Auranofin: Manfaat – Dosis dan Efek Sampingnya

√ Scientific Base Pass quality & scientific checked by redaction team, read our quality control guidelance for more info

Auranofin adalah obat untuk mengobati rheumatoid arthritis. Obat ini bekerja dengan cara memperbaiki gejala arthritis termasuk nyeri atau nyeri sendi dan sendi bengkak dan kekakuan pagi hari. [3]

Apa itu Auranofin?

Berikut ini info Auranofin, mulai dari indikasi hingga peringatannya: [1]

IndikasiArthritis rheumatoid progresif aktif.
KategoriObat Keras
KonsumsiDewasa
KelasAntirematik
BentukTablet
Kontraindikasi→ Riwayat toksisitas terhadap senyawa emas termasuk enterokolitis nekrotikans.
→ Fibrosis paru.
→ Dermatitis kronis berat (misalnya dermatitis eksfoliatif, urtikaria/eksim berat).
→ Kelainan hematologis berat (misalnya aplasia sumsum tulang, trombositopenia, leukopenia, anemia aplastik).
→ Penggunaan bersama dengan clozapine, agen antimalaria, penicillamine, dan agen imunosupresif.
→ Menyusui.
PeringatanPasien dengan kondisi berikut, wajib berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan Auranofin:
→ Pasien dengan penyakit inflamasi usus besar, riwayat depresi sumsum tulang, porfiria akut, diabetes melitus hipertensi, gagal jantung kongestif.
→ Pasien menjalani radioterapi.
→ Hati (misalnya penyakit hepatoseluler) dan gangguan ginjal (misalnya gagal ginjal progresif).
→ Kehamilan.
Kategori Obat pada Kehamilan & MenyusuiKategori C: Studi pada reproduksi hewan menunjukkan efek buruk pada janin. Tidak ada studi memadai dan terkendali pada manusia. Obat boleh digunakan jika nilai manfaatnya lebih besar dari risiko terhadap janin.

Manfaat Auranofin

Auranofin adalah bentuk emas yang mengurangi beberapa efek proses inflamasi dalam tubuh. Auranofin digunakan untuk mengobati rheumatoid arthritis. Auranofin biasanya diberikan ketika obat lain telah dicoba tanpa pengobatan gejala yang berhasil. Auranofin tidak akan memulihkan tulang rawan atau kerusakan sendi yang telah terjadi di tubuh Anda. [2]

Dosis Auranofin

Pemberian Auranofin dapat diberikan kepada orang dewasa dengan pembagian sebagai berikut: [1]

Oral
⇔ Artritis reumatoid progresif aktif
→ Dewasa: Awalnya, 3 mg dua kali sehari, atau jika ditoleransi, 6 mg sekali sehari.
Jika respon tidak adekuat setelah 6 bulan, tingkatkan dosis menjadi 3 mg tid.
Jika respon masih belum adekuat 3 bulan kemudian, hentikan pengobatan.

Efek Samping Auranofin

Beberapa efek samping Auranofin dapat terjadi yang biasanya tidak memerlukan perhatian medis. Efek samping ini mungkin hilang selama pengobatan karena tubuh Anda menyesuaikan dengan obatnya.

Tanyakan kepada ahli kesehatan Anda jika salah satu dari efek samping berikut berlanjut atau mengganggu: [2]

  • Tanda-tanda reaksi alergi, seperti ruam; gatal-gatal; gatal; kulit merah, bengkak, melepuh, atau mengelupas dengan atau tanpa demam mengi; sesak di dada atau tenggorokan kesulitan bernapas, menelan, atau berbicara suara serak yang tidak biasa; atau pembengkakan pada mulut, wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Tanda-tanda masalah ginjal seperti tidak bisa buang air kecil, perubahan jumlah urin yang dikeluarkan, darah dalam urin, atau berat badan yang bertambah. Kotoran berwarna hitam, lengket, atau berdarah.
  • Sakit perut yang sangat parah, rasa metalik, iritasi kulit, perubahan penglihatan, sakit mata, atau iritasi mata yang sangat parah.

Detil Auranofin

Untuk memahami lebih detail mengenai Auranofin, seperti overdosis, penyimpanan, cara kerja Auranofin, interaksi dengan obat lain serta dengan makanan berikut datanya: [1]

Penyimpanan → Simpan antara 15-30 °C.
→ Lindungi dari cahaya dan kelembaban
Cara KerjaDeskripsi: Auranofin adalah senyawa emas sintetis yang menunjukkan efek anti-inflamasi, antiartritik, dan imunomodulasi. Ini diambil oleh makrofag, menghasilkan penghambatan fagositosis dan stabilisasi membran lisosom. Selain itu, ia menghambat sintesis prostaglandin dan menurunkan faktor rheumatoid serum, aktivasi komplemen, dan pelepasan enzim lisosom.
Farmakokinetik:
Absorpsi: Tidak terserap seluruhnya (kira-kira 25%) dari saluran pencernaan.
Distribusi: Menembus cairan sinovial; sekitar 40% dikaitkan dengan sel darah merah. Pengikatan protein plasma: 60%.
Metabolisme: Dimetabolisme dengan cepat.
Ekskresi: Terutama melalui feses (84-92%); urin (9-17%, sekitar 60% sebagai emas yang terserap. Waktu paruh eliminasi: 21-31 hari.
Interaksi dengan obat lain→ Penyerapan yang berubah dan peningkatan toksisitas dengan obat yang mempengaruhi motilitas gastrointestinal (misalnya prokinetik, loperamid, senna).
→ Dapat menyebabkan diskrasia darah dengan fenilbutazon, oksifenbutazon, levamisol, kortikosteroid dosis tinggi.
→ Dapat meningkatkan risiko reaksi vasomotor dengan ACE inhibitor.
→ Dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau proteinuria dengan aminoglikosida, amfoterisin B, penisilin, fenitoin, sulfonamid, NSAID, asiklovir.
→ Dapat meningkatkan konsentrasi plasma fenitoin.
→ Berpotensi Fatal: Dapat menyebabkan risiko tambahan berupa toksisitas hematologis dan AR ginjal dengan clozapine, agen antimalaria (misalnya chloroquine, hydroxychloroquine, atovaquone / proguanil, mefloquine, quinine), penicillamine.
→ Dapat menyebabkan hepatotoksisitas serius dan toksisitas hematologis dengan agen imunosupresif (misalnya leflunomide).
Interaksi dengan makanan → Tidak ada informasi lebih lanjut mengenai interaksi obat ini dengan makanan lainnya
Overdosis ⇔ Gejala: Pusing, sakit kepala, kemerahan, takiaritmia, palpitasi, trombositopenia, efek ginjal dan hati.
⇔ Cara Mengatasi: Perawatan suportif. Buat muntah atau lakukan lavage lambung.
Pengaruh pada hasil labDapat meningkatkan respons terhadap tes kulit tuberkulin.

Pertanyaan Seputar Auranofin

Apakah obat ini cocok digunakan oleh ibu hamil dan menyusui?

Obat ini masuk dalam Kategori C: Studi pada reproduksi hewan menunjukkan efek buruk pada janin. Tidak ada studi memadai dan terkendali pada manusia. Obat boleh digunakan jika nilai manfaatnya lebih besar dari risiko terhadap janin. [1]

Apa yang terjadi jika saya melewatkan satu dosis?

Ambil dosis yang terlewat segera setelah Anda ingat. Jika sudah hampir waktunya untuk dosis berikutnya, tunggu sampai saat itu untuk minum obat dan lewati dosis yang terlewat. Jangan minum obat tambahan untuk mengganti dosis yang terlewat. [2]

Apa yang harus saya hindari saat menggunakan auranofin?

Hindari berada di dekat orang yang sedang pilek, flu, atau penyakit menular lainnya. Hubungi dokter Anda segera jika Anda mengembangkan tanda-tanda infeksi. Hindari paparan sinar matahari, sinar matahari, atau tanning bed. Auranofin dapat membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, dan dapat menyebabkan kulit terbakar. Kenakan pakaian pelindung dan gunakan tabir surya (SPF 15 atau lebih tinggi) saat Anda berada di luar ruangan. [2]

Contoh Obat Auranofin

Brand Merek Dagang
Ridaura
fbWhatsappTwitterLinkedIn

Add Comment