Jintan Putih: Manfaat – Efek Samping dan Tips Penggunaan

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Sekilas Tentang Jintan Putih

Jintan putih merupakan salah satu biji-bijian yang berasal dari tumbuhan dalam keluarga Apiaceae dan memiliki nama latin Cuminum cyminum. Tumbuhan jintan putih berasal dari daerah laut tengah sampai ke India.

Tumbuhan jintan putih banyak dibudidayakan untuk dimanfaatkan bagian bijinya yang biasanya digunakan sebagai bahan untuk bumbu dapur atau rempah-rempah. Selain itu, jintan putih juga biasa digunakan dalam pengobatan tradisional.

Namun, penggunaan yang paling dikenal dari jintan putih adalah sebagai bahan bumbu kari [2,5].

Karakteristik Jintan Putih

Tumbuhan jintan putih memiliki beberapa karakteristik yang dapat membuatnya mudah dikenali dan dibedakan dengan tumbuhan yang lainnya. Salah satu yang menjadi ciri khas dari jintan putih adalah buahnya yang memiliki bentuk menggelondong.

Jintan Putih

Selain itu, tumbuhan jintan dapat tumbuh mencapai 30 cm dengan daunnya yang sudah tua memiliki bentuk menyirip, sedangkan daun mudanya yang berbentuk seperti benang.

Tumbuhan jintan putih juga memiliki bunga yang berwarna putih, merah hingga kuning dengan ukuran yang cukup kecil [2,5].

Perbedaan Jintan Putih Dengan Jintan Hitam

Jintan putih dan hitam merupakan kedua jenis biji yang berbeda, baik dari tumbuhan hingga rasa dan kegunaannya. Jintan putih memiliki warna biji putih, sedangkan jintan hitam memliki warna hitam legam.

Dari segi rasa, jintan putih memiliki aroma yang sangat kuat dan rasa yang cukup pedas, sedangkan jintan hitam memiliki rasa yang cukup kuat namun sedikit memiliki aroma.

Selain itu, jintan putih berasal dari bunga Cuminum cyminum, sedangkan jintan hitam berasal dari bunga Nigella sativa [2,5]

Kandungan Gizi Pada Jintan Putih

Berikut ini kandungan gizi pada 100 g jintan putih:

NamaJumlahUnit
Kalori374kcal
Natrium168mg
Lemak22g
Kalium1.788mg
Karbohidrat44g
Serat11g
Gula2,3g
Protein18g
Vitamin A1270UI
Kalsium931mg
Vitamin C7.7mg
Zat besi66.4mg
Magnesium366mg

Berdasarkan tabel kandungan gizi diatas bahwa jintan putih memiliki kandungan serat yang cukup banyak di dalamnya. Serat merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan organ pencernaan [1].

Kandungan Senyawa Pada Jintan Putih

Jintan putih diketahui memiliki kandungan senyawa yang dapat berguna dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu kandungan senyawa yang cukup dikenal pada jintan putih adalah cuminal.

Cuminal merupakan senyawa khas yang terdapat pada jintan putih yang mana senyawa cuminal ini memiliki sifat antijamur pada kulit. Senyawa cuminal dapat membunuh jamur yang menyebabkan gangguan kesehatan.

Selain itu, terdapat senyawa seperti sesquiterpen dan terpinan yang berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh [2,3].

Sesquiterpen merupakan senyawa turunan turunan dari terpinan yang memiliki berbagai macam manfaat baik bagi tubuh

Manfaat Jintan Putih Untuk Kesehatan

Jintan putih memiliki berbagai macam kandungan gizi yang cukup banyak di dalamnya yang mana kandungan gizi tersebut dapat memberikan manfaat yang cukup banyak bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat yang baik untuk jintan putih:

  • Menstabilkan Kadar Gula Darah

Jintan putih memiliki manfaat dalam mentasbilkan kadar gula di dalam darah. Hal ini dikarenakan jintan putih memiliki kandungan senyawa magnesium yang cukup tinggi di dalamnya.

Senyawa magnesium memiliki peran dalam merangsang organ pankreas pada tubuh untuk lebih banyak memproduksi hormon insulin yang berguna dalam mengkonversi kadar gula di dalam darah menjadi energi bagi tubuh.

Selain itu, senyawa seperti sesquiterpen juga dapat membantu dalam menstabilkan kadar gula pada darah dengan cara mempengaruhi usus agar tidak menyerap terlalu banyak gula pada makanan [2,4.9].

Hormon insulin diketahui dapat mengubah kadar gula di dalam darah menjadi energi yang kemudian disalurkan kepada seluruh sel di dalam tubuh
  • Kaya Akan Zat Besi

Jintan putih merupakan sumber yang cukup baik untuk mendapatkan senyawa zat besi bagi tubuh dikarenakan jintan putih tinggi akan senyawa zat besi. Senyawa zat besi diketahui memiliki peranan dalam produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Senyawa zat besi akan berikatan dengan hemoglobin dan myoglobin yang merupakan komponen utama sel darah merah yang berguna sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan tubuh.

Selain itu, zat besi juga dapat mencegah timbulnya penyakit anemia pada seseorang dikarenakan zat besi dapat merangsang produksi sel darah merah pada tubuh [5,6]

Zat besi merupakan salah satu komponen penting di dalam tubuh yang memiliki peranan kompleks dalam menjaga keseimbangan kesehatan tubuh
  • Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat yang lain dari jintan putih adalah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam jintan putih terdapat beberapa senyawa, seperti kalium, niasin, dan sterol di dalamnya.

Senyawa-senyawa tersebut memiliki peranan yang berbeda-beda dalam menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Salah satu contohnya adalah niasin yang diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dengan meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL ( High Density Lipoprotein).

Selain itu, senyawa kalium juga memiliki peranan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dengan cara menghancurkan penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah [2,3,4,10]

  • Kaya Akan Antioksidan

Jintan putih merupakan makanan yang kaya akan antioksidan di dalamnya. Beberapa antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti selenium, vitamin C dan alkaloid terdapat di dalam jintan putih.

Masing-masing dari senyawa antioksidan di dalam jintan putih tersebut memiliki peranang yang berbeda-beda di dalam tubuh. Salah satu contohnya adalah senyawa selenium yang dapat mengubah cairan racun di dalam tubuh menjadi cairan netral.

Selain itu, vitamin C nya juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna sebagai penangkal efek dari radikal bebas yang dapat menimbulkan penyakit kronis [3,7].

  • Baik Untuk Saluran Pencernaan

Jintan putih diketahui memiliki kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Senyawa serat merupakan senyawa yang dapat melancarkan buang air besar sekaligus menyembuhkan sembelit pada seseorang.

Hal ini dikarenakan serat dapat larut ddi dalam tubuh dan dapat membuat feses menjadi lebih lunak. Selain itu, serat juga dapat berguna dalam memberikan makanan bagi bakteri baik di dalam organ pencernaan [2,5].

Jintan putih diketahui memiliki berbagai macam manfaat yang baik untuk menunjang kesehatan tubuh dikarenakan memiliki berbagai macam senyawa penting bagi tubuh

Efek Samping Jintan Putih Pada Kesehatan

Walaupun jintan putih memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, namun jintan putih juga dapat menimbulkan efek samping yang buruk bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Berikut ini beberapa efek samping apabila mengonsumsi jintan putih secara berlebihan:

  • Hipoglikemia

Mengonsumsi jintan putih memang dapat digunakan untuk mengurangi kadar gula di dalam darah, namun apabila berlebihan dalam mengonsumsinya dapat mengakibatkan hipoglikemia pada tubuh. Hipoglikemia adalah sebuah kondisi dimana kadar gula dalam darah mengalami penurunan yang sangat drastis.

Penurunan kadar gula yang terlalu drastis ini dapat menimbulkan beberapa gejala gangguan kesehatan, seperti pusing, lemas ataupun mual. Selain itu, penurunan kadar gula yang terlalu drastis ini dapat menimbulkan kekurangan energi pada tubuh [4].

  • Memunculkan Ruam Pada Kulit

Jintan putih dapat menimbulkan ruam pada kulit apabila digunakan atau dioleskan pada kulit yang sensitiv. Hal ini dikarenakan kulit yang sensitiv kemungkinan tidak cocok dengan salah satu kandungan senyawa yang terdapat di dalam jintan putih.

Sehingga akibat ketidakcocokan ini akan menimbulkan ruam-ruam merah dan rasa gatal yang sangat pada kulit sensitiv [2,4].

Jintan putih pada dasarnya baik apabila digunakan dalam porsi yang tepat, namun dapat menimbulkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan

Tips Penggunaan Jintan Putih

Terdapat beberapa tips dalam menggunakan jintan putih agar kandungan gizi yang terdapat di dalam jintan putih dapat memberikan manfaat yang maksimal pada tubuh.

Berikut ini tips dalam menggunakan jintan putih:

Teh Rempah Jintan Putih

  • Siapkan 1 sendok teh dari jintan putih yang telah dibersihkan dan telah siap untuk diolah.
  • Kemudian, siapkan juga bahan-bahan lainnya, seperti ketumbar, garam himalaya, madu, jeruk nipis dan air panas.
  • Siapkan gelas yang akan digunakan.
  • Masukkan ketumbar dan jintan putih kedalam gelas tersebut.
  • Tambahkan air panas dan diamkan sebentar.
  • Tambahkan garam himalaya dan jeruk nipis kedalamnya kemudian aduk hingga tercampur.
  • Setelah itu masukkan madu dan aduk kembali.
  • Saring teh rempah menggunakan alat penyaring, kemudian sajikan selagi hangat.

Teh rempah jintan putih diketahui merupakan salah satu minuman yang nikmat sekaligus sehat untuk dikonsumsi secara teratur karena memiliki kandungan gizi dan senyawa yang cukup banyak [2,5,6].

  • Minyak Jintan Putih

Jintan putih juga dapat digunakan dengan cara mengubahnya minjadi sebuah produk minyak essensial, yang mana minyak ini berguna dalam memberikan manfaat kesehatan yang baik pada tubuh. Salah satu manfaat dari minyak jintan putih adalah dapat melancarkan saluran pencernaan di dalam tubuh

Cara membuat minyak jintan putih juga cukup mudah dan begitu sederhana, dimulai dari menyiapkan jintan putih segar yang akan diolah menjadi minyak. Kemudian, siapkan alat untuk menumbuk jintan putih dan tumbuk jintan putih hingga hancur dan sedikit mengeluarkan minyak.

Tambahkan minyak olive ke dalam tumbukan jintan putih dan aduk jintan putih sampai merata. Kemudian, pindahkan minyak jintan putih tersebut kedalam botol dan simpan sampai 1 minggu.

Setelah satu minggu, saring minyak jintan putih dan minyak jintan putih siap untuk digunakan [2,5]

  • Menjadikan Bubuk Jintan Putih

Jintan putih dapat digunakan dalam produk yang diubah menjadi bubuk. Bubuk jintan putih memiliki berbagai macam manfaat dan kegunaan, salah satunya yaitu bubuk jintan putih dapat digunakan dalam campuran makanan ataupun dimasukkan ke dalam kapsul untuk obat diabetes.

Cara membuat bubuk jintan putih juga cukup mudah, siapkan jintan putih yang akan digunakan dan cuci jintan putih menggunakan air yang mengalir. Setelah itu, jemur jintan putih sampai benar-benar mengering.

Masukkan jintan putih kedalam gilingan dan haluskan sampai menjadi bubuk. Jintan putih yang telah menjadi bubuk dapat disimpan di dalam plastik ziplock atau toples kaca yang dapat tertutup rapat [2,4,5]

Dengan beberapa metode penggunaan jintan putih diatas, diharapkan dapat memaksimalkan kandungan gizi dan manfaat baik yang ada di dalam jintan putih

Tips Menyimpan Jintan Putih

Agar tahan lama jinten putih harus disimpan dengan benar agar tidak mudah basi dan merubah aroma atau kandungan gizi yang ada di dalamnya. Berikut ini beberapa tips dalam menyimpan jintan putih dengan benar:

  • Siapkan jintan putih yang akan disimpan
  • Bersihkan terlebih dahulu menggunakan air yang mengalir.
  • Setelah itu, jemur jintan putih dibawah sinar matahari agar sedikit kering.
  • Siapkan wadah toples kaca yang akan digunakan untuk menyimpan jintan putih.
  • Setelah jintan putih kering, masukkan ke dalam toples kaca dan tutup rapat-rapat.
  • Pastikan tutup rapat-rapat toples kaca tersebut agar kedap udara.
  • Letakkan toples kaca yang berisikan jintan putih tersebut pada tempat yang sejuk dan tidak terkena cahaya matahari.

Jintan putih yang disimpan dengan cara yang benar dapat bertahan cukup lama terutama apabila dibersihkan dan dijemur terlebih dahulu untuk menghilangkan serangga dan kotoran yang menyebabkan jintan putih membusuk atau tengik [2,5].

Menyimpan jintan putih dengan cara diatas dapat membuat jintan putih bertahan lebih lama, namun dapat mengurangi kandungan gizi yang terdapat di dalamnya
Untuk mengonsumsi atau penggunaan obat herbal yang berasal dari bagian tumbuhan jintan putih akan lebih baik jika berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter atau ahli medis terdekat.
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment