16 Cara Meningkatkan Kesuburan Wanita secara Efektif

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Kesuburan wanita umumnya dapat dipengaruhi oleh sejumlah penyakit ginekologi dan sistemik, faktor gaya hidup dan kondisi lingkungan. Hal ini termasuk juga jenis pekerjaan yang penuh tekanan, nutrisi yang tidak seimbang dan pola makan yang tidak sehat [1].

Adapun berikut ini adalah 16 cara alami yang dapat digunakan sebagai usaha untuk membantu meningkatkan kesuburan wanita [2]:

1. Konsumsi Makanan Yang Kaya Antioksidan

Kesuburan wanita dapat ditingkatkan dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan. Dalam hal ini, antioksidan dapat berupa folat maupun mineral seng yang dapat mengatasi radikal bebas dalam tubuh.

Apa hubungannya radikal bebas dengan kesuburan wanita? Jadi, radikal bebas ini diketahui dapat merusakn sel telur sehingga harus disingkirkan, salah satunya yaitu dengan antioksidan.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, konsumsi folat yang lebih tinggi memiliki hubungan erat dengan meningkatnya implantasi, kehamilan klinis dan kelahiran hidup menjadi lebih tinggi.

Adapun sumber antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita antara lain buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Sumber makanan tersebut kaya akan antioksidan bermanfaat, seperti vitamin C, vitamin E, folat, beta karoten, dan lutein.

2. Sarapan Dengan Porsi Yang Lebih Besar

Sarapan dengan porsi yang lebih besar diketahui dapat membantu mengatasi masalah kesuburan pada wanita. Mengingat, hasil penelitian menunjukkan bahwa [2]:

  • Dengan sarapan dalam porsi yang lebih besar dapat meningkatkan efek hormonal sindrom ovarium polikistik (PCOS) yang dapat menyebabkan masalah kesuburan wanita
  • Kalori dari sarapan dengan porsi lebih besar dapat mengurangi insulin sebesar delapan persen, di mana dalam kadar tinggi insulin dapat berkontribusi pada masalah kesuburan wanita
  • Peningkatan kesuburan dengan ovulasi yang lebih besar dialami oleh wanita yang sarapan dengan porsi lebih besar dibandingkan wanita yang sarapan dengan porsi lebih sedikit

Adapun sebelum meningkatkan porsi sarapan, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter maupun ahli gizi agar dapat dilakukan dengan tepat dan menghindari risiko.

Mengingat, peningkatan porsi sarapan yang tidak diimbangi dengan pengurangan porsi makan malam mungkin dapat menyembabkan risiko penambahan berat badan.

3. Hindari Konsumsi Lemak Trans

Konsumsi lemak sehat memang dapat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk meningkatkan kesuburan. Namun, konsumsi lemak trans justru sebaliknya.

Efek negatif lemak trans tidak lain adalah meningkatkan risiko infertilitas ovulasi dengan mempengaruhi sensitivitas dari insulin.

Untuk itu, menghindari konsumsi lemak trans sebagaimana terkandung pada margarin, makanan goring, produk olahan, makanan panggang merupakan langkah yang penting untuk meningkatkan kesuburan wanita.

4. Kurangi Asupan Karbohidrat Bagi Wanita Dengan PCOS

Wanita yang memiliki kondisi PCOS sangat disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Mengingat, mengurangi asupan karbohidrat dapat bermanfaat bagi wanita dengan PCOS, termasuk [2]:

  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Mengurangi kadar insulin
  • Mendorong penurunan lemak
  • Membantu keteraturan menstruasi

5. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat ternyata bukan hanya perlu diperhatikan kadarnya saja, melainkan jenisnya juga perlu diperhatikan. Untuk meningkatkan kesuburan wanita, penting untuk mengurangi konsumsi jenis karbohidrat olahan seperti [2]:

  • Makanan dan minuman manis
  • Olahan biji-bijian (pasta putih, roti dan nasi)

Perlu juga diketahui bahwa, karbohidrat jenis ini sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah dan insulin dengan cepat.

Jika insulin meningkat, maka tubuh akan memproduksi hormon reproduksi lebih sedikit karena insulin dianggap mirip dengan hormon ovarium. Jika hal ini terjadi, maka proses pematangan sel telur dan ovulasi akan dapat berkurang.

6. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Konsumsi makanan kaya serat seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan dapat membantu wanita meningkatkan kesuburannya. Mengingat, serat dapat bermanfaat untuk [2]:

  • Membuang kelebihan hormon estrogen, yang diikat diusus dan dibuang sebagai produk limbah
  • Menjaga keseimbangan gula darah

Adapun asupan serat yang direkomendasikan bagi wanita yaitu sebesar 25 gram per harinya. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa, konsumsi 10 gram lebih banyak serat sereal per hari dapat menurunkan risiko infertilitas ovulasi pada wanita yang lebih tua dari 32 tahun. 

7. Mengganti Konsumsi Protein Hewani Dengan Nabati

Risiko masalah kesuburan diketahui dapat diturunkan dengan mengganti konsumsi asupan nutrisi protein hewani dengan protein nabati.

Adapun hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi konsumsi daging, ikan dan telur, kemudian menggantinya dengan konsumsi kacang-kacangan, kacang-kacangan, dan biji-bijian).

8. Pilih Produk Susu Tinggi Lemak

Susu tinggi lemak diketahui dapat membantu meningkatkan kesuburan wanita. Hal ini dibuktian dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi susu tinggi lemak satu atau lebih porsi per hari, lebih kecil kemungkinannya untuk tidak subur.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengganti konsumsi susu rendah lemak dengan susu tinggi lemak seperti segelas susu murni atau yogurt.

9. Konsumsi Multivitamin

Untuk meningkatkan kesuburan, konsumsi multivitamin yang mengandung mikronutien mungkin dapat sangat membantu. Selain itu, konsumsi multivitamin juga sangat bermanfaat bagi wanita yang mencoba untuk hamil, khususnya multivitamin yang mengandung folat.

10. Olahraga Dengan Tepat

Olahraga yang dilakukan dengan tepat dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, termasuk dalam meningkatkan kesuburan. Namun, olahraga yang dilakukan secara berlebihan sebaliknya dapat menurunkan kesuburan.

Oleh karena itu, rencanakan olahraga yang tepat dengan dokter atau ahli kesehatan yang terpercaya. Mengingat, setiap orang mungkin akan memiliki kebutuhan olahraga yang berbeda-beda.

11. Meminimilasir Stres

Stres diketahui dapat mempengaruhi atau menekan kesuburan seseorang. Oleh karena itu, meminimalisir stress akan sangat bermanfaat untuk wanita yang sedang berusaha untuk hamil.

Melakukan hal yang menyenangkan, mungkin dapat menjadi salah satu cara. Namun, jika merasa perlu untuk bantuan lebih lanjut maka sangat disarankan berkonsultasi pada ahli.

12. Mengurangi Konsumsi Kafein

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, wanita yang mengonsumsi lebih dari 500 mg kaafein setiap hari membutuhkan waktu 9,5 bulan lebih lama untuk hamil, dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi kafein.

Meskipun hubungan yang kuat antara kafein dan kesuburan belum dibuktikan pada penelitian tersebut, mengurangi konsumsi kafein mungkin akan lebih tepat untuk dilakukan.

13. Menjaga Berat Badan Yang Sehat

Berat badan dan kesuburan diketahui memiliki keterkaitan yang penting untuk diperhatikan siapa saja yang ingin meningkatkan kesuburan. Mengingat, kekurangan maupun kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko ketidaksuburan.

Perlu diketahui bahwa, jumlah lemak dalam tubuh berkaitan dengan fungsi mentruasi.  Misalnya saja, seorang yang obesitas mungkin lebih berisiko mengalami menstruasi yang tidak teratur, gangguan perkembangan sel telur dan kurangnya ovulasi.

Untuk itu, menjaga berat badan yang sehat adalah hal yang penting untuk dilakukan. Bukan hanya untuk meningkatkan kesuburan, namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

14. Mencukupi Kebutuhan Zat Besi Tubuh

Mencukupi kebutuhan zat besi tubuh merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan. Adapun, beberapa wanita yang kekurangan zat besi dapat mencukupi kadar zat besi tubuhnya dengan konsumsi suplemen zat besi non-heme.

Namun, konsumsi suplemen zat besi masih belum dikonfirmasi kebutuhannya pada wanita yang sudah memiliki kandungan zat besi yang cukup. Untuk itu, memeriksakan kadar zat besi adalah langkah yang tepat untuk menentukan langkah yang akan dilakukan.

15. Hindari Konsumsi Alkohol

Konsumsi alkohol tidak hanya dapat menyebabkan masalah kesuburan, namun juga kesehatan tubuh secara umum.

Sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa, wanita yang mengonsumsi alkohol dengan kadar tinggi lebih banyak yang memeriksakan diri kedokter terkait masalah kesuburan (infertilitas).

Untuk itu, menghindari konsumsi alkohol tidak hanya akan meningkatkan kesuburan namun juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

16. Konsumsi Suplemen Alami

Kesuburan wanita diketahui juga dapat ditingkatkan dengan konsumsi suplemen alami. Namun, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen alami ini, ada baiknya untuk berkonsultasi kepada dokter atau ahli gizi agar diketahui benar apakah membutuhkan tambahan suplemen atau tidak.

Adapun berikut ini merupakan beberapa contoh suplemen alami yang mungkin dapat dikonsumsi [2]:

  • Maca
  • Bee pollen
  • Propolis lebah
  • Royal jelly

Tips Cepat Meningkatkan Kesuburan Secara Alami

Berikut ini merupakan beberapa tips cepat yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesuburan wanita secara alami [2]:

  • Perbanyak konsumsi suplemen atau makanan yang kaya antioksidan seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Perbanyak porsi sarapan dan kurangi porsi makan malam
  • Kurangi atau hindari mengonsumsi makanan tinggi lemak trans seperti margarin, makanan goring, produk olahan, makanan panggang
  • Konsumsi minyak zaitun murni yang mengandung lemak sehat
  • Kurangi konsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi untuk menghindari meningkatnya kadar insulin, khususnya jika memiliki kondisi PCOS
  • Kurangi konsumsi karbohidrat olahan seperti makanan dan minuman manis serta olahan biji-bijian (pasta putih, roti dan nasi)
  • Tingkatkan konsumsi makanan kaya serat seperti biji-bijian, buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan
  • Kurangi konsumsi sumber makanan kaya protein hewani
  • Konsumsi lebih banyak sumber makanan kaya protein nabati
  • Hindari konsumsi prosuk susu yang memiliki kandungan lemak yang rendah
  • Konsumsi lebih banyak produk susu yang tinggi lemak seperti segelas susu murni atau yogurt untuk meningkatkan peluang hamil
  • Konsumsi multivitamin khususnya yang mengandung folat jika makanan sehari-hari tidak mencukupi nutrisi yang dibutuhkan tubuh
  • Kurangi konsumsi produk yang mengandung kafein
  • Lakukan olahraga dengan tepat, tidak berlebihan dan sesuai dengan anjuran dokter
  • Melakukan hal yang menyenangkan atau mengelola stres dengan tepat
  • Meningkatkan berat badan yang kurus menjadi berat badan yang lebih sehat
  • Turunkan berat badan yang obesitas menjadi berat badan yang lebih sehat
  • Konsumsi suplemen zat besi sesuai petunjuk dokter jika memang dibuthkan
  • Konsumsi suplemen alami seperti maca, bee pollen, propolis lebah dan royal jelly jika dibutuhkan
  • Hindari konsumsi alkohol karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan, termasuk kesuburan
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment