Kentang Maris Piper: Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Sekilas Tentang Kentang Maris Piper

Kentang maris piper merupakan salah satu varietas dari kentang yang berasal dan banyak ditemukan di negara Inggris. Kentang maris piper juga merupakan salah satu tanaman yang paling banyak ditanam di negara inggris dan menjadi makanan pokok disana.

Kentang maris piper merupakan jenis kentang yang dihasilkan dari beberapa jenis kentang lainnya yang bertujuan untuk menghasilkan kentang yang tahan terhadap nematoda kista yang dapat merusak kentang.

Kentang maris piper sering kali disajikan dalam bentuk yang telah dihancurkan dan menyerupai bubur yang padat. Selain itu, kentang maris juga sering kali dijadikan sebagai keripik kentang [5].

Karakteristik Kentang Maris Piper

Kentang maris piper memiliki karakteristik yang agak sulit dibedakan dengan beberapa kentang lainnya, namun kentang maris piper tetap memiliki perbedaan apabila diamati lebih teliti.

Kentang Maris Piper

Salah satu karakteristik dari kentang maris adalah bentuknya yang oval. Selain itu, kentang maris piper juga memiliki kulit yang berwarna emas pucat. Pada bagian teksturnya kentang maris piper terkenal lebih lembut dan enak untuk dikonsumsi dibandingkan dengan jenis kentang yang lainnya.

Kemudian tumbuhan maris piper juga lebih tinggi dibandingkan dengan tumbuhan kentang jenis lainnya [5].

Kandungan Gizi Pada Kentang Maris Piper

Berikut ini kandungan gizi pada 100 g kentang maris piper mentah:

NamaJumlahUnit
Energy345kJ
Lemak0.5g
Karbohidrat17.5g
Gula0.8g
Starch16.7g
Serat1.6g
Protein1.8g
Natrium0.01g
Tiamin0.21mg
Kalium365mg

Kentang maris piper memiliki kandungan gula alami di dalamnya yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan energi bagi tubuh sekaligus dapat mengurangi kadar gula di dalam darah [2].

Kandungan Senyawa Pada Kentang Maris Piper

Kentang maris piper memiliki berbagai macam kandungan senyawa di dalamnya yang dapat menunjang kesehatan pada tubuh. Salah satu kandungan senyawa pada kentang maris piper adalah serat.

Serat merupakan senyawa yang umum dan hampir terdapat di semua tumbuhan dan hewan. Senyawa serat memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan juga berperan dalam mencegah berbagai macam penyakit.

Selain itu, kentang maris piper juga memiliki kandungan senyawa selenium di dalamnya yang bertindak sebagai antioksidan untuk mencegah efek dari radikal bebas [3,4].

Kentang maris piper memiliki berbagai macam kandungan senyawa di dalamnya yang dapat menunjang kesehatan tubuh

Manfaat Kentang Maris Piper Untuk Kesehatan

Kandungan gizi dan senyawa yang terdapat di dalam kentang maris piper memberikan manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kentang maris piper untuk kesehatan tubuh:

  • Mencegah Penyakit Maag

Kentang maris piper diketahui dapat dijadikan makanan bagi para penderita penyakit maag. Hal ini dikarenakan kentang maris piper ketika berada di lambung tidak menimbulkan asam lambung meningkat.

Selain itu, kentang maris piper diketahui sebagai makanan yang tidak menimbulkan pergerakan pada bakteri yang menjadi penyebab terjadinya maag atau peradangan pada organ lambung [3,4].

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Kentang maris piper memiliki kandungan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Beberapa kandungan gizi tersebut, seperti kalium, vitamin C, serat dan vitamin B6 yang memiliki berbagai macam peranan yang berbeda dalam menunjang kesehatan jantung.

Contohnya saja, seperti kalium yang diketahui dapat menghilangkan kandungan kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh, terutama pada bagian pembuluh darah dimana kolesterol dapat membuat sumbatan apabila menumpuk di dinding pembuluh darah.

Selain itu, kandungan serat juga dapat melarutkan kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh untuk dikeluarkan. Kadar kolesterol jahat yang terlalu tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit jantung, seperti jantung koroner dan gagal jantung [7,8]

Kondisi penumpukkan lemak pada pembuluh darah dan menyebabkan tersumbatnya aliran dana disebut sebagai atherosklerosis.
  • Membantu Pembentukan Tulang

Kentang maris piper juga diketahui memiliki peranan yang dapat menunjang pembentukan tulang pada anak-anak. Hal ini dikarenakan kentang maris piper memiliki kandungan gizi dan senyawa, seperti kalsium, magnesium dan juga vitamin K yang terdapat di dalamnya.

Kalsium memiliki peranan dalam merangsang tubuh untuk lebih banyak memproduksi senyawa osteocalcin yang merupakan senyawa yang mirip kegunaannya dengan kolagen, namun hanya terdapat pada bagian tulang saja.

Selain itu, kandungan magnesiumnya mampu memaksimalkan penyerapan kalsium pada makanan oleh tubuh. Kemudian vitamin K juga berperan dalam mengantarkan senyawa kalsium pada tulang dan mencegah terjadinya penimbunan senyawa kalsium pada pembuluh darah yang menyebabkan penyumbatan darah [7,9]

Osteocalin dan kolagen merupakan kedua senyawa yang fungsi dan manfaatnya hampir sama yaitu memperbarui sel-sel yang mati, namun hanya berbada pada letaknya
  • Kaya Akan Vitamin B

Kentang maris piper merupakan makanan yang kaya akan vitamin b yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa jenis vitamin B, seperti tiamin, niasin, asam pantotenat, riboflavin dan vitamin B6 terdapat pada kentang maris piper.

Masing-masing dari jenis vitamin B tersebut memiliki beberapa manfaat yang berbeda-beda bagi tubuh. Salah satunya adalah niasin yang memiliki manfaat dalam mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Selain itu, riboflavin yang merupakan jenis vitamin B3 memiliki manfaat dalam mengubah karbohidrat pada makanan menjadi energi yang kemudian disalurkan ke sel-sel dan jaringan tubuh [10]

Kentang maris piper juga dapat bermanfaat dalam mencegah timbulnya penyakit hipertensi pada tubuh. Hipertensi adalah kondisi dimana seseorang mengalami tekanan darah yang sangat tinggi.

Hipertensi diakibatkan dari tingginya kadar cairan pada tubuh yang membuatnya menjadi tidak stabil. Senyawa yang berperan dalam menstabilkan kadar cairan pada tubuh adalah kalium yang juga terdapat pada kentang maris piper.

Senyawa kalium memiliki peranan menstabilkan kadar cairan pada tubuh melalui proses penarikan yang dilakukan oleh ginjal [8].

Kandungan senyawa pada kentang maris piper memberikan berbagai macam manfaat kesehatan bagi tubuh

Efek Samping Kentang Maris Piper

Kentang maris piper selain memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan juga memiliki efek samping apabila cara mengonsumsinya yang salah. Berikut ini beberapa efek samping pada kentang maris piper:

Kentang maris piper dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti penyebab kegemukan pada tubuh. Hal ini dapat terjadi apabila kentang maris diolah dengan cara yang tidak sehat, seperti dijadikan sebagai kentang goreng.

Kentang maris piper yang diolah dengan cara digoreng lebih banyak mengandung kadar kolesterol jahat yang tinggi dibandingkan dengan kentang goreng yang diolah dengan cara dikukus.

Kandungan kolesterol jahat inilah yang akhirnya menumpuk pada tubuh terutama pada bagian perut dan menimbulkan kegemukan pada seseorang [5,6]

  • Meningkatkan Kadar Gula

Kentang maris piper merupakan salah satu dari jenis kentang yang juga memiliki ciri khas sebagai makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Perlu diketahui, indeks glikemiks adalah daftar makanan yang memiliki pengaruh cepat pada kadar gula tubuh.

makanan dengan indeks glikemik yang tinggi membuat karbohidrat yang ada di dalam makanan tersebut dipecah lebih cepat menjadi glukosa ketika dikonsumsi, sehingga menyebabkan cepatnya kadar gula dalam tubuh menjadi tinggi [6,7]

Mengonsumsi kentang maris piper seara berlebihan dan memasaknya dengan cara yang salah dapat menimbulkan berbagai macam efek samping pada tubuh

Tips Menyimpan Kentang Maris Piper

Kentang maris piper walaupun sangat tahan terhadap nematoda dan tidak seperti kentang jenis lainnya, kentang maris piper juga dapat membusuk dan tumbuhnya jamur apabila tidak disimpan dengan benar.

Berikut ini beberapa tips dalam menyimpan kentang maris piper dengan benar:

  • Bersihkan Terlebih Dahulu

Saat akan menyimpan kentang maris piper yang barus saja dibeli, hendaknya dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran yang melekat agar tidak menjadi penyebab pembusukan pada kentang.

Cara membersihkan kentang maris piper sama halnya dengan membersihkan kentang pada umumnya, yaitu mencucinya dengan air yang bersih dan kain lap bersih [1,3]

  • Jangan Kupas Kulit

Ketika hendak menyimpan kentang maris piper, jangan mengupas bagian kulitnya. Mengupas kulit kentang maris ketika akan menyimpannya dapat mempercepat terjadinya proses pembusukan pada kentang dan menjadikannya tidak tahan lama ketika disimpan.

Selain itu, mengupas kulit dari kentang maris piper yang akan disimpan dapat mengubah tekstur dan aroma kentang. Kemudian, salah satu efek dari kupasnya kulit kentang juga membuat berkurangnya kandungan gizi pada kentang maris piper [1,3]

  • Simpan Dalam Kulkas

Setelah kentang maris piper bersih, simpan kentang maris di dalam kulkas pada rak khusus sayur dan tidak tercampur dengan bahan yang lainnya. Kentang maris piper yang disimpan di dalam kulkas lebih tahan lama ketimbang disimpan di suhu ruangan [1,3]

Dengan tips menyimpan kentang maris piper diatas diharapkan dapat membuat kentang dapat bertahan lama ketika disimpan

Tips Konsumsi Kentang Maris Piper

Kentang maris piper sangat terkenal di negara Inggris dan seringkali dijadikan sebagai bahan dasar atau makanan pokok dalam sebuah masakan. Berikut ini beberapa tips konsumsi kentang maris piper:

Mash Potato

  • Siapkan beberapa kentang maris piper yang akan digunakan
  • Kemudian kupas bagian kulitnya dan cuci bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Potong menjadi empat bagian kentang.
  • Siapkan panci yang berisikan air lalu tambahkan sedikit garam.
  • Rebus air di dalam panci dan masukkan kentang maris piper yang telah dipotong.
  • Rebus kentang selama 10- 15 menit lamanya kemudian tiriskan kentang.
  • Diamkan kentang selama 4-5 menit agar dingin.
  • Siapkan penggorengan dan tambahkan mentega serta susu kedalamnya.
  • Masukkan kentang ke dalam penggorengan dan hancurkan sampai halus.
  • tambahkan lada dan garam kedalamnya serta aduk sampai rata.
  • Tiriskan masakan pada piring dan mash potato siap disajikan [1,3]

Kentang Maris Piper Kukus

  • Siapkan beberapa kentang yang akan digunakan
  • Kupas bagian kulit kentang dan cuci hingga bersih menggunakan air yang mengalir.
  • Kemudian siapkan alat pengukus dan isi dengan air.
  • Letakkan kentang maris piper yang telah dikupas ke dalam alat pengukus.
  • Kemudian hidupkan api dan kukus kentang maris piper hingga matang.
  • Matikan api dan tiriskan kentang yang telah matang pada piring.
  • Tambahkan sedikit garam dan lada untuk memberikan rasa pada kentang maris piper.
  • Kentang maris piper siap disajikan [1,3]
Yang terpenting dalam mengonsumsi maris piper adalah mempertahankan agar kandungan gizi dan senyawa pada kentang maris piper tidak berkurang ataupun berubah.
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment