Kacang Pinus: Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Tinjauan Medis : dr. Katya Saphira, M.Gizi
Kacang pinus mengandung beragam vitamin dan mineral. Vitamin K, tembaga, magnesium, mangan, dan vitamin serta mineral lainnya bermanfaat dalam proses penyembuhan luka, mencegah penyakit kronis, menjaga... kesehatan tulang, dan memperlambat proses penuaan. Hindari konsumsi berlebihan, tetap variasikan dengan makanan bergizi lainnya. Read more

Sekilas Tentang Kacang Pinus

Kacang pinus berasal dari tumbuhan yang bernama pinus dan memiliki nama latin Casuarina equisetifolia. Di daerah Indonesia sendiri, tumbuhan pinus memiliki nama lain yang disebut dengan tusam.

Setiap pohon pinus memang menghasilkan buah atau biji yang tergantung di beberapa rantingnya, namun hanya terdapat beberapa pinus yang memang benar-benar dibudidayakan untuk dikonsumsi bijinya atau untuk menghasilkan kacang pinus.

Kacang pinus sering kali digunakan sebagai makanan ringan atau produk olahan sebagai tepung. Selain itu kacang pinus juga dapat diambil ekstrak minyaknya untuk memasak bahan makanan [1,2]

Karakteristik Kacang Pinus

Kacang pinus memiliki beberapa karakteristik yang unik yang dapat membedakannya dengan jenis kacang lainnya. Kacang pinus diperoleh dari bunga pinus yang telah dibuahi. Bentuk bunganya seperti kelapa sawit namun ada yang bilang lebih mirip seperti sisik.

Kacang Pinus

Bunga pinus yang menghasilkan kacang yang sudah matang akan berwarna oranye dan memiliki kulit yang sangat keras. Kacang pinus juga memiliki ukuran yang agak panjang dibandingkan dengan kacang tanah dan berwarna krem atau putih sedikit kekuning-kunigan.

Selain itu kacang pinus juga memiliki rasa unik, dimana rasa gurih dan sedikit pahit yang membuatnya menjadi nikmat untuk dijadikan sebagai cemilan ataupun campuran dalam masakan [1,2]

Macam Jenis Kacang Pinus

Diseluruh dunia terdapat berbagai macam jenis tumbuhan pinus, namun hanya beberapa jenis dari tumbuhan pinus yang dibudidayakan khusus untuk dikonsumsi bijinya.

Berikut ini beberapa macam jenis kacang pinus menurut wilayah persebarannya :

  • Kacang Pinus Asia

Kacang pinus asia merupakan salah satu jenis kacang pinus yang berasa dari tumbuhan pinus yang dibudidayakan di daerah Asia, seperti pinus korea, pinus chilgoza, pinus siberia dan pinus putih china.

Kacang Pinus Asia

Jenis kacang pinus asia ini memiliki karateristik dengan kulit yang lebih keras dan susah dikelupas. Selain itu, dari segi ukuran kacang pinus asia lebih pendek dibanding dengan jenis kacang pinus eropa [1,4]

  • Kacang Pinus Eropa

Kacang pinus eropa merupakan kacang pinus yang berasal dari jenis tumbuhan pinus yang dibudidayakan di Eropa, seperti pinus pinea dan pinus swiss.

Kacang Pinus Eropa

Kedua jenis tumbuhan pinus eropa tersebut menghasilkan kacang pinus dengan karektiristik ukuran yang lebih panjang dibandingkan dengan kacang pinus asia dan kulitnya walaupun keras juga lebih mudah dikupas [1,4].

Kandungan Gizi Pada Kacang Pinus

Berikut ini kandungan gizi pada 100 g kacang pinus kering :

IDNmedis.com Info Gizi (Per 100 Gram)
Kacang, kacang pinus, kering
Kalori:673Kalori Dari Lemak:572.2
  %Kebutuhan Harian
Total Lemak68.4     g 105.18 %
Lemak Jenuh4.9      g 24.49 %
Lemak Trans0        0    %
Kolesterol0        mg 0   %
Sodium2        mg 0.08 %
Total Karbohidrat13.1     g 4.36 %
Serat3.7      g 14.8 %
Gula3.6      g  
Protein13.7     g 27.38 %
Vitamin A0.58 %Vitamin c1.33 %
Kalsium1.6 %Zat besi30.72 %
© IDNmedis.com

Src : Kacang, kacang pinus, kering

*Kebutuhan harian berdasarkan diet 2,000 kalori. Kebutuhan anda bisa lebih besar/kecil.

Top 10 Gizi
Penyajian 100gr%Kebutuhan Harian
Mangan8.8      mg440 %
Lemak total68.4     g105 %
Vitamin K53.9     mcg67 %
Tembaga1.3      mg66 %
Magnesium251      mg63 %
Fosfor575      mg57 %
Vitamin E (Alpha Tokoferol)9.3      mg47 %
Seng6.4      mg43 %
Kalori673     34 %
Besi5.5      mg31 %
© IDNmedis.com

Src : Kacang, kacang pinus, kering

Kacang pinus memiliki berbagai macam kandungan gizi yang baik untuk kesehatan dan salah satu kandungan gizi tersebut adalah zat besi. Zat besi diketahui merupakan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah yang berguna untuk transportasi oksigen kepada jaringan tubuh.

Kandungan Senyawa Pada Kacang Pinus

Kacang pinus memiliki beberapa macam kandungan senyawa di dalamnya yang apabila dikonsumsi oleh tubuh dapat menghasilkan manfaat baik bagi tubuh. Salah satu senyawa yang terdapat kacang pinus adalah protein.

Protein merupakan salah satu senyawa yang sangat penting bagi tubuh dan peranannya sangat kompleks. Peranan protein yang paling kompleks adalah mengganti jaringan yang rusak pada tubuh, seperti kolagen dan elastin yang merupakan komponen pada jaringan ikat pada kulit.

Selain itu protein juga berperan banyak dalam menunujang pertumbuhan dan perkembangan otot, jaringan, dan tulang pada tubuh [2,5].

Protein merupakan senyawa dengan peranan yang sangat kompleks untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kacang Pinus Untuk Kesehatan

Kacang pinus memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, sehingga dapat memberikan manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. Berikut ini beberapa manfaat kacang pinus untuk kesehatan:

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Apabila mengonsumsi kacang pinus dengan kadar dan cara yang tepat, kacang pinus dapat memberikan manfaat kesehatan untuk jantung. Hal ini dikarenakan kacang pinus dapat mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan jantung.

Kacang pinus mengandung senyawa lemak baik atau HDL (High Density Lipoprotein) yang dapat berfungsi mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kesehatan pembuluh darah agar tidak tersumbat.

Selain itu, kacang pinus juga mengandung senyawa magnesium yang merupakan salah satu senyawa yang dapat mencegah terjadinya penyakit atherosklerosis yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit jantung, seperti gagal jantung, stroke hingga serangan jantung [5,6]

Atherosklerosis adalah kondisi dimana terjadi penumpukkan didalam pembuluh darah yang disebabkan oleh penumpukan kolesterol ataupun kalsium
  • Memperlambat Proses Penuan

Salah satu manfaat lain dari kacang pinus adalah dapat memperlambat proses penuaan pada kulit ataupun tulang. Hal ini dikarenakan kacang pinus memiliki senyawa yang dapat memproduksi kolagen dan elastin pada tubuh, senyawa tersebut adalah tembaga.

Senyawa tembaga diketahui merupakan komponen utama bagi tubuh untuk memproduksi kolagen dan elastin dimana kedua senyawa tersebut di butuhkan oleh tubun untuk memperbaiki jaringan ikat atau kolagen yang telah rusak [1,5,7]

Kolagen merupakan senyawa yang dapat meregenerasi sel-sel yang telah rusak di dalam tubuh.

Kacang pinus juga memiliki khasiat dalam mengurangi kadar gula yang ada di dalam tubuh seseorang. Hal ini dikarenakan terdapat senyawa, seperti riboflavin, magnesium dan juga mangan di dalam kacang pinus.

Riboflavin dan mangan merupakan dua senyawa yang berfungsi mengubah atau mencerna karbohidrat di dalam tubuh menjadi untuk dijadikan sebagai sebuah energi.

Kemudian, tugas dari magnesium sendiri berguna dalam proses regulasi gula, yaitu sebagai pengatur atau pencaga keseimbangan kadar gula dalam darah dengan cara merangsang prankeas untuk menghasilkan hormon insulin lebih banyak sehingga dapat mengurangi kadar gula darah pada tubuh [8,10].

Salah satu manfaat utama dalam mengonsumsi kacang pinus adalah menjaga kesehatan tulang pada tubuh. Sebut saja beberapa senyawa yang terdapat di dalam kacang pinus yang memiliki peranan dalam menjaga kesehatan tulang, seperti fosfor, magnesium, mangan, tembaga, vitamin K dan juga kalsium.

Senyawa fosfor dan kalsium merupakan senyawa yang dapat menjaga kadar osteocalcin yang berada di tulang agar tidak terkikis terlalu banyak yang diakibatkan oleh sel mati. Kemudian, kandungan seperti vitamin K berperan dalam mengantarkan kalsium pada tulang agar tidak menyebabkan penumpukan pada pembuluh darah.

Selain itu terdapat senyawa magnesium yang berfungsi untuk merangsang tubuh untuk lebih banyak menyerap senyawa kalsium lebih banyak. Dan yang terakhir terdapat kandungan mangan yang jika dikombinasikan dengan tembaga, seng, vitamin K dan juga kalsium dapat meningkatan kepadatan mineral yang terdapat pada tulang [5,9]

  • Mempercepat Penyembuhan Luka

Kacang pinus juga diakui dapat membantu mempercepat penyembuhan luka apabila dikonsumsi secara tepat. Hal ini dikarenakan kacang pinus memiliki beberapa senyawa yang dapat mempercepat penyumbuhan luka, yaitu mangan dan vitamin K.

Mangan dan vitamin K dapat merangsang jaringan tubuh untuk berkontraksi, sehingga pori-pori yang terdapat pada luka tersebut dapat tertutup dan luka akan lebih cepat sembuh [10].

Kacang pinus merupakan salah satu dari kacang-kacangan yang dapat memberikan manfat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Efek Samping Kacang Pinus

Selain memberikan manfaat kacang pinus juga dapat memberikan efek samping yang tentunya sangat buruk untuk kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa efek samping kacang pinus:

Salah satu ciri khas dari keluarga kacang-kacangan adalah mempunyai senyawa yang dapat menimbulkan asam urat pada seseorang. Hal ini dikarenakan keluarga kacang-kacangan, seperti kacang pinus memiliki senyawa purin di dalamnya.

Senyawa purin merupakan senyawa alami yang terdapat di setiap tubuh mahluk hidup dan merupakan senyawa yang penting bagi tubuh. Namun, jika senyawa ini terlalu banyak di dalam tubuh dapat menimbulkan penumpukan pada bagian sendi dan otot tubuh.

Penumpukkan purin ini menyebabkan rasa nyeri yang sangat sakit dan sangat mengganggu [5].

  • Anti-Gizi

Suku kacang-kacangan juga memiliki beberapa senyawa yang menyebabkan efek anti-gizi pada tubuh. Hal ini dikarenakan kacang pinus, yang merupakan suku kacang-kacangan memiliki senyawa tanin.

Tanin merupakan senyawa yang dapat berikatan dengan senyawa lain, seperti kalsium, seng, tembaga dan fosfor. Ketika senyawa-senyawa tersebut telah berikatan dengan senyawa tanin maka tubuh tidak dapat lagi menggunakan senyawa tersebut yang berakibat tubuh kekurangan gizi [11].

Salah satu kelemahan dari keluarga kacang-kacangan adalah memiliki kandungan senyawa yang dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Tips Menyimpan Kacang Pinus

Kacang pinus pada umumya seperti jenis kacang-kacang yang lainnya, dimana apabila tidak disimpan dengan benar dan tepat akan menyebabkan kacang menjadi tengik, busuk, ataupun jamuran.

Berikut ini beberapa tips dalam menyimpan kacang pinus :

  • Siapkan kacang pinus yang akan disimpan
  • Cuci terlebih dahulu kacang pinus yang akan disimpan agar bersih dari kotoran dan bakteri yang menempel pada kacang.
  • Angin-anginkan kacang sampai tidak ada air yang menempel.
  • Siapkan plastik ziplock yang dapat ditutup rapat-rapat.
  • Masukkan kacang yang telah bersih ke dalam plastik ziplock.
  • Tutup rapat dan simpan kacang pinus di dalam freezer.
  • Apabila hendak menggunakan kacang pinus tersebut rendam sebentar di dalam air untuk mengembalikan kondisi segarnya.

Menyimpan kacang pinus di dalam freezer membuatnya menjadi beku dan mempertahankan lebih lama kondisi segarnya. Kacang pinus yang dalam keadaan beku dapat bertahan hingga 6 bulan lamanya [2,3]

Dengan tips menyimpan seperti diatas diharapkan kacang pinus dapat disimpan dengan waktu yang sangat lama dan dapat menjaga kondisinya dalam keadaan segar

Tips Konsumsi Kacang Pinus

Kacang pinus memiliki rasa gurih dengan sedikit rasa pahit di dalamnya menjadikannya sebagai kacang yang nikmat untuk dikonsumsi secara langsung.

Berikut ini beberapa tips konsumsi kacang pinus :

Campuran Salad

  • Siapkan kacang pinus yang akan digunakan
  • Iris-iris tipis kacang pinus tersebut menjadi irisan yang sangat tipis.
  • Siapkan juga bahan salad sayuran, seperti selada, wortel, timun, dll
  • Potong-potong bahan sayuran sesuai selera dan taruh pada satu wadah.
  • Siapkan bahan saus salad, seperti mayonaise, saus sambal dan sedikit lada.
  • Campurkan semua bahan saus salad dan aduk hingga tercampur merata.
  • Tuangkan saus salad diatas bahan sayur.
  • Kemudian taburin dengan irisan kacang pinus di atas salad.
  • Salad sayur dengan tambahan kacang pinus siap disajikan [3,4]

Sebagai Minuman

  • Siapkan kacang pinus yang akan digunakan.
  • Cuci bersih kacang pinus tersebut menggunakan air yang mengalir.
  • Setelah itu keringkan dari air dan pastikan tidak ada air yang menempel pada kacang.
  • Siapkan penggorengan, namun tidak perlu menambahkan minyak pada penggorengan tersebut.
  • Panaskan perapian dan masukkan kacang pinus ke dalamnya.
  • Sangrai kacang pinus hingga berubah warna.
  • Setelah berubah warna menjadi kecoklatan, matikan api dan dinginkan kacang pinus.
  • Siapkan penggilingan dan haluskan kacang pinus sampai menjadi bubuk.
  • Setelah menjadi bubuk, siapkan gelas dan tambahkan beberapa sendok dari bubuk kacang pinus.
  • Tambahkan gula dan air panas ke dalamnya, kemudian aduk hingga tercampur.
  • Minuman kacang pinus siap dinikmati [3,4]
Kacang pinus harus diolah dengan benar agar rasa pahit di dalamnya dapat dihilangkan atau setidaknya di netralisir dengan bahan-bahan yang lainnya
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment