Suplemen Nutrisi Oral : Manfaat – Cara Kerja, dan Efek Samping

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Malnutrisi merupakan keadaan yang umum, merupakan keadaan yang menggambarkan kekurangan, kelebihan atau ketidakseimbangan berbagai nutrisi. Kata malnutrisi sering digunakan secara sinonim dengan ‘kekurangan gizi’. Keadaan ini dapat muncul karena kurangnya asupan makanan, malabsorpsi, peningkatan dalam kekhilangan nutrisi atau perubahan kebutuhan metabolik[1].

Tanda malnutrisi yang paling jelas yaitu penurunan berat badan yang dikarenakan menipisnya lemak juga massa otot, termasuk dalam massa organ. Faktor terpenting dalam malnutrisi yaitu berkurangnya asupan makanan. Keadaan ini diduga karena terjadinya penurunan terhadap nafsu makan akibat perubahan sitokin, glukokortikoid, insulin dan faktor pertumbuhan mirip insulin[1].

Fungsi Suplemen Nutrisi Oral

Suplemen nutrisi oral merupakan produk yang mengandung makanan kaya energi dan protein. Suplemen nutrisi oral ditunjuk untuk seseorang dengan malnutrisi yang mempunyai penyakit kronis, keganasan atau anoreksia[2].

Suplemen nutrisi oral (ONS) merupakan cairan steril, semi padat atau bubuk. Suplemen ini menyediakan nutrisi makro juga mikro. Suplemen nutrisi oral (ONS) digunakan dalam keadaan akut juga terhadap kesehatan masyarakat untuk seseorang yang tidak dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya hanya melalui diet oral saja[11].

Penggunaan suplemen nutrisi oral (ONS), meliputi[11]:

  • Sindrom usus pendek
  • Disfagia
  • Malabsorpsi yang sulit diatasi
  • Persiapan pra-operasi untuk pasien yang kekurangan gizi
  • Penyakit radang usus
  • Gastrektomi total
  • Fistula usus
  • Malnutrisi terkait penyakit (kronis / akut)

Suplemen nutrisi oral (ONS) berperan dalam melengkapi asupan nutrisi dan informasi simultan seputar dengan peningkatan asupan oral yang harus disediakan. Pengobatan dengan agen ini dalam jangka pendek diresepkan selama penyakit akut, dan untuk seseorang dengan kondisi yang kronis dilakukan dalam jangka yang panjang[11].

Tidak semua suplemen nutrisi oral (ONS) bergizi lengkap, yang berarti tidak dapat digunakan sebagai satu-satunya sumber nutrisi. Kebutuhan nutrisi akan dipertimbangkan dengan penilaian diet individu, juga dalam hal preferensi rasa dan tekstur, untuk memastikan resep yang disesuaikan[11].

Penyakit yang Diatasi dengan Suplemen Nutrisi Oral

Penyakit yang diatasi dengan suplemen nutrisi oral, meliputi[2]:

  • Otitis Media Kronis
  • Diagnosis dan Investigasi
  • Suplementasi Diet
  • Gangguan Oksidasi Asam Lemak Rantai Panjang

Otitis media kronis merupakan keadaan yang mengacu pada perforasi membran timpani yang terus-menerus atau karena adanya kolesteatoma di telinga tengah. Kolesteatoma yaitu kista berlapis epitel skuamosa yang di dapat atau mungkin bawaan. Keadaan ini dikarenakan oleh epitel yang menetap pada telinga tengah selama tulang temporal berkembang[3].

Kolesteatoma berkembang dari kulit yang masuk ke telinga tengah setelah perforasi membran timpani. Kolesteatoma tidak menimbulkan rasa sakit, dan menyebabkan terjadinya gangguan terhadap pendengaran[3].

Gangguan oksidasi asam lemak (FAODs) merupakan kesalahan pada metabolisme bawaan yang disebabkan oleh gangguan oksidasi beta mitokondria atau transportasi asam lemak menggunakan jalur transpor karnitin. Pengobatan gangguan oksidasi asam lemak rantai panjang (LCFAODs) menghindari puasa, memberikan pengobatan agresif selama sakit, dan jika kurang kemungkinan suplementasi dengan karnitin[10].

Gangguan oksidasi asam lemak rantai panjang (LCFAODs) berbeda dalam membutuhkan diet yang dibatasi oleh lemak, memerlukan asupan protein yang lebih tinggi, dan suplementasi MCT sebagai substrat untuk beta oksidasi. Tujuan utama dari gangguan oksidasi asam lemak rantai panjang (LCFAODs) yaitu[10]:

  • Untuk membatasi lemak rantai panjang sebagai substrat dalam produksi energi, baik dengan mencegah oksidasi beta dan katabolisme
  • Membuat jumlah lemak rantai panjang makanan dibatasi, sambil tetap memberikan cukup nutrisi untuk pertumbuhan juga perkembangan yang normal

Seseorang dengan gangguan oksidasi asam lemak rantai panjang (LCFAODs) yang ringan atau sedang hanya akan mengalami gejala intermiten di saat beta oksidasi meningkat seperti selama otot latihan atau di saat puasa[10].

Penting untuk menghindari kekurangan akan asam lemak esensial. Sebagian besar konsumsi lemak rantai panjang yang harus berasal dari minyak yang kaya akan asam lemak esensial seperti mentega, daging berlemak dan lainnya. Untuk memenihhu asam lemak esensial juga dapat menggunakan suplementasi dengan minyak tertentu seperti kenari atau minyak biji rami, dalam memenuhi kebutuhan asam lemak esensial.[10].

Cara Kerja Suplemen Nutrisi Oral

Melalui arginine sebagai asam amino esensial yang bekerja dengan merangsang pelepasan hormon pertumbuhan manusia (hGH) dan prolaktin melalui hipofisis, sebagai pengganti, atau sebagai tambahan tes diagnostik lainnya. Juga merupakan konstituen penting dalam penyimpanan dan ekskresi amonia terhadap siklus urea dan agen pengasaman dalam kasus alkalosis metabolik parah[4].

Penyerapannya kisaran 20-30 menit dalam mencapai konsentrasi plasma puncaknya, berdistribusi dengan masuk ke dalam ASI dengan volume kisaran 33 L / kg. Melalui pembelahan hodrolitik oleh gugus guanidin obat ini dimetabolisma secara ekstensif di hati menjadi ornitin dan urea. Pengeluarannya melalui urin kisaran 16% dalam 90 menit pertama dengan paruh waktu kira-kira 42 ± 2 menit[4].

Contoh Obat Suplemen Nutrisi Oral

Suplemen nutrisi oral tersedia dalam bentuk kapsul, bubuk, minyak, cairan, emulsi dan larutan. Jenis obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter, sementara yang lainnya dijual bebas di apotek.

Contoh suplemen nutrisi oral yang dijual bebas dan dengan resep dokter termasuk[2]:

  • Potassium aminobenzoate
  • Arginine
  • Tyrosine
  • Medium chain triglycerides
  • Triheptanoin
  • Fat supplement

Potassium aminobenzoate merupakan bentuk garam kalium dari aminobenzoate. Yang memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antifibrotik. Obat ini akan meningkatkan pengambilan oksigen pada tingkat jaringan dan dapat membuat aktivitas monoamine oxidase (MAO) meningkat, yang akan membutuhkan okseigen sebagai substrat[7].

Arginine merupakan asam amino esensial, yang sering ditemukan pada situs aktif dalam protein juga enzim karena rantai sampingnya yang mengandung amina. Obat ini dapat mencegah atau mengobati penyakit jantung juga peredaran darah, dan melawan kelelahan serta menstimulasi sistem kekebalan[8].

Tirosin sebagai asam amino, merupakan pembangun protein yang secara alami terjadi di dalam tubuh. Dapat ditemukan pada makanan tertentu seperti daging, ikan, kacang-kacangan, susu, gandum, dan telur serta oat. Beberapa orang memiliki kadar tirosin yang rendah pada tubuhnya yang disebabkan oleh kondisi keturunan yang disebut dengan fenilketonuria (PKU)[6].

Tirosin diberikan sebagai suplemen untuk meningkatkan kadar tirosin pada penderita PKU. Obat ini juga telah digunakan untuk pengobatan alternatif sebagai bantuan yang mungkin akan efektif untuk membuat kinerja mental, kewaspadaan, atau memori meningkat[6].

Belum diketahui dengan pasti, apakah tirosin fektif dalam mengobati keadaan apapun. Obat ini belum mendapatkan persetujuan oleh FDA. Tirosin tidak digunakan sebagai pengganti obat yang telah diresepkan. Obat ini sering di jual sebagai suplemen herbal[6].

Triheptanoin telah mendapatkan persrtujuan oleh FDA pada 30 Juni 2020, yang diindikasikan untuk menyediakan kalori dan asam lemak dalam mengobati gangguan oksidasi asam lemak rantai panjang. Seseorang yang menggunakan obat ini cenderung tidak mengalami hipoglikemia, kardiomiopati, rhabdomiolisis, dan hepatomegali[9].

Efek Samping Suplemen Nutrisi Oral

Suplemen nutrisi oral dapat menyebabkan beberapa efek samping yang tidak di inginkan. Beberapa efek samping umum dari suplemen nutrisi oral termasuk[5,6]:

Penyakit ginjal, diabetes atau hipoglikemia kronis atau gula darah rendah, harus berhati-hati untuk menggunakan potassium aminobenzoate, beri tahu dokter tentang penyakit yang di derita. Juga katakan bila sedang hamil atau menyusui. Jangan berikan anak suplemen herbal / kesehatan tanpa nasihat medis[5].

Bila sudah menggunakan potassium aminobenzoate, tidak boleh mengkonsumsi obat sulfa, juga bila memiliki alergi terhadap potassium aminobenzoate, jangan gunakan obat ini[5].

Bila memiliki keadaan tertentu seperti tiroid yang terlalu aktif, berarti tidak dapat menggunakan tirosin. Jika memilih obat ini sebagai suplemen nutrisi, gunakan sesuai yang sudah diarahkan olrh dokter atau petunjuk pada kemasan. Jangan menggunakan produk lebiih dari yang di resepkan[6].

Menggunakan arginine dapat menimbulkan hiperkalemia berat dengan spironolakton pada seseorang dengan gangguan hati berat[4].

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment