Sakit Gigi Saat Hamil – Penyebab dan Cara Mengatasi

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Tinjauan Medis : drg. Jefrianto Wololy
Mudah mual dan muntah saat menyikat gigi merupakan faktor predisposisi utama masalah kesehatan gigi dan mulut bagi ibu hamil. Namun, penting untuk tetap menyikat gigi dan flossing 2 kali sehari (pagi dan... malam) untuk mencegah munculnya masalah-masalah gigi dan mulut yang mungkin terjadi. Segera konsultasikan ke dokter gigi jika terjadi masalah-masalah seperti dalam artikel ini, sebelum melakukan self treatment di rumah. Read more

Seorang wanita yang mengalami kehamilan adalah hal yang paling didambakan. Mereka akan merawat janin yang ada dalam kandungan agar tetap sehat.

Namun tidak dipungkiri, selama masa kehamilan ini, beberapa wanita mungkin bisa juga mengalami yang namanya rasa sakit pada gigi atau sensitivitas gigi. Alangkah baiknya wanita hamil juga tetap menjaga gigi dan gusi agar senantiasa sehat, termasuk kunjungan ke dokter gigi.

Penyebab Ibu Hamil Sakit Gigi

Penyebab ibu hamil yang mengalami sakit gigi selama masa kehamilan, diantaranya karena: [1]

  • Ibu hamil yang mempunyai gigi sensitif, akan lebih mudah mengalami sakit gigi. Rasa sakitnya juga terkadang dirasakan pada bagian mulut lainnya.
  • Meningkatnya hormon estrogen dan progesteron saat hamil bisa membuat volume aliran darah meningkat. Kondisi ini akan membuat lebih banyak darah pada gusi dan menyebabkan rasa sakit gigi.
  • Beberapa wanita yang mengalami stres pada masa kehamilan, terkadang akan membuatnya lebih banyak mengunyah karena tekanan emosional dan fisik. Hal ini juga bisa menjadi penyebab gigi sakit.
  • Terdapat gigi berongga. Gigi berongga disebabkan oleh keadaan morning sickness (mual dan muntah saat hamil), membuat zat asam dalam muntahan mengikis enamel gigi yang berfungsi untuk melindungi gigi berlubang.
  • Saat hamil, wanita mengalami perubahan hormon yang mempengaruhi kondisi tubuh dalam melawan bakteri dan infeksi, sehingga mungkin bisa menimbulkan penumpukan plak pada gigi.

Jenis Sakit Gigi yang Dialami Ibu Hamil

  • Gingivitis

Prosentase wanita yang mengalami gingivitis ini sebanyak 75%. Gingivitis adalah kondisi di mana penumpukan plak akibat perubahan hormon pada ibu hamil menjadi penyebab gusi berdarah dan juga meradang.[2]

Faktor lainnya adalah karena hormon dan aliran darah yang meningkat saat hamil, akan mendorong darah melalui gusi. Sehingga gusi menjadi sensitif, bengkak, memerah dan menimbulkan rasa sakit. [1]

  • Penyakit Periodontitis

Periodontitis adalah infeksi gusi yang serius dan bisa menghancurkan tulang yang menopang gigi, sehingga bisa menyebabkan kehilangan gigi. [2]

  • Tumor pada Gusi

Pada trimester kedua, ibu hamil terkadang mengalami pertumbuhan jaringan berlebih pada gigi dan bisa menyebabkan nyeri, sehingga akan mengalami kesulitan makan dan minum. Namun, tidak perlu khawatir karena tumor ini akan hilang pasca melahirkan. [2]

  • Pembusukan Gigi

Ibu hamil akan beresiko mengalami pembusukan gigi, salah satunya karena terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat. [3]

Cara Mengatasi Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Cara paling utama mengatasi sakit gigi pada ibu hamil, tentunya harus diperiksakan ke dokter gigi untuk mendapat penanganan yang tepat. Selain itu, beberapa cara alami ini juga bisa dilakukan:[4]

  • Berkumur dengan Air Asin

Berkumur dan membilas gigi dengan air hangat yang dicampur dengan 1 sendok teh garam bisa membantu mengurangi peradangan dan bisa meredakan sakit gigi.

  • Kompres dengan Air Dingin

Jika ibu hamil mengalami bengkak di pipi akibat sakit gigi, maka bisa menaruh es yang di bungkus plastik pada pipi. Hal tersebut akan membantu meringankan rasa sakit dan bengkak tersebut.

Sebagai pengganti obat penghilang rasa sakit, ibu hamil bisa menggunakan bawang putih sebagai antibiotik alami yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi

  • Cengkeh

Kupas cengkeh dan kunyah langsung di mulut atau mengoleskannya dalam bentuk bubuk, pada gigi yang sakit. Hal ini membantu meredakan rasa sakit secara alami.

Itulah beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Namun bila sakit gigi tidak segera sembuh, segera bawa ke dokter gigi.

Tanyakan juga kepada dokter kandungan atau dokter gigi, apakah aman untuk menggunakan antiseptik gigi yang mengandung benzocaine dan obat-obatan penghilang rasa sakit seperti ibuprofen atau paracetamol. [2]

Tinjauan:
Lebih baik berkonsultasi kepada dokter, sebelum menggunakan obat sakit gigi yang dijual bebas, maupun saat memutuskan untuk menggunakan obat herbal. Karena dikhawatirkan memiliki efek samping pada ibu hamil dan janinnya.

Pencegahan Sakit Gigi pada Ibu Hamil

Berikut ini beberapa pantangan dan anjuran yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil, untuk mencegah sakit gigi: [1,2,4]

  • Mengetahui makanan dan minuman yang bisa menyebabkan sensitivitas pada gigi (rasa sakit), misalnya sensitif terhadap makanan atau minuman panas maupun dingin. Hindari makanan dan minuman yang dapat memicu rasa sakit dan tidak nyaman pada gigi.
  • Mengurangi konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan karbohidrat karena bisa menyebabkan sakit gigi.
  • Ibu hamil harus banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium atau dalam bentuk suplemen, agar gigi dan gusi menjadi kuat serta sehat.
  • Ibu hamil banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C untuk melawan bakteri dan vitamin A untuk melawan penyakit gusi.
  • Sikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan menggunakan pasta gigi berflouride dan sikat yang lembut. Karena sikat gigi dengan bulu yang keras dapat menyebabkan iritasi yang lebih parah.
  • Minumlah air atau bilas mulut saat mengalami muntah atau morning sickness untuk menghilangkan zat asam pada gigi.
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment