Manggis: Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Tentang Manggis

Manggis
Manggis

Manggis merupakan salah satu buah yang banyak diproduksi dan dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia.

Manggis dikenal sebagai “ratu buah” karena rasa dari buah yang khas dan memberikan sensasi menyenangkan untuk indera perasa kita [1].

Selain rasanya yang unik, buah ini juga digunakan sebagai obat tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit manusia. [1].

Terdapat laporan bahwa kulit dan biji manggis dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran pencernaan, ditemukan dari hampir dua ratus tahun yang lalu [1].

Fakta Menarik Tentang Manggis

Berikut adalah fakta-fakta yang belum kita tahu tentang manggis [2, 3] :

  • Manggis memiliki rasa sedikit asam yang seperti campuran antara jeruk dan buah persik.
  • Kulit manggis dapat digunakan untuk perawat kulit di Cina.
  • Kulit manggis juga dapat digunakan sebagai pewarna alami untuk menghindari pewarna pakaian yang nodanya tidak bisa dihilangkan.
  • Manggis sering disebut sebagai superfruit karena kandungan gizi dan antikoksidan yang sangat tinggi.
  • Manggis merupakan buah nasional Thailand.
  • Pohon manggis merupakan tumbuhan yang dapat bertahan hidup di alam selama 100 tahun.
  • Di negara Kamboja, daun manggis dapat dimakan dengan hidangan ikan panggang.
  • Manggis sebenarnya berasal dari Indonesia loh! Kepulauan Maluku dan Kepulauan Sunda di Indonesia merupakan tempat buah ini berasal.
  • Pohon manggis akan tumbuh dan berkembang hanya pada di zona iklim tropis.

Kandungan Gizi Manggis

Selain dikenal rasanya yang khas, manggis juga dikenal dengan buah yang kaya akan gizi dan sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Berikut adalah kandungan gizi pada buah manggis per 100 gram :

IDNmedis.com Info Gizi (Per 100 Gram)
Manggis, kaleng, paket sirup
Kalori:73Kalori Dari Lemak:4.9
  %Kebutuhan Harian
Total Lemak0.6      g 0.89 %
Lemak Jenuh0        0    %
Lemak Trans0        0    %
Kolesterol0        mg 0   %
Sodium7        mg 0.29 %
Total Karbohidrat17.9     g 5.97 %
Serat1.8      g 7.2  %
Gula0         
Protein0.4      g 0.82 %
Vitamin A0.7 %Vitamin c4.83 %
Kalsium1.2 %Zat besi1.67 %
© IDNmedis.com

Src : Manggis, kaleng, paket sirup

*Kebutuhan harian berdasarkan diet 2,000 kalori. Kebutuhan anda bisa lebih besar/kecil.

Top 10 Gizi
Penyajian 100gr%Kebutuhan Harian
Folat31       mcg8 %
Serat makanan1.8      g7 %
Mangan0.1      mg5 %
Total Karbohidrat17.9     g6 %
Vitamin C2.9      mg5 %
Tiamin0.1      mg4 %
Riboflavin0.1      mg3 %
Magnesium13       mg3 %
Tembaga0.1      mg3 %
Kalori73      4 %
© IDNmedis.com

Src : Manggis, kaleng, paket sirup

  • Manggis mengandung kalori yang rendah yaitu 73, sangat cocok untuk orang yang ingin menurunkan berat badan.
  • Manggis mengandung berbagai nutrisi penting: garam mineral, vitamin penting seperti vitamin C, serat dan nutrisi lainnya.
  • Manggis mengandung folat yang baik untuk sel-sel tubuh pada manusia.

Manfaat Manggis

Di beberapa negara, manggis tidak hanya dikonsumsi sebagai buah saja namun juga digunakan sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan penyakit manusia.

Selain itu, manggis juga kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh manusia.

Berikut adalah beberapa manfaat manggis untuk kesehatan tubuh pada manusia :

  • Memungkinkan sebagai Anti-Kanker

Manggis mengandung xanthones yang dapat menghentikan pentumbuhan sel kanker yang bisa berada pada dada, perut, atau jaringan paru-paru [4].

Beberapa studi yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa xanthones yang berpotensi untuk mencegah dan mengobati kanker [4].

Dari penelitian dan informasi yang didapatkan, penelitian ini memiliki bukti kuat bahwa manggis dapat mencegah sel kanker tumbuh pada tubuh manusia.

  • Mengatur Gula Darah

Pada penelitian yang pernah dilakukan pada wanita yang mengalami obesitas, wanita tersebut mengkonsumsi ekstrak manggis sebanyak 400 mg tiap hari [5].

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa terjadi penurunan drastis pada resistensi insulin dan faktor-faktor terkena diabetes [5].

Buah ini mengandung serat yang dikombinasikan dengan xanthone dapat mengatur stabilitas gula darah dan mengontrol diabetes pada manusia [5].

  • Menambah Imun pada Tubuh Manusia

Manggis mengandung vitamin C dan serat yang berfungsi baik untuk sistem imun pada manusia.

Serat memiliki bakteri yang baik untuk kesehatan usus manusia dan berperan penting untuk sistem imunitas tubuh manusia [6].

Vitamin C sangat berperan penting untuk sel darah putih karena dapat meningkatkan jumlah pembuatan sel darah putih dalam tubuh manusia [7].

Pada penelitian selama 30 hari, 59 orang mengkonsumsi suplemen manggis dan menunjukkan penurunan tanda peradangan dan peningkatan jumlah sel kekebalan tubuh [8].

  • Kesehatan Jantung

Penelitian yang dilakukan dengan hewan menunjukkan bahwa ekstrak manggis secara efektif mengurangi faktor-faktor mengurangi risiko penyakit jantung [9].

Dengan melakukan peningkatan pada kolesterol (HDL) yang baik untuk tubuh dapat mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol LDL dan c[10, 11].

  • Kesehatan Pencernaan

Manggis mengandung serat yang tinggi, sehingga cocok untuk membantu menurunkan berat badan serta membuat usus bekerja lebih teratur [12].

Dengan mengkonsumsi pericarp dan kulit buah manggis dapat membantu menyembuhkan penyakit pencernaan seperti diare dan disentri [12].

  • Kesehatan Kulit

Terdapat penelitian selama 30 hari yang dilakukan oleh manusia, dengan mengkonsumsi 100 mg ekstrak manggis setiap hari dapat berdampak baik bagi kulit [13].

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa terjadi peningkatan pada elastisitas kulit manusia dan mengurangi risiko penuaan terhadap kulit [13].

Para ilmuwan telah mengkonfirmasi bahwa antioksidan dan sifat antiinflamasi manggis berperan dalam melindungi kulit [13].

  • Kaya akan Antioksidan

Salah satu komponen penting yang ada pada manggis adalah antioksidannya yang unik.

Manggis mengandung beberapa nutrisi yang memiliki antioksidan seperti vitamin C, folat, dan xhantones yang memiliki antioksidan sangat kuat [14].

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, aktivitas xanthones menyebabkan efek anti-inflamasi, anti-kanker, anti penuaan dan anti diabetes. [1].

  • Mengobati Infeksi Jerawat Dan Mikroba

Ekstrak manggis memiliki sifat anti-mikroba yang sangat baik. Beberapa strain bakteri rentan terhadap fitokimia yang ada pada manggis [25, 26].

Xanthone pada manggis dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh infeksi Propionibacterium acnes, yang biasanya dikenal sebagai jerawat [25].

Sebuah penelitian dilakukan dengan pasien yang memiliki jerawat menggunakan ekstrak kulit buah manggis pada wajah mereka selama 12 minggu [27].

Ekstrak kulit tersebut menunjukkan sekitar 67% pengurangan komedo, lesi inflamasi, dan bekas luka [27].

Xanthone dalam buah ini dapat menghambat jamur dari spesies Epidermophyton, Alternaria, Mucor, Rhizopus, dan Aspergillus [25].

  • Mengatur Tekanan Darah

Buah ini memiliki beberapa nutrisi yang dapat membantu dalam mengatur tekanan darah dalam tubuh seperti kalium, tembaga, magnesium, dan mangan.

Manggis mengandung potasium yang pentung untuk mengontrol detah jantung [28].

Xanthone dalam manggis dapat menunjukkan efek kardioprotektif. Mereka melawan radikal bebas dan penumpukan kolesterol dalam oembuluh darah [29].

Sifat antioksidan pada xanthone dapat menurunkan risiko aterosklerosis dan serangan jantung. Inilah mengapa manggis dapat melindungi diri dari hipertensi [29].

  • Membantu Penyembuhan Gangguan Mood

Dari penelitian yang sudah dilakukan, ditemukan bahwa ekstrak kulit manggis memiliki sifat neurobiologis dan bisa digunakan untuk pengobatan penyakit mental tertentu [30].

Menurut penelitian tersebut, sifat anti-oksidan, anti-inflamasi, anti-apoptosis, neutoprotektif, dan peningkatan mitokondria manggis berguna sebagai pengobatan [30].

Sifat-sifat dari manggis itu bisa digunakan sebagai pengobatan terapeutik dan pengobatan psikiatrik tambahan untuk skizofrenia dan gangguan bipolar [30].

  • Penyembuhan Tubercolosis

Manggis memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat dan sangat efektif dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sifat penghambatannya terhadap bakteri berbahaya dapat berguna untuk pasien yang menderita TBC [31].

  • Membantu Permasalahan Menstruasi

Manggis dapat berguna dapat mengurangi gejala pramenstruasi seperti pusing, perubahan suasana hati, hipertensi, dan lain-lain.

Secara tradisional, akar buah ini telah digunakan di berbagai daerah di Indonesia untuk mengatur siklus menstruasi wanita [32].

  • Penurunan Berat Badan

Dalam satu studi yang dilakukan, 8 minggu, orang yang melakukan diet dengan menggunakan jus manggis dua kali sehari cenderung memiliki BMI yang rendah [15].

Penelitian tambahan tentang manggis, dikatakan bahwa efek anti-inflamasi buah berperan dalam meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan [16].

Efek Samping Manggis

Manggis memiliki beberapa efek samping yang jika dikonsumsi secara berlebihan, berikut adalah efek sampingnya :

  • Memperlambat Pembekuan Darah

Mengkonsumsi manggis dapat meningkatkan risiko perdarahan selama atau setelah operasi. Ini diakibatkan xanthones yang terkandung dalam manggis [33].

Menurut penelitian yang dilakukan, buah ini terbukti dapat membuat darah lambat melakukan pembekuan pada individu yang sensitif [17].

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa manggis mungkin memiliki reaksi terhadap alergi. Namun bukti terhadap hal ini sangatlah terbatas [34].

Para peneliti menguji pasien dengan alergi serbuk sari birch dan menemukan bahwa seluruh pasien tidak bisa mentolerir buah apapun termasuk manggis [35].

  • Menyebabkan Sedasi

Para peneliti mempelajari efek farmakologis dari α-mangostin pada manggis dan turunannya. α-mangostin pada percobaan ini menghasilkan deprsi SSP [18].

Karakteristik depresi SSP ini termasuk sedasi, ptosis, penurunan aktivitas motorik, potensiasi waktu tidur pentobarbital dan anestesi eter [18].

  • Menyebabkan Masalah Gastrointestinal

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pasien mengalami masalah pencernaan setelah mengkonsumsi manggis selama lebih dari 26 minggu [5].

Beberapa gejala yang terjadi adalah kembung, diare, refluks lambung, dan juga sembelit pada pencernaan manusia [5].

Asidosis laktat adalah suatu kondisi yang ditandai dengan akumulasi laktat dalam tubuh. Ini terjadi karena pembentukan pH terlalu rendah dalam aliran darah.

Sebuah studi dilakukan, didapati bahwa asidosis laktat parah terjadi karena konsumsi jus manggis sebagai suplemen makanan [19].

Jika kondisi ini tidak diobati, dapat menyebabkan penumpukan asam dalam tubuh ke tingkat berbahaya yang mengarah pada syok dan kematian [20].

  • Menyebabkan Komplikasi Selama Kehamilan

Mengkonsumsi buah manggis selama kehamilan masih belum diketahui. Namun, lebih baik jika wanita yang sedang hamil menghindari konsumsi manggis selama masa kehamilan [21].

Jika Anda biasanya rentan terhadap alergi atau reaksi, Anda mungkin harus konsultasi dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi buah.

Bagaimana Cara Menyimpan Manggis

Berikut adalah beberapa tips dan informasi tentang penyimpanan buah manggis [22, 23]:

  • Anda dapat menyimpan manggis dengan kemasan apapun seperti plastik dengan kualitas khusus dan diletakkan di ruang dingin dengan suhu 8-10 derajat C.
  • Perlu diketahui bahwa cara pengemasan tidak mempengaruhi umur dari manggis.
  • Namun, cara dan jenis pengemasan memiliki perbedaan dalam pengurangan kelembaban dari buah.
  • Jenis plastik khusus yang bisa digunakan adalah polyproylene, hdpe, dan ldpe.
  • Diantara ketiga jenis plastik tersebut, plastik polyproylene merupakan plastik yang paling tidak efektif untuk mempertahankan kelembaban buah.
  • Sedangkan plastik hdpe dan ldpe cukup efektif untuk mencegah kehilangan kelembaban buah.
  • Manggis jika tidak diletakkan pada ruang dingin maka hanya akan bertahan selama 3-5 hari saja.
  • Namun, jika manggis diletakkan pada ruang dingin maka akan bertahan selama beberapa minggu.

Tips Konsumsi Manggis

Berikut adalah beberapa tips bagaimana mengolah buah manggis sebagai bahan konsumsi [24] :

  • Terdapat dua cara untuk mengupas buah manggis, yaitu dengan tangan kosong atau dengan menggunakan pisau.
  • Hal pertama sebelum mengupas buah adalah Anda harus mencabut daun buah manggis yang berada di atas buah terlebih dahulu.
  • Anda cukup menekan manggis dengan kedua tangan sampai buah tersebut terbuka, kemudian Anda bisa mengupasnya.
  • Jika menggunakan pisau anda cukup memotong buah manggis secara horizontal tepat pada bagian tengah cangkang buah.
  • Anda cukup mengambil daging buah satu per satu menggunakan tangan Anda.
  • Pada setiap daging buah terdapat biji yang tidak bisa Anda makan, namun kulit buah manggis dapat Anda olah karena memiliki manfaat baik untuk tubuh kita.
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment