Udang Rebon: Manfaat – Gizi dan Efek Sampingnya

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Tinjauan Medis : dr. Maria Arlene, Sp.Ak
Udang rebon adalah salah satu makanan populer di Indonesia. Udang ini merupakan sumber dari protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, dan vitamin B1. Tetaplah berhati-hati... mengonsumsi udang dalam jumlah besar, terutama jika Anda atau keluaga memiliki riwayat alergi pada makanan yang mengandung protein tinggi, karena dapat menyebabkan gatal, iritasi kulit, dan reaksi alergi lainnya. Read more

Tentang Udang Rebon

Udang rebon atau Acetes tersebar luas di berbagai belahan dunia dengan dominasi di sepanjang pantai banyak negara yang berbatasan dengan Samudera Hindia. [1]

Udang rebon ialah udang berukuran kecil yang termasuk ke dalam famili Sergestidae. [1]

Udang rebon adalah sumber nutrisi yang sangat baik mengandung kalsium, protein, fosfor dan zat besi. [3]

Kandungan Gizi Udang Rebon

Fakta Menarik Tentang Udang Rebon

Berikut ini adalah fakta-fakta menarik tentang udang rebon: [3, 5, 7]

  • Udang rebon adalah salah satu spesies crustasea seafood yang memiliki ukuran sangat kecil dibandingkan dengan jenis crustasea lainnya.
  • Udang rebon mengandung 21,4 gram atau setara dengan 8 kali kandungan zat besi 100 gram daging sapi.
  • Udang rebon (Acetes erythraeus) memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi.
  • Udang ini dapat ditemukan di perairan pantai yang dangkal, terkadang payau.

Kandungan Gizi Udang Rebon

Berikut adalah daftar gizi tertinggi dari daging Udang Rebon dan persentasenya dalam memenuhi kebutuhan harian tubuh kita per 100 Gram. [6]

NamaJumlahUnit
Kalori284g
Kolesterol28mg
Sodium166mg
Kalium38mg
Protein59,15g
Karbohidrat3,33g
Lemak Jenuh0,339g
Lemak Tak Jenuh Ganda0,828g
Lemak Tak Jenuh Tunggal0,617g

Manfaat Daging Udang Rebon

Berikut ini adalah beberapa manfaat udang rebon bagi kesehatan: [2, 4]

Makan udang rebon dapat meningkatkan kesehatan jantung dan otak karena kandungan asam lemak omega-3 dan antioksidan astaxanthin.

Saat Anda mengonsumsi astaxanthin, Anda dapat terlindung dari peradangan dengan mencegah radikal bebas merusak sel Anda. Astaxanthin dapat membantu memperkuat arteri, yang dapat mengurangi risiko serangan jantung. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL baik, faktor penting dalam kesehatan jantung.

Selain itu, astaxanthin juga bermanfaat untuk otak. Sifat anti-peradangannya dapat mencegah Anda dari kerusakan sel-sel otak yang seringkali menyebabkan hilangnya ingatan dan penyakit neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

  • Menurunkan Berat Badan

Udang dapat menjadi pilihan makanan bagi orang yang bertekad untuk menurunkan berat badan. Udang rebon memiliki kandungan seng yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar leptin dalam tubuh.

Leptin adalah hormon dan merupakan bagian integral dari regulasi tubuh untuk penyimpanan lemak, nafsu makan, dan penggunaan energi secara keseluruhan di dalam tubuh. Dengan meningkatkan kadar leptin dalam tubuh, Anda dapat terhindar dari masalah umum seperti makan berlebihan.

Di dalam udang juga terkandung yodium yang dapat membantu mengontrol berapa banyak energi yang dikeluarkan saat tubuh Anda sedang istirahat. Zat tersebut dapat berinteraksi dengan kelenjar tiroid untuk mempercepat aktivitas tiroid, membantu penurunan berat badan, dan mencegah penambahan berat badan.

  • Dapat Meningkatkan Kesehatan Tulang

Protein dan berbagai vitamin, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium, yang ditemukan dalam udang dapat secara efektif membantu melawan degenerasi tulang.

Kekurangan protein dan vitamin dalam makanan dapat menyebabkan penurunan kesehatan tulang, massa tulang, kekuatan, dan massa secara keseluruhan, yang merupakan gejala utama osteoporosis.

  • Dapat Menurunkan Degenerasi Makula Terkait Usia (AMD)

Udang mengandung senyawa seperti heparin yang dapat membantu dalam mengobati AMD neovaskular. Selain itu dalam udang juga ditemukan astaxanthin untuk meredakan kelelahan mata, terutama bagi mereka yang menggunakan komputer untuk jangka waktu yang lama dalam kehidupan sehari-hari.

  • Dapat Mencegah Rambut Rontok

Mineral yang terdapat pada udang yakni seng dapat berkontribusi untuk kesehatan rambut Anda. Kekurangan seng dapat menyebabkan rambut rontok. Seng memainkan peranan penting dalam memelihara dan menciptakan sel-sel baru, termasuk rambut dan sel-sel kulit. Bagi Anda yang mengalami rambut rontok, atau penurunan pertumbuhan rambut dapat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung seg seperti udang rebon.

Efek Samping Udang Rebon

Selain manfaat dari kandungan gizi udang rebon, ternyata udang rebon memiliki risiko bagi yang mengonsumsinya. Berikut ini adalah risiko dari udang rebon: [2, 4]

  • Alergi Udang Rebon

Alergi udang umumnya dipicu oleh tropomyosin, yaitu protein yang ditemukan dalam udang. Protein lain dalam udang yang dapat memicu reaksi alergi ialah arginine kinase dan hemocyanin.

Gejala alergi udang dapat bervariasi diantaranya yaitu kesemutan di mulut, masalah pencernaan, hidung tersumbat atau reaksi kulit setelah memakannya.

Beberapa orang dengan alergi udang kemungkinan juga mengalami reaksi anafilaksis. Reaksi ini terjadi secara tiba – tiba dan berbahaya, dapat menyebabkan kejang, pingsan, dan bahkan kematian jika tidak segera ditangani. Jika Anda alergi terhadap udang, satu-satunya cara agar mencegah tidak terjadi alergi adalah dengan menghindari makan udang.

  • Mengandung Merkuri

Seperti kebanyakan jenis makanan laut, udang dapat mengandung sejumlah kecil merkuri, yang berbahaya bagi kesehatan manusia dan dapat menyebabkan keracunan merkuri, masalah penglihatan, dan penurunan kesehatan janin. Namun, masalah kesehatan ini berasal dari kelimpahan merkuri dalam makanan Anda, jadi selama Anda menyeimbangkan diet Anda dengan jumlah udang yang terkontrol, Anda dapat menghindari bahaya keracunan merkuri.

  • Mengandung Purin

Purin adalah unsur kimiawi tubuh yang terjadi secara alami. Kadar purin yang berlebihan bisa berbahaya, terutama bagi seseorang yang menderita asam urat. Kadar purin terurai menjadi asam urat ketika sel-sel mati dan ginjal kemudian mengatur dan mengarahkan aliran asam urat ke sekitar atau keluar dari tubuh. Udang memiliki tingkat purin yang cukup tinggi, yang baik bagi kebanyakan orang, tetapi bagi penderita asam urat, mengkonsumsi udang dapat memperburuk masalah tersebut.

Tips Menyimpan Udang Rebon

Udang rebon cukup mudah ditemukan di pasaran dan masuk kategori murah dibandingkan dengan harga udang lainnya. Setelah membeli udang Anda dapat segera menyimpannya di lemari pendingin. Udang dapat disimpan di dalam lemari pendingin pada suhu -30 ° C selama minimal 6 bulan. Udang yang dimasak setelah pembekuan dan penyimpanan dingin biasanya warnanya lebih pucat dibandingkan udang yang dimasak sebelum dibekukan. [3, 8]

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment