Takokak: Manfaat – Efek Samping dan Tips Konsumsi

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Tinjauan Medis : dr. Katya Saphira, M.Gizi
Takokak memilki kandungan nutrisi kalsium dan zat besi disamping nutrisi lainnya. Tanaman ini juga memiliki senyawa seperti metil caffeate dan senyawa lainnya yg memiliki efek antioksidan sehingga dapat... membantu dalam mencegah penyakit kronis dan pengobatan penyakit seperti hipertensi, diabetes mellitus. Beberapa penelitian mengatakan takokak memiliki sifat hepatoprotektif dan antikanker. Manfaat-manfaat ini masih perlu diteliti lebih lanjut dan baiknya tidak serta merta digunakan tanpa anjuran dokter. Hindari penggunaan berlebihan. Hubungi dokter jika ingin menggunakannya sebagai obat alternatif. Read more

Sekilas tentang Takokak

Takokak (Solanum torvum) merupakan jenis terong-terongan dari keluarga Solanaceae. Takokak berasal dari Amerika Latin yang kemudian tersebar ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia [1].

Takokak di Indonesia banyak dibudidayakan hampir di seluruh daerah di antaranya Semenanjung Malaya, Jawa, Sumatera Barat, Kepulauan Maluku, Sulawesi, dan Kepulauan Talaud [2].

Takokak
Takokak

Takokak memiliki buah berbentuk beri berwarna hijau dengan diamter 0,8-1,5 cm. Buah takokak yang masih mentah biasa dikonsumsi orang Indonesia sebagai sayur dan lalapan [1].

Buah takokak mirip dengan buah ranti/leunca. Kedua buah ini berada pada genus yang sama yaitu Solanum. Akan tetapi keduanya memiliki beberapa perbedaan [3].

Perbedaan yang nyata terletak pada buahnya. Buah ranti ketika masih muda berwarna hijau tua dan berwarna ungu ketika sudah tua. Sedangkan takokak berwarna hijau muda saat masih muda, dan berwarna hijau kekuningan ketika sudah tua [3].

Kandungan Gizi Takokak

Kandungan gizi takokak per 100 gram adalah sebagai berikut [4,5] :

NameAmountUnit
Energi264kcal
Karbohidrat7,04gram
Serat3,99gram
Lemak0,28gram
Protein2,32gram
Kadar Abu0,14gram
Seng2,15mg
Tembaga0,26mg
Kalsium22,16mg
Kalium695mg
Mangan1,95mg
Besi7,69mg
Fosfor70mg
Vitamin A0,078mg
Vitamin C2,686mg
Lutein0,0109mg

Takokak telah banyak dikonsumsi sebagai sayuran karena mempunyai banyak nutrisi. Takokak diketahui memiliki kandungan kalsium yang tinggi [4].

Kalsium dalam takokak berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta dapat menggerakkan otot dan melancarkan perdaran darah [6].

Selain kalsium, takokak juga mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi ini berfungsi sebagai hematinik [4].

Hematinik merupakan senyawa atau obat untuk anemia dimana senyawa ini dapat merangsang pembentukan sel darah merah [7].

Manfaat Takokak untuk Kesehatan

Takokak diketahui mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat takokak :

  • Obat Diabetes Melitus

Diabetes Melitus merupakan penyakit yang disebabkan karena kelebihan kadar gula dalam darah akibat metabolisme glukosa tidak berjalan dengan baik [8].

Penyakit diabetes dibedakan menjadi dua tipe yaitu tipe I (disebabkan karena kerusakan sel pankreas) dan tipe II (disebabkan karena penurunan kinerja hormon insulin) [8].

Penyakit diabetes dapat disembuhkan dengan mengonsumsi makanan yang mempunyai aktivitas antihiperglikemik yang merupakan senyawa yang dapat menurunkan kelebihan kadar gula dalam darah [9].

Takokak diketahui mempunyai aktivitas antihiperglikemik dan antidiabetik yang tinggi. Buah takokak telah banyak digunakan sebagai pengobatan alternatif diabetes sejak dahulu [9].

Buah takokak mengandung senyawa metil caffeate yang dapat meningkatkan pembentukan hormon insulin [10,11].

Menurut hasil penelitian Gandhi di Entomology Research University, metil caffeate secara signifikan dapat mencegah peningkatan glukosa darah pada kelompok tikus hiperglikemik dengan diberikan dosis 40 mg/kg [11].

Selain buahnya, daun takokak juga bermanfaat sebagai antidiabetes. Daun takokak secara signifikan dapat menurunkan kadar gula darah mencapai 58,61% [12].

Senyawa metil caffeate merupakan senyawa fenolik yang terbentuk secara alami pada takokak yang berfungsi sebagai inhibitor sukrase dan maltase [10].
  • Memelihara Kesehatan Hati (Liver)

Hati atau liver merupakan organ yang berperan sebagai pusat metabolisme karbohidrat, protein, dan lipid serta sebagai pembuangan sisa metabolisme [13].

Hati juga berfungsi sebagai pengatur detoksifikasi dari segala zat asing (racun) yang masuk ke dalam tubuh. Detoksifikasi merupakan aktivitas mengurangi kadar racun dari tubuh [13].

Apabila terjadi kerusakan hati, maka akan mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme tubuh dan segala jenis racun yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat dinetralisir [13].

Kerusakan hati dapat disebabkan karena infeksi hingga mengakibatkan peradangan yang dapat mengganggu fungsi hati. Sehingga, untuk menjaga kesehatan hati diperlukan senyawa yang mempunyai aktivitas hepatoprotektif [13].

Takokak diketahui mempunyai aktivitas hepatoprotektif. Menurut Kayalvizhi dari A.V.V.M Sri Pushpam College, ekstrak hidroalkohol buah takokak pada tingkat dosis 200 mg/kg menunjukkan aktivitas hepatoprotektif yang baik terhadap CCl4 [14].

Ekstrak hidroalkohol buah takokak tersebut diperoleh dari hasil ekstraksi menggunakan pelarut hidroalkohol (alkohol yang mengandung air). Sedangkan CCl4 (karbon tetraklorida) merupakan zat kimia yang menyebabkan kerusakan hati (liver) [14].

Aktivitas hepatoprotektif diujikan menggunakan tikus percobaan yang telah diinjeksikan CCl4 ke dalam paru-parunya. Sedangkan pemberian ekstrak buah takokak diberikan secara oral (mulut) ke hewan uji [14].

Akan tetapi, aktivitas hepatoprotektif dari takokak masih lebih rendah daripada Silymarin yang merupakan obat standar yang biasa digunakan sebagai hepatoprotektif [14,15].

Silymarin (Silybum marianum) merupakan tanaman dengan bunga ungu kemerahan yang biasa digunakan untuk obat tradisional. Pemberian silymarin pada dosis 25 mg/kg sudah efektif untuk hepatoprotektif [14].

Hepatoprotektif merupakan kemampuan dari suatu zat kimia yang dapat mencegah kerusakan hati (liver) [13].
  • Antibakteri

Buah takokak diketahui memiliki aktivitas antibakteri yang tinggi karena mengandung methyl caffeate [16], fenolik dan terpenoid yang diisolasi dari ekstrak metanol buah takokak [17].

Ekstrak metanol dari buah takokak secara signifikan menghambat sebagian besar mikroba jenis Bacillus subtilis, Escherichia coli [18], P. vulgaris, Klebsiella pneumoniae, Microbacterium tuberculosis [16] dan berbagai jenis bakteri lainnya.

Buah takokak diketahui mampu menghambat pertumbuhan hampir semua jenis bakteri. Akan tetapi, kemampuan antibakteri buah takokak tergolong sedang bila dibandingkan dengan obat kontrol antibakteri [16].

Tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang umumnya menyerang orang dewasa. Setidaknya satu dari tiga orang di dunia mengalami penyakit tekanan darah tinggi [19].

Tekanan darah tinggi apabila tidak segera diobati akan memicu penyakit-penyakit komplikasi seperti serangan jantung, stroke, dan ginjal kronis [19].

Takokak mempunyai kemampuan mencegah peningkatan tekanan darah tinggi yang disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi fruktosa [20].

Selain itu, ekstrak buah takokak secara signifikan dapat meningkatkan volume urin dan ekskresi natrium yang menyebabkan peningkatan tekanan darah [21].

  • Antikanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya pertumbuhan jaringan dan sel yang tidak normal. Hal ini dikarenakan mekanisme pertumbuhan sel yang kurang terkontrol [19].

Sel kanker yang tumbuh tidak terkontrol akan menyerang jaringan disekitarnya dan terus menyebar melalui jaringan ikat, darah, hingga menyerang organ–organ penting dan syaraf tulang belakang [19].

Takokak mengandung senyawa methyl caffeate yang diisolasi dari ekstrak etil asetat takokak. Methyl caffeate mempunyai aktivitas antikanker pada sel MCF-7 [20].

Metil cafeate secara signifikan mengurangi pertumbuhan sel dan meningkatkan pertumbuhan DNA yang terfragmentasi (terpecah) [20].

Sel MCF-7 merupakan sel kanker payudara yang digunakan dalam penelitian. Sel MCF-7 ini berasal dari jaringan payudara seorang wanita berumur 69 tahun, golongan darah O, dan Rh positif [21].

Efek Samping Mengonsumsi Takokak

Selain mempunyai banyak manfaat, takukak juga diketahui mempunyai efek samping apabila dukonsumsi. Berikut efek samping takukak :

  • Keracunan

Takokak diketahui mengandung senyawa solanin yang merupakan kelompok glikoalkaloid yang beracun. Senyawa ini ditemukan di berbagai jenis tanaman dalam keluarga Solanaceae [22].

Keracunan takokak dilaporkan di New York yaitu lima anggota keluarga yang sedang mengikuti acara makan malam tradisonal yang salah satu menunya yaitu takokak [23].

Keesokan paginya lima anggota keluarga tersebut mengalami gejala gangguan pencernaan, pusing, bicara cadel, gangguan syaraf dan ataksia [23].

Ataksia merupakan gangguan sistem syaraf yang mengakibatkan gangguan sistem keseimbangan [31]. 

Gejala yang paling parah yaitu hipertensi, kebingungan, dan susah bernafas. Gejala keracunan ditunjukkan 14 jam setelah memakan takokak mentah [23].

Kandungan solanin dalam takokak mentah lebih besar daripada takokak matang. Solanin akan hilang dalam takokak dengan cara merebusnya [24].

  • Menurunkan Kesuburan Pria

Takokak telah lama digunakan sebagai alat kontrasepsi bagi kaum pria. Hal ini dikarenakan takokak memiliki aktivitas antifertilitas yang dapat mengurangi reproduksi sperma pada pria [25].

Penggunaan takokak untuk kontrasepsi akan aman bila digunakan sewajarnya. Namun, apabila digunakan secara berlebihan akan mengakibatkan penurunan kesuburan [26].

Dosis normal yang digunakan untuk kontrasepsi adalah 200 mg/kg. Apabila melebihi dosis tersebut dapat berakibat buruk bagi produksi sperma [26].

Antifertilitas merupakan senyawa yang dapat mengganggu sistem reproduksi.

Tips Konsumsi Takokak

Takokak memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat takokak akan dirasakan apabila dikonsumsi dengan benar. Berikut tips mengonsumsi takokak :

Dimakan Langsung

Takokak memang dapat dimakan langsung. Namun, harus hati-hati saat mengonsumsinya secara langsung agar tidak keracunan. Berikut langkah-lanhkah mengonsumsi takokak secara langsung [27] :

  1. Pilihlah takokak yang sudah tua yaitu yang berwarna hijau sedikit kekuningan.
  2. Hindari mengonsumsi takokak yang masih muda karena mengandung solanin yang tinggi [24].
  3. Cuci hingga bersih takokak agar terhindah dari berbagai macam kotoran.
  4. Takokak siap dimakan langsung atau agar lebih lezat dimakan sebagai lalapan.

Dijadikan Teh takokak

Teh takokak memang jarang dijumpai di kehidupan sehari-hari. Namun, takokak bisa digunakan sebagai teh yang sangat berkhasiat untuk kesehatan. Berikut cara membuat teh takokak [28] :

  1. Pilihlah buah takokak dengan kualitas yang baik dan sudah tua.
  2. Cuci hingga bersih takokak.
  3. Potong kecil-kecil takokak dengan ukuran sama.
  4. Keringkan di bawah sinar matahari hingga 99% kering.
  5. Setelah kering, panggang menggunakan wajan untuk menghilangkan enzimnya.
  6. Setelah berwarna kecoklatan, hancurkan (gerus) takokak menggunakan blender atau alat semacamnya.
  7. Lakukan metode ekstraksi maserasi (Perendaman) untuk mendapatkan ekstraknya.
  8. Keringkan hasil ekstraksi.
  9. Giling Hingga halus, kemudian saring.
  10. Teh takokak siap dikemas.

Dijadikan Bubuk Rempah Takokak

Takokak dapat juga dijadikan bubuk yang dicampur dengan rempah-rempah. Takokak bubuk yang dicampur rempah-rempah mengandung gizi yang lebih banyak dan lebih bermanfaat untuk kesehatan.

Membuat takokak menjadi bubuk juga memudahkan untuk mengonsumsinya. Berikut cara membuat bubuk takokak rempah [29] :

  1. Pilihlah buah takokak yang sudah tua dan kondisinya bagus.
  2. Kelompokkan takokak berdasarkan ukurannya.
  3. Cuci bersih takokak menggunakan air suling (yang telah dihilangkan mineral-mineralnya).
  4. Rebus selama 4 menit.
  5. Setelah 4 menit segera pindahkan ke dalam air dingin.
  6. Kemudian tata rapi pada nampan.
  7. Keringkan di bawah sinar matahari hingga kering sempurna.
  8. Hancurkan menggunakan blender berkecepatan tinggi.
  9. Saring dengan ayakan 60 mesh.
  10. Kemudian kemas menggunakan plastik ziplock, dan simpan didalam freezer suhu -18°C.
  11. Rempah yang digunakan yaitu jahe dan juga ikan teri yang dijadikan bubuk dengan prosedur sama seperti membuat bubuk takokak.
  12. Formulasi membuat bubuk takokak rempah yang paling optimal yaitu : bubuk takokak (193,676 gram), bubuk jahe (2,577 gram), dan bubuk ikan teri (53,747 gram).
  13. Bubuk takokak siap dikonsumsi.

Tips Penyimpanan Takokak

Takokak perlu penyimpanan dengan baik agar lebih tahan lama dan terjaga kandungan nutrisinya. Berikut tips penyimpanan takokak [30] :

  1. Pilihlah takokak yang sudah tua dan dalam kondisi baik.
  2. Cuci hingga bersih takokak agar terhindar dari kotoran.
  3. Keringkan takokak dari sisa-sisa air yang menempel menggunakan lap kering.
  4. Masukkan takokak ke dalam ziplock lalu kunci rapat dan keluarkan semua udara di dalamnya.
  5. Simpan di dalam kulkas.
  6. Takokak yang disimpan di dalam kulkan akan tahan hingga 10 hari.
Takokak (Solanum torvum) merupakan tanaman famili Solanaceae. Buah takokak banyak mengandung senyawa methyl cafeate yang berfungsi sebagai obat diabetes mellitus, anti bakteri, anti kanker, hepatoprotektif, dan antihipertensi. Selain mempunyai banyak manfaat, takokak juga mempunyai efek samping dikarenakan mengandung senyawa solanin yang mengakibatkan keracunan.
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment