Atropa Belladonna: Manfaat – Efek Samping dan Tips Penggunaan

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Sekilas Tentang Atropa Belladonna

Atropa belladonna merupakan tumbuhan yang tergolong ke dalam kelompok keluarga Solanaceae yang juga termasuk dari golongan tomat, kentang, dan terong-terongan, dan masuk ke dalam genus Atropa. Tumbuhan tersebut umumnya dikenal sebagai belladonna atau nightshade yang mematikan.

Atropa belladonna merupakan tumbuhan asli Negara Eropa, Afrika Utara, dan Asia Barat. Distribusinya sangat meluas dari Inggris Raya di barat ke Ukraina barat dan provinsi Gilan di Iran bagian timur.

Tumbuhan tersebut dapat digunakan untuk pengobatan tradisional yang mencukupi untuk meringankan beberapa penyakit. Akan tetapi atropa belladonna apabila tidak diolah dengan benar dapat menimbulkan racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh [1,2].

Karakteristik Pada Atropa Belladonna

Atropa belladonna disebut dengan hemicryptophyte rimpang abadi herba bercabang, dan sering tumbuh sebagai sub semak. Tumbuhan tersebut dapat tumbuh setinggi 2 m dengan mempunyai daun yang cukup lebat.

Atropa Belladonna

Daunnya berbentuk bulat telur dengan ukuran 18 cm dan memiliki warna yang kehijauan. Selanjutnya atropa belladonna juga mempunyai bunga yang berbentuk lonceng, berwarna ungu kusam dengan semburat hijau dan beraroma samar.

Bunga tersebut akan berkembang menjadi buah yang disebut dengan buah beri, memiliki warna hijau ketika masih agak mentah, lalu saat akan matang menjadi warna hitam mengkilat. Rasa yang dimiliki dari buahnya manis dan dapat dikonsumsi oleh hewan, meskipun mengandung alkaloid beracun, akan tetapi jika dikonsumsi oleh manusia sangat berbahaya [1,2].

Kandungan Gizi Pada Atropa Belladonna

Berikut ini kandungan gizi yang terdapat pada atropa belladonna:

NamaJumlahUnit
Alkalaoid0.32%
Hyoscyamine87.6%
Tropine3%
Scopolamine1.9%
Serat
Tropinone0.2%

Atropa belladona walaupun beracun masih tetap memiliki kandungan gizi yang dapat digunakan dalam dunia kesehatan, seperti hyoscyamine. Hyoscyamine merupakan salah satu kandungan gizi yang sering digunakan sebagai obat untuk masalah perut atau usus, seperti sindrom iritasi usus atau kram [1,3].

Kandungan Senyawa Pada Atropa Belladonna

Atropa belladonna terkenal sebagai tumbuhan beracun masih mempunyai beberapa kandungan baik yang bisa dikonsumsi oleh tubuh. Kandungan senyawa tersebut salah satunya seperti scopolamine, atropine, dan alkaloid.

Ketiga senyawa tersebut merupakan senyawa penting yang bisa dijadikan pengobatan herbal bagi tubuh dan mempunyai peranan masing-masing dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu senyawa tersebut seperti scopolamine yang berfungsi untuk mengurangi sekresi beberapa organ tubuh dan membantu mengurangi mual atau muntah akibat asam lambung naik.

Selain itu, scopolamine berfungsi untuk mengendalikan detak jantung dan melemaskan otot. Oleh karena itu, senyawa tersebut yang paling dominan pada atropa belladonna [1,3,4].

Atropa belladonna mempunyai kandungan senyawa seperti scopolamine, atropine, dan alkaloid yang cukup membantu dalam meringankan penyakit 

Manfaat Kesehatan Pada Atropa Belladonna

Terlepas dari sifat racunnya, atropa belladonna tak luput dari kandungan gizi yang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Oleh karena itu perlu, diketahui beberapa manfaat kesehatan yang dimiliki tumbuhan tersebut.

Berikut di bawah ini beberapa manfaat kesehatan bagi tubuh pada atropa belladonna :

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Mengonsumsi atropa belladonna akan bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan tumbuhan itu memiliki beberapa senyawa yang dapat membuat kerja organ jantung lebih mudah dan tidak berat.

Kandungan senyawa yang ada dalam atropo belladona, yaitu scopolamine, kalium, flavonoid dan sterol. Ketiga senyawa tersebut memiliki peran yang sama, yaitu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Senyawa sterol mempunyai peran untuk melarutkan lemak yang kemudian membawanya keluar melalui buang air besar ataupun buang air kecil, sedangkan untuk scopolamine lebih mengendalikan detak jantung dan melemaskan otot [3,4].

Senyawa scopolamine lebih menjaga kesehatan jantung dan membuat kinerja jantung lebih ringan 
  • Meringankan Gejala Asma

Asma merupakan sakit yang diderita oleh seseorang pada organ bagian paru-paru. Hal ini dikarenakan adanya penumpukkan dari udara-udara luar yang dihirup secara berlebihan, sehingga membuat kinerja paru-paru lebih berat.

Dalam menyembuhkan penyakit asam dapat mengonsumsi atropa belladonna. Hal ini dikarenakan atropa belladonna adalah obat herbal yang terdapat kandungan senyawa seperti vitamin D yang dapat mengurangi resiko terjadinya asma [1,3].

Kandungan vitamin D pada tumbuhan tersebut juga baik untuk membuat pernapasan lebih ringan dan lancar 

Bagian daun pada atropa belladonna bisa dijadikan untuk obat wasir. Hal ini dikarenakan tumbuhan itu memiliki senyawa yang dapat bertindak sebagai anti inflamasi atau peradangan pada tubuh, seperti alkaloid, fosfor dan flavonoid.

Masing-masing dari senyawa yang dimiliki mempunyai peranan berbeda-beda dalam mengatasi penyakit wasir dan bertindak sebagai anti peradangan. Salah satu contohnya yaitu pada senyawa alkaloid dan fosfor yang dapat meredakan pembengkakan pada wasir dengan cara menenangkan otot dan saraf pada bagian pembuluh darah di dekat wasir.

Hal ini bertujuan agar pembuluh darah yang menjadi penyebab wasir tersebut mengurangi pembengkakannya sekaligus memperbaiki dinding pembuluh darah tersebut sehingga penyakit wasir dapat teratasi [4,5,6].

Senyawa alkaloid, fosfor dan flavonoid dapat membantu untuk dijadikan pengobatan alami dalam obat wasir 
  • Arthritis

Atropa belladonna memiliki manfaat untuk mengurangi nyeri arthritis atau yang sering dikenal dengan nyeri sendi. Dalam pengobatan tradisional sendiri, tumbuhan itu sudah lama digunakan untuk mengurangi nyeri arthritis.

Hal ini dikarenakan adanya senyawa yang mempunyai sifat anti-flamasi atau anti-radang yang signifikan. Maka dari itu senyawa itu dapat bekerja untuk mengurangi rasa sakit dari kondisi seperti osteoartritis atau peradangan sendi, dikarenakan atropa belladonna sebagai agen anti-inflamasi umum untuk nyeri dan peradangan otot [5,6],

Sifat anti inflamasi yang dimiliki atropa belladonna baik untuk mengurangi rasa nyeri arthritis yang dialami oleh tubuh
  • Nyeri Saat Haid

Bagi para wanita sering kali mengalami rasa nyeri terutama pada saat mentruasi. Bahkan, beberapa orang ada yang merasakan nyeri yang sangat hebat dan tidak kunjung hilang ketika awal masa haid.

Atropa belladonna juga dinilai mampu meredakan nyeri haid karena kandungan tannin yang terdapat di dalamnya. Senyawa tannin ini tak hanya memiliki manfaat terhadap pengobatan kanker serviks, namun juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri saat datang bulan [4,5].

Mengurangi rasa nyeri haid tersebut dapat mengonsumsi Atropa belladonna karena mempunyai beberapa kandungan seperti tannin

Efek Samping Pada Atropa Belladonna

Terlepas dari manfaat kesehatan pada atropa belladonna, tumbuhan ini juga memiliki efek samping yang dapat menimbulkan efek buruk pada kesehatan. Hal ini bisa dapat terjadi dari penggunaan yang tidak tepat hingga ketidakcocokan tubuh menerima obat tersebut.

Berikut di bawah efek beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan :

Efek samping yang satu ini mungkin sebagian orang tidak merasakannya. Akan tetapi beberapa orang justru merasakan efek samping ringan, seperti mual dan diare.

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan jumlah atropa belladonna yang dikonsumsi melebihi batas wajar. Apabila mengalami gejala diare dan muntah pada saat mengonsumsi obat herbal tersebut akan lebih baik melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat herbal yang berasal dari atropo belladona untuk kedepannya, sehingga konsumsi obat yang satu ini dalam dosis yang akurat [2,5].

  • Ibu Hamil Dan Menyusui

Tidak hanya menimbulkan efek samping ringan seperti yang disebutkan diatas, terdapat juga efek samping lainnya dari mengonsumsi obat herbal yang berasal dari atropa belladonna. Ramuan dari tumbuhan tersebut kurang dianjurkan apabila dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Hal ini dikarenakan tingkat keamanan dari obat tersebut belum terjamin. Selain itu, belum ada penelitian lebih lanjut lagi mengenai obat yang satu ini.

Jadi, alangkah baiknya untuk ibu hamil dan menyusui agar menghindari obat dari tumbuhan tersebut [2,5].

Setiap mengonsumsi obat herbal alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui isi kandungan dan kesehatan tubuh 

Tips Penggunaan Pada Atropa Belladonna

Atropa belladonna apabila ingin dikonsumsi alangkah baiknya untuk dilakukan beberapa proses terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tumbuhan tersebut tidak dapat dikonsumsi secara langsung, oleh sebab itu perlu adanya tips penggunaan yang tepat untuk atropa belladonna.

Berikut di bawah ini beberapa tips penggunaan untuk atropa belladonna :

  • Dalam Bentuk Kapsul

Atropa belladonna ternyata juga dapat dijadikan untuk obat herbal dalam bentuk kapsul. Hal ini untuk menjaga isi kandungan di dalamnya dan menghilangkan efek racun di tumbuhan tersebut. Bentuk yang satu ini merupakan bentuk paling umum dari obat-obatan termasuk obat herbal.

Ketersediaannya di pasaran pun cukup banyak sehingga mudah didapatkan. Dosis per kapsulnya berkisar antara 0,25 – 0,5 mg dan dapat diminum 2-3 kali dalam sehari sesuai dengan kebutuhan untuk dewasa, sedangkan untuk anak-anak usia 6-11 tahun dosis yang dibutuhkan 0,125 mg setiap 6 jam, sedangkan untuk anak usia 12 tahun atau lebih yang dibutuhkan 0,25 mg setiap 6 jam.

Namun, dalam penggunaannya tetap harus mengikuti anjuran dari dokter. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dan berimbas buruk pada tubuh [2,7]

  • Dalam Bentuk Plester

Penggunaan yang kedua lainnya pada atropa belladonna yaitu dengan cara dibuat dalam bentuk plester. Hal ini juga dapat menjaga kandungan yang ada di dalam tumbuhan tersebut, sehingga perlu adanya perlakuan khusus agar dapat dikonsumsi. Salah satu bentuk plester ini biasanya memang digunakan untuk tumbuhan tersebut.

Penggunaan yang satu ini juga harus disesuaikan dengan dosis yang dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu untuk dewasa 1 plesternya mengandung komposisi 0,25% larutan ekstrak atropa belladonna dan dikonsumsi selama 2-3 hari sekali. Selanjutnya untuk anak-anak 1 plesternya mengandung komposisi 0,25% larutan ekstrak dan diminum dalam jangka sekali saja.

Dosis yang dibutuhkan oleh dewasa maupun anak-anak berbeda-beda, sehingga harus lebih diperhatikan. Oleh karena itu apabila ingin mengonsumsi maka alangkah baiknya untuk konsultasi terlebih dahulu dengan ahli medis [2,7].

Cara menggunakan atropa belladonna dengan baik dan tepat agar menghilangkan efek racun yang dimiliki tumbuhan tersebut

Tips Penyimpanan Pada Atropa Belladonna

Menyimpan obat herbal tentunya diperlukan beberapa tips penyimpanan yang tepat, khususnya atropa belladonna. Hal ini supaya bisa dikonsumsi dalam jangka panjang dan menjaga kondisi tumbuhan tersebut.

  • Simpan Dalam Bentuk Tablet

Atropa belladonna dapat disimpan dalam bentuk tablet. Hal ini untuk menjaga kondisi dari tumbuhan tersebut untuk dijadikan obat herbal.

Bentuk tablet ini harus disimpan dalam suhu antara 15-30 ° C. Lalu tempatkan di tempat yang kering dan jauh dari kelembapan dan lindungi dari cahaya dan panas [2.7].

Cara simpan dengan bentuk tablet untuk atropa belladonna dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment