Sakit Kepala di Pagi Hari: Penyebab – Pengobatan

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Tinjauan Medis : dr. Maria Arlene, Sp.Ak
Sakit kepala di pagi hari dapat disebabkan oleh berbagai hal. Kurang tidur, cemas, depresi, gangguan tidur akibat mendengkur atau sleep apnea, bruxism (kebiasaan menggertakan gigi) yang tidak disadari... saat tidur, otot yang tegang, obat-obatan dan konsumsi alkohol dapat menyebabkan munculnya sakit kepala di pagi hari. Konsultasikan kepada dokter jika Anda merasakan seringkali mengalami sakit kepala saat Anda baru saja bangun tidur. Dokter akan membantu untuk menentukan penyebab mengapa sakit kepala itu terjadi, sehingga rencana terapi pun dapat diberikan. Read more

Tidur yang seharusnya menjadi cara terbaik untuk membuat tubuh Anda rileks dan dapat menghilangkan stres, akan menjadi awal petaka jika tidak diatur dengan baik. Kualitas tidur yang buruk dan kurangnya jam tidur sangat berpengaruh menjadi pemicu sakit kepala di pagi hari saat Anda terbangun. [3]

Kondisi tersebut harus dihindari, karena sangat mengganggu awal hari Anda. Tidak hanya akan merusak mood, aktifitas harian Anda juga akan terhambat. Banyak orang yang menganggap wajar sakit kepala di pagi hari saat baru bangun tidur, karena sakit kepala yang dirasakan hanya sebentar atau sesekali saja. Namun bukan tidak mungkin rasa sakit yang berdenyut akan menjadi berkepanjangan. [5,8]

Sakit yang dirasa kebanyakan orang juga bisa berbeda-beda. Ada yang muncul secara tiba-tiba, adapun yang muncul perlahan. Meski sakit kepala di pagi hari tidak seberapa bahaya, ada baiknya Anda tidak menyepelekan sakit tersebut jika dirasakan setiap hari. Bisa jadi sakit tersebut merupakan gejala penyakit yang lebih serius dan membutuhkan pemeriksaan mendalam. [2]

Jenis Sakit Kepala yang Dikaitkan dengan Sakit Kepala di Pagi Hari

Pada banyak kasus, migrain sering dikaitkan dengan sakit kepala yang dirasakan di pagi hari. Rasa sakitnya dapat menyebabkan seseorang bangun dengan rasa sakit berdenyut yang hebat.

Migrain atau sakit kepala sebelah memang salah satu jenis sakit kepala yang paling umum terjadi. Namun ternyata ada beberapa jenis sakit kepala lain yang sering dikaitkan dengan kondisi tersebut. [6]

Berikut jenis sakit kepala yang dikaitkan dengan sakit kepala di pagi hari yang perlu Anda ketahui, yaitu: [4,6,7]

  • Migrain. Pada umumnya penderita migrain akan merasakan sakit kepala yang intens dan berdenyut-denyut. Kondisi ini tidak jarang dapat menyebabkan seseorang menjadi mual, muntah dan sensitive terhadap cahaya dan suara.
  • Sakit kepala sebagian atau cluster. Penderita sakit kepala ini biasanya merasakan nyeri di sekitar mata, di salah satu sisi kepala. Rasa nyeri dapat terjadi secara berulang dalam suatu siklus tertentu.
  • Sakit kepala tegang atau tension. Sakit kepala tegang biasanya menyerang di pagi hari saat bangun dari posisi berbaring. Penderita sakit kepala ini umumnya merasa sakit seperti tertekan di bagian dahi dan kepala bagian belakang.
  • Sakit kepala hipnik. Penderita akan mengalami sakit kepala saat tidur di malam hari, saat tengah malam hingga subuh. Rasa nyeri kepala yang hebat sering membuat penderitanya terbangun dari tidur.
  • Hemikrania paroksimal. Rasa sakit kepala yang begitu hebat di satu sisi wajah hingga menyebabkan mata memerah dan mengeluarkan air mata.

Penyebab Sakit Kepala di Pagi Hari

Pada banyak kasus, sakit kepala di pagi hari terjadi karena kebiasaan buruk yang biasa dilakukan di malam hari. Kurangnya jam tidur diketahui sangat memengaruhi kondisi tersebut terjadi.

Selain itu, stres berat akibat pekerjaan juga melatarbelakangi sakit kepala muncul. Jika setiap hari hal yang sama terus dilakukan, bukan tidak mungkin sakit kepala ini akan terus berlanjut. [9]

Adapun beberapa penyebab sakit kepala di pagi hari yang perlu diwaspadai, yaitu: [1,5,6,7,10]

  • Insomnia parah

Mengalami sulit tidur di malam hari dapat menjadi penyebab utama sakit kepala di pagi hari. Kurangnya waktu tidur dan kualitas tidur yang rendah sangat mungkin memicu kondisi ini terjadi.

Kondisi ini biasa disebut sleep apnea dalam bahasa medis, yaitu suatu gangguan tidur yang membuat penderitanya berhenti bernapas dalam beberapa detik saat tidur dan terjadi berulang kali.

  • Menggertakan gigi

Dikenal juga dengan istilah bruxism, yaitu kebiasaan menggertakan gigi saat tidur di malam hari dan sering kali dilakukan tanpa disadari.

Perasaan khawatir dan putus asa dapat menyebabkan seseorang sulit tidur nyenyak di malam hari. Kondisi ini tentunya dapat menurunkan kualitas tidur yang beresiko terjadinya sakit kepala saat terbangun.

  • Mengonsumsi banyak obat penghilang rasa sakit

Sakit kepala saat baru bangun tidur bisa juga dipicu oleh seringnya mengonsumsi obat penghilang rasa sakit dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu mengenai hal ini.

Kadar gula dalam darah akan semakin berkurang setelah beberapa jam dari terakhir kali Anda menyantap makan malam. Sakit kepala menjadi tanda rendahnya gula dalam darah, yang kemudian diikuti dengan rasa lelah dan mual.

  • Posisi salah bantal

Sebaiknya anda memposisikan kepala dengan benar saat tidur. Jangan sampai kepala memberi tekanan terlalu besar pada leher dan bahu Anda, yang sangat besar kemungkinannya menyebabkan ketegangan otot di area tersebut sehingga memicu sakit kepala saat Anda terbangun.

  • Konsumsi alkohol hingga mabuk

Alkohol dapat menyebabkan efek pada neurotransmitter di otak yang berkaitan dengan sakit kepala saat terbangun dari tidur. Kondisi ini memicu seseorang mudah terkena migrain setelah meminum alkohol.

Pengobatan Sakit Kepala di Pagi Hari

Langkah tepat untuk mengobati rasa sakit kepala yang terus-menerus menyerang di pagi hari adalah dengan segera memeriksakannya ke dokter. Menemukan pemicu timbulnya sakit ini mengapa bisa terus berulang, menjadi hal yang paling krusial dalam mengobati sakit kepala. Karena dengan begitu dokter dapat menentukan pengobatan apa yang tepat. [2,4]

Berikut pengobatan yang dilakukan dokter sesuai penyebabnya: [6,10]

  • Migrain. Dokter akan meresepkan obat untuk mengurangi sakit kepala migrain dan sakit kepala cluster. Bisa juga mengonsumsi obat pereda nyeri sebagai pertolongan pertama.
  • Mendengkur. Jika sakit kepala yang dirasakan akibat tidur yang mendengkur, dokter akan melakukan tindakan dengan menggunakan mesin CPAP yang menekan udara ke dalam paru-paru dengan keadaan tertidur. Atau dengan menggunakan alat bantu yang membuat tenggorokan tetap dalam keadaan terbuka sehingga dapat bernapas dengan baik saat tidur.
  • Kebiasaan menggertakan gigi. Dokter akan mempertimbangkan jika dibutuhkan alat untuk menahan gigi tidak saling mengatup.

Pencegahan Sakit Kepala di Pagi Hari

Sakit kepala di pagi hari yang terus-menerus dirasakan tidak bisa dihiraukan begitu saja, karena akan berakibat serius. Maka dari itu penanganan yang cepat diperlukan untuk mengatasi sakit kepala di pagi hari agar tidak berkepanjangan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah sakit kepala di pagi hari, seperti: [3,4,7]

  • Memperbaiki pola tidur
  • Mengurangi stres
  • Melakukan meditasi atau yoga
  • Memulai olahraga rutin
  • Menjaga diet seimbang
  • Menghindari konsumsi kafein sebelum tidur
  • Memakai minyak esensial

fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment