaga kesehatan organ pencernaan dengan cara memperlancar BAB.

Selain itu, kandungan serat yang dimiliki kacang adzuki juga ikut berperan menjaga kesehatan organ pencernaan dan mampu mengatasi penyakit susah BAB atau konstipasi [7]

Kacang adzuki ternyata memiliki berbagai macam manfaat yang dapat menyehatkan tubuh dan memiliki berbagai macam kandungan gizi. 

Efek Samping Pada Kacang Adzuki

Kacang adzuki selain memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh, juga memiliki beberapa efek samping yang ditimbulkan. Efek samping pada kacang adzuki dapat muncul apabila dikonsumsi terlalu sering.

Berikut ini beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh kacang adzuki :

  • Menimbulkan Gas

Kacang adzuki memiliki kandungan serat di dalamnya yang dapat menimbulkan gas pada usus. Hal ini dikarenakan, senyawa serat merupakan karbohidrat komplek yang membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk mencernanya.

Apabila senyawa karbohidrat komplek ini menumpuk pada usus, maka bakteri pada usus akan mencerna nya dan akan menghasilkan gas yang membuat perut menjadi kembung.

  • Antigizi

Kacang adzuki memiliki senyawa yang tergolong ke dalam senyawa antigizi, yaitu senyawa asam fitat. Asam fitat merupakan senyawa antinutrien yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan di dalam tubuh.

Asam fitat mengganggu penyerapan nutrisi dari makanan oleh tubuh dengan cara mengikat senyawa lain, seperti zat besi, mangan, dan kalsium. Ketika senyawa sudah berikatan dengan asam fitat maka tubuh tidak akan bisa menggunakan senyawa atau nutrisi tersebut. [8]

Jika dikonsumsi terlalu banyak Kacang adzuki dapat mengakibatkan tubuh kita kekurangan zat besi, mangan dan kalsium karena terlalu banyak asam fitat yang mengikat mineral tersebut.

Risiko Pestisida Pada Kacang Adzuki

Kacang adzuki memiliki nilai ekonomis yang tinggi di negara jepang karena banyak digunakan sebagai bahan makanan. Oleh karena nilai ekonomisnya yang tinggi tersebut, para petani menggunakan pestisida pada tanaman kacang adzuki.

Penggunaan pestisida ini tentunya meninggalkan residu pada tanaman kacang adzuki terutama pada bagian polong kacang adzuki. Namun, risiko residu pestisida yang tertelan oleh konsumen sangat lah kecil, dikarenakan bagian yang digunakan adalah biji dari kacang adzuki yang tidak terpapar oleh pestisida [9]

Namun, sebagai bentuk kewaspadaan sebaiknya sebelum mengolah kacang adzuki akan lebih baik untuk dicuci terlebih dahulu hingga bersih.

Kacang adzuki memiliki risiko yang minim terhadap residu pestisida, karena bagian yang digunakan, yaitu biji kacang adzuki tidak terpapar secara langsung oleh pestisida

Tips Menyimpan Kacang Adzuki

Kacang adzuki merupakan kacang yang memiliki kandungan air yang tinggi di dalamnya, hal ini memungkinkan kacang adzuki lebih cepat mengalami pembusukan apabila tidak disimpan secara benar.

Maka dari itu berikut ini beberapa langkah yang benar dalam menyimpan kacang adzuki agar dapat bertahan lama :

  • Cuci bersih terlebih dahulu kacang adzuki yang akan disimpan untuk menghilangkan bakteri atau hewan.
  • Setelah dicuci, angin-anginkan kacang adzuki hingga tidak lagi basah.
  • Siapkan wadah kaca atau toples kaca yang kedap udara. hal ini bertujuan agar ketika disimpan kacang adzuki tidak menyerap bau dari sayuran lain yang dapat merubah rasa dan tekstur.
  • Kacang adzuki yang telah kering dapat dimasukkan ke dalam toples dan kemudian tutup toples dengan rapat.
  • Setelah itu, masukkan toples yang berisi kacang adzuki ke dalam frezzer untuk dibekukan.

Proses pembekuan pada kacang adzuki bertujuan agar kadar air di dalam kacang adzuki juga ikut membeku yang artinya tidak terjadi proses pembusukan [2]

Selain itu, proses pembekuan juga dapat meminimalisir berkurangnya zat gizi yang ada di dalam kacang adzuki. Kemudian, dengan proses pembekuan ini kacang adzuki dapat bertahan sekitar 4 bulan lamanya [3]

Karena kandungan air yang tinggi, kacang adzuki mudah mengalami proses pembusukan, sehingga untuk mencegah hal tersebut dapat menggunakan proses pembekuan pada kacang adzuki

Tips Konsumsi Kacang Adzuki

Kacang adzuki yang merupakan jenis kacang yang berasal dari negara Jepang. Tentunya banyak olahan kacang adzuki yang berasal dari negara Jepang. Berikut ini beberapa tips konsumsi kacang adzuki :

Sebagai Isian Dorayaki

Kacang adzuki di negara jepang banyak digunakan sebagai isian dorayaki manis yang lezat untuk anak-anak, selain itu juga bisa digunakan sebagai isian roti biasa. Berikut ini langkah-langkah dalam membuat isian kacang adzuki yang lezat :

  • Siapkan kacang adzuki yang segar lalu cuci hingga bersih dengan air mengalir
  • Siapkan air dan rebus kacang adzuki hingga mendidih.
  • Setelah mendidih saring kacang adzuki dan masukkan kembali ke dalam panci. proses ini bertujuan agar rasa pahit pada kacang adzuki dapat menghilang.
  • Rebus kembali kacang adzuki selama 90 menit. Setelah itu, matikan kompor dan tutup kacang adzuki selama 20 menit.
  • Tiriskan kacang adzuki dari panci.
  • Masak gula putih dengan air hingga larut.
  • Masukkan kacang adzuki kedalamnya dan masak hingga tercampur rata.
  • Kemudian, masukkan gula merah dan sedikit garam ke dalamnya.
  • Masak hingga semua larut dan merata.
  • Setelah masak, dinginkan kacang adzuki dan setelah itu simpan di dalam kulkas untuk isian roti atau dorayaki.

Sup Kacang Adzuki

  • Cuci terlebih dahulu kacang adzuki hingga bersih menggunakan air bersih yang mengalir
  • Siapkan air dan rebus kacang adzuki hingga air mendidih.
  • Tiriskan air dan angin-anginkan kacang adzuki hingga kering. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa pahit pada kacang adzuki.
  • Siapkan bahan seperti daging sapi, sayur wortel, kubis dll.
  • Haluskan bawang putih dan bawang merah lalu tumis sebentar hingga wangi.
  • Masukkan air dan masukkan daging sapi.
  • Tambahkan garam, gula, lada dan bawang pre yang telah dipotong tipis.
  • Masukkan sedikit penyedap.
  • Setelah air agak agak panas, masukkan sayuran yang telah dipotong beserta kacang adzuki.
  • Masak hingga air mendidih lalu matikan api.
  • Sup kacang adzuki siap dihidangkan [1]
Kacang adzuki dapat diolah menjadi banyak makanan yang nikmat,namun proses pengolahan harus tetap memperhatikan kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment