Berberine: Manfaat – Dosis dan Efek Sampingnya

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Tinjauan Medis : dr. Christine Verina
Berberine adalah obat oral berbentuk kapsul berupa alkaloid dari tanaman, yang digunakan untuk pengobatan diabetes, kolesterol, darah tinggi, sariawan, serta PCOS. Dosis yang digunakan tergantung dari... penyakit yang diderita. Efek samping penggunaan berberine adalah diare, sembelit, muntah, sakit kepala serta kelumpuhan. Overdosis obat ini ditemukan apabila digunakan lebih dari 500mg. Berberine tidak disarankan penggunaannya pada ibu hamil dan menyusui Read more

Berberine adalah alkaloid yang diekstraksi dari tanaman barberry Eropa, goldenseal, goldthread, anggur Oregon, phellodendron, dan kunyit pohon. [1, 2, 3]

Berberine sering digunakan untuk pengobatan diabetes, kadar kolesterol tinggi atau lipid dalam darah (hiperlipidemia), hipertensi. Selain itu Berberine juga digunakan untuk sariawan dan PCOS. [1, 2]

Apa itu Berberine?

Berikut adalah informasi mengenai Berberine, termasuk kegunaan, dosis dan efek sampingnya : [1, 2, 3, 4]

IndikasiDiabetes, Hipertensi, Kolestrol Tinggi, Lipid dalam Darah, Sariawan, Gangguan sindrom ovarium (PCOS).
KategoriObat Bebas
KonsumsiOrang Dewasa
KelasAlkaloid diekstrasi
BentukKapsul dan Gel
KontraindikasiIbu hamil dan menyusui, bayi dan anak-anak.
Peringatan→ Kehamilan dan menyusui: Sangat tidak aman untuk mengambil berberin melalui mulut jika Anda hamil. Para peneliti percaya berberine dapat melewati plasenta dan dapat menyebabkan kerusakan pada janin. Kernicterus, sejenis kerusakan otak, telah berkembang pada bayi baru lahir yang terpapar berberine.
Sangat tidak aman untuk mengonsumsi berberine jika Anda menyusui. Berberine dapat ditransfer ke bayi melalui ASI, dan hal itu bisa berbahaya.
→ Anak-anak: Sangat tidak aman untuk memberi berberine kepada bayi yang baru lahir. Ini dapat menyebabkan kernikterus, jenis kerusakan otak yang jarang terjadi yang dapat terjadi pada bayi baru lahir yang memiliki penyakit kuning parah. Penyakit kuning menguning pada kulit yang disebabkan oleh terlalu banyak bilirubin dalam darah. Bilirubin adalah bahan kimia yang diproduksi ketika sel-sel merah tua rusak. Biasanya diangkat oleh hati.
→ Diabetes: Berberine dapat menurunkan gula darah. Secara teori, berberine dapat menyebabkan gula darah menjadi terlalu rendah jika dikonsumsi oleh penderita diabetes yang mengendalikan gula darahnya dengan insulin atau obat-obatan. Gunakan dengan hati-hati pada penderita diabetes.
Tekanan darah rendah: Berberine dapat menurunkan tekanan darah. Secara teoritis, berberine dapat meningkatkan risiko tekanan darah menjadi terlalu rendah pada orang yang sudah memiliki tekanan darah rendah. Gunakan dengan hati-hati.
Kategori Obat Pada Kehamilan & MenyusuiKategori X : Studi pada binatang percobaan atau manusia telah memperlihatkan adanya abnormalitas janin dan besarnya resiko obat ini pada wanita hamil jelas-jelas melebihi manfaatnya.
Tinjauan
Berberine adalah alkaloid diekstrasi yang sering digunakan untuk pengobatan diabetes, kadar kolesterol tinggi atau lipid dalam darah (hiperlipidemia), hipertensi, sariawan dan PCOS. 

Manfaat Berberine

Berikut ini adalah manfaat dari Berberine yang bisa diketahui : [3, 5]

  • Banyak penelitian menunjukkan bahwa berberine dapat secara signifikan mengurangi kadar gula darah pada individu dengan diabetes tipe 2. Bahkan, efektivitasnya sebanding dengan obat diabetes yang populer, metformin (Glucophage).
  • Dua studi telah menunjukkan bahwa berberine dapat menyebabkan penurunan berat badan yang signifikan:
    • Dalam studi 12 minggu pada individu yang mengalami obesitas, rata-rata 500 mg yang diminum tiga kali sehari menyebabkan sekitar 5 pon penurunan berat badan. Para peserta juga kehilangan 3,6% dari lemak tubuh mereka.
    • Studi lain yang lebih ditujuan untuk dilakukan pada 37 pria dan wanita dengan sindrom metabolik. Penelitian ini berlangsung selama 3 bulan, dan para peserta mengkonsumsi 300 mg, 3 kali sehari.
  • Beberapa bukti menunjukkan bahwa berberine dapat mengurangi kolesterol LDL dan trigliserida pada penderita diabetes tipe II.

Dosis Berberine

Berberine hanya digunakan pada orang dewasa. Di bawah ini adalah dosis yang diberikan pada orang dewasa : [2]

Dosis Berberine pada Orang Dewasa

Oral/Diminum
→ Diabetes: 0,9-1,5 gram
→ Kolesterol tinggi: 0,6-1,5 gram
Tekanan darah tinggi: 0,9 gram
→ Untuk gangguan hormonal yang menyebabkan ovarium membesar dengan kista (sindrom ovarium polikistik atau PCOS): 1,5 gram
Digunakan untuk Kulit
→ Untuk sariawan: 5 mg berberine per gram

Efek Samping Berberine

Berikut ini efek samping yang ditemukan selama penggunaan Berberine : [1, 4]

  • Diare
  • Sembelit
  • Mual
  • Muntah
  • Sakit kepala
  • Gugup
  • Kelumpuhan

Detail Berberine

Untuk memahami lebih detil mengenai Berberine, seperti overdosis, penyimpanan, cara kerja Berberine, interaksi dengan obat lain serta dengan makanan berikut datanya : [2, 4, 6]

Penyimpanan→ Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak
→ Simpan di tempat yang dingin dan kering
→ Hindari panas yang berlebihan
→ Kencangkan tutup bila tidak digunakan
Cara KerjaDeskripsi :
Berberine adalah senyawa heteropentasiklik organik, antibiotik alkaloid, agen anti-jamur botani dan alkaloid berberin. Ini memiliki peran sebagai obat antilipemik, agen hipoglikemik, antioksidan, penghambat saluran kalium, agen antineoplastik.
⇔ Farmakokinetik
Penyerapan : Berberine memiliki tingkat penyerapan yang rendah ketika diambil secara oral karena keduanya terkena P-Glycoprotein (mengeluarkan Berberine kembali ke usus) dan meningkatkan aktivitas P-Glycoprotein (menambah ejeksi sendiri), tetapi penyerapannya sangat meningkat ketika diambil dengan P Inhibitor -Glycoprotein seperti Silymarin dari Milk Thistle.
Distribusi: Berberine berikatan dengan Albumin Bovine dan Serum Manusia dengan relatif baik dan dalam perbandingan 1: 1 (menunjukkan satu situs pengikatan) dan memiliki afinitas sedikit lebih tinggi daripada struktur terkait Palmatine. Berberine juga dapat berikatan dengan residu β-Trp37 tentang Hemoglobin.
Metabolisme: Berberine dapat dimetabolisme menjadi empat metabolit yang berbeda, yang dikenal sebagai Thalifendine, Jatrorrhizine, Berberrubine, dan Demethyleneberberine. Dengan keempat metabolit, keduanya dari mereka akan aktif pada mekanisme yang sama seperti Berberine, tetapi dengan potensi yang lebih rendah.
Ekskresi : Diekskresikan dalam urin.
Interaksi Dengan Obat Lain→ Berberine dapat menurunkan gula darah. Obat diabetes juga digunakan untuk menurunkan gula darah. Mengkonsumsi berberine bersama dengan obat diabetes dapat menyebabkan gula darah Anda terlalu rendah. Pantau gula darah Anda dengan cermat. Dosis obat diabetes Anda mungkin perlu diubah. Beberapa obat yang digunakan untuk diabetes termasuk glimepiride (Amaryl), glyburide (Diabeta, Glynase PresTab, Micronase), insulin, pioglitazone (Actos), rosiglitazone (Avandia), dan lainnya.
→ Berberine juga dapat menurunkan tekanan darah. Mengkonsumsi berberine dengan amlodipine (Norvasc) dapat menurunkan tekanan darah terlalu banyak. Orang yang mengonsumsi berberin bersama dengan amlodipine (Norvasc) harus memantau tekanan darah mereka.
Interaksi dengan MakananProbiotik adalah jenis bakteri yang memberikan efek menguntungkan bagi kesehatan. Beberapa makanan seperti yogurt, miso, kimchi, dan banyak lainnya mengandung bakteri probiotik. Berberine dapat membunuh bakteri probiotik tertentu. Jika dikonsumsi bersamaan, berberine dapat mengurangi seberapa baik makanan yang mengandung probiotik bekerja.
OverdosisBerberine dosis tinggi > 500mg (sesuai dengan 8-100 g akar goldenseal kering) dapat menyebabkan sakit perut, mual, muntah, gugup, depresi, dyspnoea, bradikardia, kerusakan jantung, hipotensi, kejang, kelumpuhan, kejang & kematian.
Pengaruh Pada Hasil Lab.Tidak ditemukan laporan mengenai hal ini.

Pertanyaan Seputar Berberine

Apakah obat ini memiliki interaksi dengan makanan?

Beberapa makanan seperti yogurt, miso, kimchi, dan banyak lainnya mengandung bakteri probioti (bakteri baik). Berberine dapat membunuh bakteri probiotik tertentu. Jika dikonsumsi bersamaan, berberine dapat mengurangi seberapa baik makanan yang mengandung probiotik bekerja. [2]

Apa efek samping dan kelemahan berberine?

Berberine memiliki potensi tinggi untuk berinteraksi dengan obat-obatan, dan beberapa interaksi mungkin parah. Biasanya aman dalam dosis normal, tetapi penelitian jangka panjang lebih lanjut tentang keamanannya diperlukan. Gangguan gastrointestinal dapat terjadi ketika dosis tinggi digunakan, dan karena kemampuannya untuk mengurangi gula darah, dapat meningkatkan risiko hipoglikemia dalam dosis tinggi, meskipun ini bukan kejadian umum. [3]

Apa manfaat lain dari berberine?

Berberin juga memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya, diantaranya untuk pengobatan depresi, kanker, antioksidan dan inflamasi, hati berlemak, gagal jantung. [5]

Contoh Obat Berberine (Merek Dagang) di Pasaran

Berikut ini beberapa obat bermerek yang mengandung Berberine : [7]

Brand Merek Dagang
Berberin
Berberine
Murine
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment