Jamur Pom Pom: Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Sekilas Tentang Jamur Pom Pom

Jamur pom pom atau yang lebih dikenal dengan nama jamur surai singa merupakan salah satu dari jenis jamur yang dapat dimakan dan termasuk ke dalam jenis jamur gigi.

Jamur pom pom memiliki nama latin Hericium erinaceus dan memiliki beberapa nama lain yang berbeda-beda setiap daerah, seperti Lion’s Mane Mushroom, Monkey Head Mushroom, dan Bearded Tooth Mushroom.

Pada alam liar jamur ini dapat tumbuh ketika musim panas dan biasanya akan tumbuh di batang pohon yang sangat keras [1,2]

Karakteristik Jamur Pom Pom

Jamur pom pom memiliki karakteristik yang sangat berbeda dengan jenis-jenis jamur yang dapat dimakan lainnya. Jamur pom pom memiliki bentuk bulat dan memiliki warna putih.

Jamur pom pom

Sedangkan, bentuk fisik jamur pom pom memiliki bulu-bulu yang panjang seperti duri namun halus dan lembut. Dikarenakan bulu-bulu halus ini jamur pom pom juga dinamai dengan jamur surai singa karena mirip dengan surai singa.

Jamur pom pom juga dapat tumbuh sekitar 5-40 cm dengan tekstur dan rasa seperti daging sapi ketika di masak [1,2]

Kandungan Gizi Pada Jamur Pom Pom

Berikut ini kandungan gizi yang terdapat pada 100 g jamur pom pom:

NamaJumlahUnit
Kalori24kcal
Karbohidrat3.6g
Protein2.4g
β-Glucans
Sterols
Terpenoids

Jamur pom pom memiliki beberapa kandungan gizi yang penting di dalamnya, seperti protein yang merupakan kandungan gizi yang sangat kompleks di dalam tubuh [3].

Kandungan Senyawa Pada Jamur Pom Pom

Kandungan senyawa pada jamur pom pom dapat memberikan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan. Salah satu kandungan senyawa pada jamur pom pom tersebut, seperti sterols.

Sterol merupakan senyawa yang terdapat di dalam jamur pom pom yang memiliki manfaat dalam mengurangi kandungan kolesterol di dalam tubuh. Sterol diketahui dapat menghambat penyerapan kolesterol pada usus kecil sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh [4].

Sterol merupakan kandungan senyawa yang terdapat pada semua jenis jamur, yang menjadikan jamur dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

Manfaat Jamur Pom Pom Untuk Kesehatan

Jamur pom pom dengan kandungan gizi dan senyawa di dalamnya dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari jamur pom pom untuk kesehatan:

  • Baik Untuk Kesehatan Otak

Jamur pom pom diketahui memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan otak, terutama yang berhubungan dengan sel otak, saraf dan juga fungsi kognitif pada otak.

Jamur pom pom diketahui memiliki kandungan senyawa yang dapat menumbuhkan kembali sel-sel otak yang telah mati. Senyawa pada jamur pom pom yang dapat menumbuhkan kembali sel otak ini bernama neuron.

Selain, sel-sel otak yang mati neuron juga dapat menumbuhkan atau memperbaiki kembali sel saraf yang telah rusak. Kemudian, senyawa neuron juga dapat meningkatkan fungsi kognitif pada otak yang berupa penguatan ingatan dan mencegah timbulnya penyakit alzehimer [1,5]

Otak merupakan salah satu organ vital yang penting dan setiap kerusakan pada otak dapat mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Memperbaiki Kesehatan Organ Pencernaan

Jamur pom pom juga memberikan manfaat dalam menjaga dan memperbaiki kesehatan organ pencernaan pada tubuh, terutama pada kasus Gastrititis atau luka pada dinding lambung.

Menurut penelitian yang di terbitkan di dalam Journal of Natural Products dan Kaohsiung Journal of Medical Sciences, dimana kandungan fraksi polisakarida adalah salah satu senyawa yang dapat melindungi lambung dari luka.

Selain itu, kandungan serat pada jamur pom pom juga dapat melancarkan BAB dan mencegah terjadinya penyakit sembelit atau susah BAB [1,2]

Gastritis atau luka pada dinding lambung dapat menimbulkan rasa nyeri bahkan dapat menyebabkan kematian.
  • Menjaga Kesehatan Jantung

Salah satu manfaat dari jamur pom pom adalah menjaga kesehatan jantung dengan cara membantu kerja jantung menjadi lebih ringan. Hal ini disebabkan karena jamur pom pom memiliki senyawa yang dapat menurunkan kadar kolesterol atau lemak jahat yang ada di dalam tubuh.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi dapat menimbulkan terjadinya penyakit atherosklerosis, yaitu kondisi dimana terdapat penumpukan lemak atau kolesterol di dalam pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya penyumbatan darah.

Penyumbatan darah ini akan mengakibatkan kerja jantung dalam memompa darah semakin berat dan dapat menimbulkan beberapa macam penyakit pada jantung.

Namun, dengan kandungan sterol dan beta-glukan pada jamur pom pom dapat mengurangi kandungan kolesterol di dalam tubuh. Dimana sterol dapat merangsang usus kecil untuk tidak menyerap kolesterol terlalu banyak [6,7]

Beta-glukan merupakan senyawa khas yang terdapat di setiap tumbuhan jamur dan menjadi senyawa utama pada jamur.
  • Kaya Antioksidan

Jamur pom pom juga memiliki beberapa macam kandungan senyawa antioksidan di dalamnya, seperti stero, beta-glukan dan ergothioneine. Beta-glukan yang merupakan senyawa serat yang dapat larut di dalam tubuh dapat mengurangi kadar kolesterol dan juga menjaga kesehatan organ kardiovaskular.

Selain itu, ergothioneine yang merupakan sumber antioksidan utama pada tumbuhan jamur mampu menangkal berbagai macam efek samping yang ditimbulkan olek radikal bebas pada tubuh [3,8,10]

  • Anti-Inflamasi

Jamur pom pom juga dapat bertindak sebagai anti-inflamasi atau obat bagi bagian tubuh yang sedang mengalami peradangan. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa seperti ergothioneine dan fosfor yang dapat meredakan peradangan pada tubuh.

Ergothionenine yang merupakan antioksidan kuat merangsang tubuh untuk lebih memperkuat sistem imunitas yang dapat mencegah tubuh terkena peradangan.

Sedang fosfor, merupakan senyawa yang dapat mempengaruhi sel saraf dan jaringan pada tubuh untuk lebih tenang dan berelaksasi, dimana efek dari relaksasi ini dapat menyembuhkan peradangan lebih cepat [8,9].

Manfaat yang di dapatkan dari jamur pom pom berasal dari kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya.

Efek Samping Jamur Pom pom

Walaupun jamur pom pom terkenal dengan berbagai macam manfaatnya yang begitu hebat dan tidak ditemui pada jenis jamur lainnya, namun mengonsumsinya secara berlebihan dapat menimbulkan beberapa efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Berikut ini beberapa efek samping dari jamur pom pom pada tubuh:

  • Pemicu Kanker

Jamur pom pom yang awalnya berguna untuk menghambat perkembangan kanker, ternyata dapat memicu sel kanker pada tubuh apabila diolah dengan cara yang salah. Cara pengolahan yang salah ini dapat merubah kandungan gizi pada jamur, yaitu agaritin menjadi pemicu sel kanker.

Kandungan senyawa agaritin pada jamur pom pom ini akan berubah apabila diolah dengan suhu panas yang sangat tinggi sehingga menjadikan senyawa ini berubah menjadi senyawa yang dapat memicu pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh [1]

Alergi pada jamur pom pom mungkin dapat terjadi, walaupun tidak semua orang mengalaminya tetapi kemungkinan alergi pada seseorang itu bisa saja terjadi. Hal ini dikarenakan spora pada jamur pompong yang dapat terhirup ke dalam hidung yang menyebabkan timbulnya alergi pada orang tersebut.

Selain itu, alergi juga dapat terjadi apabila sistem imunitas pada tubuh mengalami kesalah pahaman pada zat atau senyawa yang masuk ke dalam tubuh yang dianggap sebagai pantogen berbahaya, sehingga menimbulkan beberapa gejala alergi, seperti gatal-gatal, asma bahkan ruam-ruam merah [7].

Pentingnya mengolah dengan cara yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari jamur pom pom dan tidak mengubah kandungan gizi yang terdapat di dalamnya.

Tips Menyimpan Jamur Pom pom

Jamur pom pom merupakan salah satu jamur yang sangat dicari oleh para pecinta kuliner. Hal ini dikarenakan bukan hanya soal rasa dari jamur pom pom, namun juga berkaitan dengan manfaat yang dimiliki oleh jamur pom pom.

Oleh karena itu, sangat disayangkan apabila jamur pom pom sampai membusuk ketika disimpan. Berikut ini beberapa tips dalam menyimpan jamur pom pom:

  • Bersihkan Jamur Pom pom

Sebelum disimpan, jamur pom pom harus dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran yang menempel agar kotoran tersebut tidak menjadi biang atau penyebab pembusukan jamur pom pom ketika disimpan.

Membersihkan jamur pom pom cukup gunakan tisu dan pisau untuk membersihkan kotoran yang masih menempel pada jamur. Kemudian, jangan sekali-sekali membersihkan jamur pom pom menggunakan air.

Membersihkannya menggunakan air hanya akan membuat tekstur pada jamur pom pom menjadi rusak dan membuatnya lebih cepat membusuk. Hal ini dikarenakan tekstur dari jamur pom pom yang seperti spon dapat menyerap air yang menempal pada jamur [1,4]

  • Bungkus Dengan Kertas

Setelah dirasa jamur pom pom sudah cukup bersih, bungkus jamur pom pom menggunakan kertas. Hal ini bertujuan untuk menyerap embun yang dihasilkan ketika dalam masa penyimpanan di dalam kulkas.

Apabila embun-embun tersebut di biarkan menempel pada jamur pom pom, embun tersebut dapat terserap kedalamnya dan membuat jamur pom pom lebih cepat membusuk [4]

  • Simpan Dalam Plastik Ziplock

Setelah jamur pom pom terbungkus rapi dengan kertas, masukkan jamur pom pom tersebut ke dalam plastik ziplock dan kemudian tutup rapat-rapat. Menyimpannya dengan plastik ziplock dan menaruh jamur pom pom di dalam rak khusus sayur kulkas, bertujuan agar jamur pom pom tahan lebih lama.

Dikarenakan plastik ziplock yang dapat tertutup rapat membuat jamur pom pom aman dari aroma sayuran yang lainnya yang dapat merubah rasa atau aroma dari jamur pom pom [4]

Dengan tips meyimpan jamur pom pom seperti diatas diharapkan dapat menyimpan jamur pom pom lebih lama dan tidak mengurangi kandungan gizi yang ada di dalamnya.

Tips Mengonsumsi Jamur Pom Pom

Bagi para vegetarian, mengonsumsi jamur pom pom bagaikan memakan daging sapi yang sangat lembuk karena tekstur dari jamur pom pom yang sama seperti daging.

Berikut ini beberapa tips dalam mengonsumsi jamur pom pom:

Jamur Pom pom Panggang

  • Siapkan jamur pom pom yang akan dipanggang
  • Bersihkan menggunakan tisu dan pisau untuk membersihkan dari kotoran yang menempel.
  • Siapkan bahan lain seperti, minyak olive, garam, saus tiram, lada hitam dan juga mentega.
  • Siapkan juga wadah untuk memanggang jamur pom pom.
  • Potong-potong jamur pom pom menjadi beberapa bagian.
  • Siapkan bumbu untuk dioleskan pada jamur.
  • Tambahkan minyak pada mangkuk, masukkan garam, saus tiram, sedikit lada hitam dan juga garam.
  • Letakkan jamur pom pom pada wadah pemanggang.
  • Oleskan mentega pada jamur dan panggang selama beberapa menit hingga jamur setengah matang.
  • Keluarkan dan olesh dengan minyak bumbu yang telah dibuat.
  • Panggang kembali jamur di dalam oven hingga matang.
  • Setelah matang, oles kembali dengan minyak bumbu dan tiriskan pada piring.
  • Jamur pom pom panggang siap untuk dinikmati [4,7]

Tumis Jamur Pom Pom

  • Siapkan jamur pom pom yang akan digunakan
  • Bersihkan jamur pom pom menggunakan tisu atau pisau dari kotoran yang melekat.
  • Potong-potong jamur pom pom menjadi beberapa bagian.
  • Siapkan bahan lain, seperti bawang merah, bawang putih, daun bawang, saus tiram, lada, garam, gula, penyedap dan kecap.
  • Iris tipis-tipis bawang merah, bawang putih dan daun bawang.
  • Siapkan penggorengan dan tumis bawang merah, bawang putih dan daun bawang sampai harum.
  • Setelah harum, masukkan jamur pom pom ke dalamnya dan tambahkan garam, gual, lada, saus tiram, penyedap dan juga kecap.
  • Tambahkan juga sedikit air lalu tumis jamur pom pom sampai jamur terlihat layu dan empuk.
  • Tiriskan jamur pada piring dan tumis jamur pom pom siap dihidangkan [4,7].
Mengolah jamur pom pom yang terpenting adalah tidak terlalu lama dan tidak menggunakan suhu panas yang terlalu tinggi.
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment